x

Jordy Wehrmann Menolak, 3 Opsi Gelandang Keturunan di Eropa yang Bisa Dilirik Timnas Indonesia

Sabtu, 23 April 2022 09:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga pemain keturunan di Liga Eropa berposisi sebagai gelandang dan bisa dilirik Timnas Indonesia usai gagal dapatkan Jordy Wehrmann. Siapa sajakah mereka?

INDOSPORT.COM – Berikut tiga pemain keturunan di Liga Eropa berposisi sebagai gelandang dan bisa dilirik Timnas Indonesia usai gagal dapatkan Jordy Wehrmann. Siapa sajakah mereka?

Nama Jordy Wehrmann sebelumnya memang sempat jadi buah perbincangan hangat para pecinta sepak bola nasional, terutama buat penggemar Timnas Indonesia.

Baca Juga

Pasalnya, gelandang dari klub FC Luzern di kasta teratas Liga Swiss tersebut pernah disebut PSSI bakal masuk dalam daftar calon naturalisasi buat skuat Garuda.

Jordy Wehrmann mencuat bersamaan dengan isu naturalisasi kiper Sampdoria, Emil Audero. Keduanya diproyeksikan bakal jadi penggawa Timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Asia.

"Emil Audero ini sebenarnya tak menyatakan tidak, tapi dia juga tak mengatakan iya. Jadi, daripada kami menunggu ketidakpastian, kan kami butuh juga buat yang Jordy kan," kata Hasani pada Maret lalu.

Baca Juga

Hasani menjelaskan bahwa Jordy secara lisan sudah mau untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia.

Namun memang ia menyerahkan semua kepada sang manajer dan meminta PSSI berbicara kepada sang manajernya.

"Jordy sudah secara respons ini oke, tapi dia suruh kontak manajernya. Nah, manajernya ini lagi liburan," terang Hasani.

Baca Juga

Sempat menyatakan kesiapannya untuk memperkuat Timnas Indonesia, namun di bulan April ini tersiar kabar bahwa Jordy Wehrmann menolak untuk berseragam Merah-Putih.

PSSI pun mengaku tidak lagi menjadikan Jordy Wehrmann sebagai target untuk dinaturalisasi.

Meski gagal dapatkan Jordy Wehrmann, namun Timnas Indonesia masih bisa mencari gelandang keturunan Eropa lain untuk jadi bagian skuat Garuda.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga opsi gelandang keturunan di Eropa yang bisa dilirik Timnas Indonesia sebagai ganti Jordy Wehrmann:


1. Navarone Foor

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Nama pertama adalah Navarone Foor. Gelandang berdarah Maluku ini sempat menyatakan hasrat untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Faktor banyaknya penggemar serta keluarga di Indonesia, membuat pemain kelahiran Opheusden ini memiliki tekad kuat untuk berseragam Merah-Putih.

Baca Juga

Meski telah berusia 30 tahun, namun pengalaman tampil Navarone Foor terutama di kompetisi Eropa yang sangat banyak bakal jadi nilai lebih buat Timnas Indonesia.

Di musim ini, pemain yang bisa beroperasi sebagai gelandang tengah hingga winger tersebut sudah tampil sebanyak 19 pertandingan dan membantu Pafos FC bertengger di peringkat keenam Protathlima Cyta atau kasta teratas Liga Siprus.

Selain itu, Navarone Foor juga punya pengalaman mentas di level internasional bersama timnas junior Belanda. Tercatat, ada 10 kali mantan penggawa Vitesse itu memperkuat Belanda dari usia U-19 hingga U-21.

Baca Juga

Dari pengalaman tersbeut, Navarone Foor sangat layak mengisi pos lini tengah Timnas Indonesia dan mungkin bisa jadi senjata rahasia skuat Garuda saat alami deadock.

Thom Haye
Berikutnya adalah Thom Haye. Gelandang 27 tahun kelahiran Amsterdam ini merupakan pesepakbola Eropa yang memiliki darah Indonesia.

Dirinya mendapat garis keturunan Tanah Air dari kakek dan neneknya yang berasal dari wilayah Sulawesi dan Jawa.

Baca Juga

“Nenek saya berasal dari Sulawesi sedangkan kakek lahir di Solo. Saya pernah sekali mengunjungi Indonesia di Bali dan sangat menyukai tempat itu,” cerita Thom Haye kepada INDOSPORT.

Serupa dengan Sandy Walsh, pemain yang musim ini memperkuat Heerenveen tersebut juga sempat mengungkapkan peluangnya untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.


2. Tenaga Baru Berdarah Maluku

Selebrasi pemain Timnas Indonesia lawan Timor Leste. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

"Untuk saat ini saya membuka semua kesempatan, tapi masih belum pernah mendapat tawaran untuk membela Timnas Indonesia dan saya juga belum bisa memutuskannya,” jawabnya.

Pada awal musim 21/22, Thom Haye mampu tampil gemilang bersama NAC Breda dengan catatan 5 gol dan 7 assists dari 21 pertandingan.

Baca Juga

Statistik tersebut membuat Thom Haye dilirik SC Heerenveen yang mentas di kasta teratas Liga Belanda dan merekrutnya pada 31 Januari 2022 silam.

Mitchell van Rooijen
Terakhir ada Mitchell van Rooijen. Melansir dari laman Footballtalentnesia, disebutkan bahwa pemain berusia 22 tahun ini memiliki darah Indonesia dari salah satu orangtuanya yang berasal dari Maluku.

Mitchell van Rooijen pun mengakui jika ia memang punya darah Indonesia, dan merasa bangga dengan hal tersebut.

Berbeda dengan dua nama yang telah disebutkan sebelumnya, Mitchell van Rooijen adalah pemain tengah yang lebih bersifat defensif dan sering bermain sebagai gelandang bertahan.

Namun ada satu keunggulan yang dimiliki Mitchell van Rooijen.

Melansir dari Transfermarkt, disebutkan jika Mitchell van Rooijen tidak hanya bisa bermain sebagai gelandang namun juga mampu ditempatkan pada sektor sayap, wing back bahkan striker.

Dengan kelebihan ini, Shin Tae-yong tak perlu ragu andai salah satu pemain kunci Timnas Indonesia harus absen akibat cedera atau akumulasi kartu.

NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIABerita Timnas IndonesiaJordy Wehrmann

Berita Terkini