x

Messi Pahlawan, 4 Rekor Mencengangkan di Balik Kesuksesan PSG Juara Liga Prancis

Minggu, 24 April 2022 07:07 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Dibantu gol Lionel Messi, Paris Saint-Germain juarai Liga Prancis 2021/2022 usai imbang 1-1 dengan Lens. Berikut 4 fakta mencengangkan di balik hasil tersebut. (REUTERS/Christian Hartmann)

INDOSPORT.COM – Dibantu gol Lionel Messi, Paris Saint-Germain juarai Liga Prancis 2021/2022 usai imbang 1-1 dengan Lens. Berikut 4 fakta mencengangkan di balik hasil tersebut.

Liga Prancis 2021/2022 akhirnya menemukan juaranya. Hasil ini diraih usai Paris Saint-Germain bermain imbang 1-1 dengan Lens, Minggu (24/04/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Tambahan 1 angka itu membuat PSG kini mengumpulkan 78 poin dari 34 laga yang sudah dijalani, unggul 16 poin dari Marseille yang ada di peringkat kedua.

Jarak itu pun tak bisa lagi dikejar Marseille, mengingat mereka hanya memiliki 5 sisa pertandingan atau maksimal meraih 15 poin.

Adalah Lionel Messi yang menjadi pahlawan Les Parisiens dalam merebut gelar juara Liga Prancis musim ini. Ia menjadi pencetak gol tunggal PSG di hari tadi, lewat sepakan dari luar kotak penalti di babak kedua.

Baca Juga

Mauricio Pochettino sendiri menurunkan kekuatan terbaiknya di laga tadi, termasuk trio Messi, Kylian Mbappe, dan Neymar.

Namun, meski mendominasi permainan, PSG kesulitan menjebol gawang Lens dan skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Paris Saint-Germain pun mendapatkan keuntungan saat babak kedua baru berjalan 10 menit, ketika Lens harus bermain dengan 10 orang akibat kartu kuning kedua yang diterima bek tengah Kevin Danso.

Baca Juga

Unggul jumlah pemain, PSG pun makin leluasa membombardir pertahanan Lens lewat trio Messi, Mbappe, dan Neymar.

Kebuntuan pun akhirnya pecah di menit ke-68 setelah Messi melepaskan tembakan kencang dari luar kotak penalti yang tak bisa ditahan kiper Jean-Louis Leca.


1. Gelar Tunggal PSG Musim Ini

Selebrasi pemain PSG setelah Kylian Mbapp mencetak gol ke gawang Real Madrid pada laga Liga Champions (16/02/22). FOTO: REUTERS/Alessandro Garofalo

Meski demikian, Lens tak mau menyerah begitu saja. Dua menit jelang waktu normal berakhir, pemain pengganti Correntin Jean sukses menjebol gawang Keylor Navas memanfaatkan assist Deiver Machado.

Lens yang butuh kemenangan untuk menjaga peluang tampil di kompetisi Eropa mencoba terus menekan di sisa waktu.

Namun, PSG yang hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara sukses mempertahankan skor 1-1 tersebut hingga peluit panjang berbunyi.

Laga pun ditutup dengan skor 1-1 dan Paris Saint-Germain pun resmi menjadi juara Liga Prancis musim ini.

Raihan 78 poin yang mereka kumpulkan sudah tak bisa lagi dikejar Marseille yang ada di posisi kedua, mengingat Marseille tertinggal 16 angka dengan hanya 5 laga tersisa.

Baca Juga

Gelar Liga Prancis ini pun menjadi satu-satunya gelar yang diraih Paris Saint-Germain di musim 2021/2022 ini.

Pasalnya, di Piala Prancis dan Liga Champions langkah mereka terhenti di 16 besar, sedangkan di Trophee des Champions mereka hanya finis sebagai runner up.

Hasil ini sekaligus menjadi pembalasan PSG setelah musim lalu gagal juara liga karena kalah bersaing dengan Lille, yang menjadi juara hanya dengan keunggulan 1 poin atas Les Parisiens.

Baca Juga

Di sisi lain, raihan gelar Liga Prancis ini pun menghasilkan sejumlah rekor mencengangkan baik bagi klub, maupun pelatih dan sejumlah pemain.

Apa saja rekor-rekor mencengangkan tersebut? Berikut ulasannya:

 

2. Pochettino Pecah Telur, Messi Panen Rekor

Mauricio Pochettino pelatih Paris Saint-Germain

Raja Baru Liga Prancis

Torehan gelar juara musim ini menjadi trofi Liga Prancis kesepuluh yang pernah dimenangi oleh Paris Saint-Germain. Raihan 10 gelar itu membuat PSG resmi menjadi raja kompetisi tersebut sebagai peraih gelar terbanyak.

PSG menyamai raihan Saint-Ettienne yang juga sudah 10 kali memenangi gelar juara liga, dan meninggalkan Marseille yang duduk di posisi kedua dengan 9 gelar.

Baca Juga

Pochettino Pecah Telur

Kesuksesan PSG menjuarai Liga Prancis musim ini membuat Mauricio Pochettino akhirnya pecah telur sebagai pelatih.

Pasalnya, trofi ini adalah gelar liga perdana di karier kepelatihannya. Sebelumnya bersama PSG, ia sudah pernah menjuarai Piala Prancis dan Trophee des Champions musim lalu.

Istimewanya, raihan gelar juara liga perdana ini ia raih bersama Les Parisiens yang sempat ia bela sebagai pemain dan bahkan sempat ia kapteni.

Baca Juga

Gelar Pertama Messi di Luar Barcelona

Raihan gelar Liga Prancis 2021/2022 ini menjadi gelar ke-35 bagi Lionel Messi di level klub di sepanjang kariernya.

Meski demikian, ini menjadi gelar pertama La Pulga bersama PSG, sekaligus gelar pertamanya di level klub yang ia menangi di luar Barcelona.

Sebelumnya, Messi sudah memenangi 34 gelar bersama Barca dengan rincian 10 trofi Liga Spanyol, 7 Supercopa, 7 Copa del Rey, 4 Liga Champions, 3 Piala Super, dan 3 Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga

Raja Tembakan Jarak Jauh

Tak hanya menghasilkan gelar juara, gol tunggal Lionel Messi di laga melawan Lens yang dicetak dari luar kotak penalti juga menghasilkan rekor pribadi baginya.

Pasalnya, Messi kini resmi menjadi pemain dengan gol dari luar kotak penalti terbanyak sepanjang 5 musim terakhir di 5 liga top eropa, dengan 36 gol.

Lionel MessiParis Saint-GermainPSGMauricio PochettinoLiga PrancisRC LensLigue 1TRIVIABerita Liga Prancis

Berita Terkini