x

Gabung Man United, Cara Erik ten Hag Berpamitan ke Skuat Ajax di Luar Dugaan

Senin, 25 April 2022 03:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Erik ten Hag melakukan hal manis saat berpamitan dengan skuat besutannya di Ajax Amsterdam sebelum memulai pekerjaannya di Manchester United. Foto: REUTERS/Pedro Nunes

INDOSPORT.COM – Erik ten Hag melakukan hal manis saat berpamitan dengan skuat besutannya di Ajax Amsterdam sebelum memulai pekerjaannya di Manchester United musim depan.

Pada Kamis (21/04/22) kemarin, juru taktik asal Belanda, Erik ten Hag telah resmi diumumkan sebagai manajer permanen Manchester United yang baru. Ia akan menggantikan posisi Ralf Rangnick yang hanya dikontrak enam bulan.

Baca Juga

Ten Hag disebutkan telah menandatangani kontrak hingga 2025 dan akan bergabung bersama Mitchell van der Gaag, yang akan menjadi tangan kanannya di United.

Akan tetapi, pria 52 tahun itu belum tiba di Old Trafford untuk saat ini karena ia masih fokus merampungkan tugasnya di Amsterdam, yakni membawa Ajax keluar sebagai juara Eredivisie.

Menikmati hari-hari terakhir sebelum berpindah klub, Ten Hag rupanya mencoba memberikan kenangan manis untuk anak-annak didiknya di Ajax.

Baca Juga

Dilansir dari The Sun, Erik ten Hag mengungkapkan bahwa dirinya menyempatkan skuad Ajax hangout menjelang pertandingan penting mereka di kandang NEC Nijmegen pada hari Sabtu (23/04/22).

Dengan mengajak anak-anak didiknya pergi keluar, Ten Hag ingin menjaga suasana di ruang ganti tetap kondusif sampai akhir musim demi mencapai target menjadi juara liga musim ini.

Di luar dugaan, hangout yang dimaksud Ten Hag ini bukan hanya makan-makan atau jalan-jalan, melainkan duduk dalam satu ruangan dan bermain game eSports bersama-sama.

Baca Juga

“Suasana di skuad Anda adalah kuncinya. Itu sebabnya saya melakukan sesuatu yang berbeda dengan skuad pekan ini,” ujar Ten Hag.

Seorang wartawan kemudian bertanya: “Apa yang Anda lakukan?”


1. Cara Manis Erik ten Hag Berpamitan ke Ajax

Erik ten Hag, pelatih baru Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer

Ten Hag menjawab: “Kami bermain game, bersama-sama.”

Wartawan itu terkejut dan menjawab: “Anda hangout melakukan apa?”

Baca Juga

“(Kami bermain) Gaming! Game nyata! seperti E-Sport!” tandas Ten Hag.

Benar saja. Sesi hangout yang dilakukaan Ten Hag pun berimbas positif dengan raksasa Belanda tersebut memenangkan pertandingan 0-1 atas NEC.

Gol semata wayang yang dicetak Ajax dihasilkan oleh Brian Brobbey, pemain pinjaman RB Leipzig, yang membobol gawang tim tuan rumah pada menit ke-88.

Kemenangan ini memperbesar keunggulan mereka di atas PSV Eindhoven di puncak klasemen Eredivisie musim ini menjadi tujuh poin.

Artinya, Ajax semakin besar peluangnya mengamankan gelar juara dengan satu pertandingan tersisa di musim ini.

Baca Juga

Hasil ini juga seolah-olah membuktikan bahwa penunjukkan Ten Hag sebagai manajer baru Man United pekan lalu, yang mana dilakukan sebelum musim berakhir tak memengaruhi performa skuat Ajax yang tengah solid.

Malah, skuad Ajax seperti diungkapkan oleh Ten Hag ikut merasa senang dan mendukung sang pelatih menerima tantangan melatih Manchester United musim depan.

“Para pemain (Ajax) menyemangati saya (yang ditunjuk jadi manajer Man United), itu luar biasa. Saya bekerja di Ajax dalam waktu yang lama dan membangun hubungan yang hebat dengan anak-anak,” tukas Ten Hag.

Baca Juga

Ten Hag sendiri bisa dikatakan bakal menjadi mantan (pelatih) terindah yang pernah dimiliki Ajax di sepanjang sejarah klub asal Belanda tersebut.

Bagaimana tidak. Statistik menunjukkan, performa luar biasa ditampilkan Erik ten Hag bersama Ajax Amsternam sejak bergabung pada 2017 silam.


2. Statistik Luar Biasa Ten Hag di Ajax Amsterdam

Selebrasi para pemain Ajax Amsterdam usai juarai Johan Cruijff Shiled

Selama lima tahun terakhir, Ten Hag berhasil memoles permata di kubu Ajax yang kemudian tersebar di beberala klub besar Eropa. Contohnya, Hakim Ziyech dan Kasper Dolberg.

Bleacher Report Football mencatat, Ten Hag dalam 210 pertandingan Ajax , lebih dari 70 persennya berbuah kemenangan, dengan rincian 156 kali menang , 25 kali imbang dan hanya 29 kalah. Selain itu, Ajax berhasil menciptakan 580 gol dan 180 kali kebobolan.

Selama menjadi juru taktik Ajax, Erik ten Hag berhasil menyumbangkan dua tropi Eredivisie, dua kali juara Piala Belanda dan satu  Piala Johan Cruijff.

Pada tahun 2019 di ajang Liga Champions, anak asuhan Erik ten Hag berhasil menghempaskan Real Madrid dibabak 16 besar dan memulangkan Juventus di perempat final.

Manchester UnitedAjax AmsterdamEredivisie BelandaPelatihBola InternasionalLiga BelandaErik ten Hag

Berita Terkini