x

Juara dan Top Skor! Ini Prestasi Donnie Leahy, Striker Banyuwangi di Amerika Serikat

Kamis, 28 April 2022 12:10 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat prestasi mentereng dari salah satu pesepak bola Indonesia, Donnie Leahy, sang striker kelahiran Banyuwangi yang berkompetisi di Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM – Melihat prestasi mentereng dari salah satu pesepak bola Indonesia, Donnie Leahy, sang striker kelahiran Banyuwangi yang berkompetisi di Amerika Serikat.

Nama Donnie Leahy belakangan memang jadi perbincangan para pencinta sepak bola Tanah Air.

Baca Juga

Pasalnya, pemain berusia 20 tahun itu dikabarkan memiliki darah Indonesia dan bisa dilirik PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Secara eksklusif kepada INDOSPORT, Donnie Leahy menyebut jika dirinya lahir di Banyuwangi dan sempat menghabiskan masa kecil di Rogojampi, salah satu kecamatan di Jawa Timur.

Meski lahir dan besar di Indonesia, namun Donnie Leahy pindah ke Amerika Serikat yang jadi kampung halaman sang Ayah sejak usia 6 tahun.

Baca Juga

Itulah alasan mengapa Donnie Leahy bisa memiliki dua kewarganegaraan yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

“Saya memiliki kewarganegaraan ganda untuk Amerika Serikat dan Indonesia saat ini. Saya lahir di Banyuwangi dan besar di Rogojampi kemudian pindah ke Amerika saat berusia enam tahun,” ucap Donnie Leahy.

“Ibu saya orang Indonesia dan ayah saya orang Amerika,” tambahnya.

Baca Juga

Kiprah Donnie Leahy di kompetisi Amerika Serikat terbilang sangat impresif. Meski hanya tampil di level universitas, namun sejumlah prestasi individu berhasil diraih Donnie Leahy.

Salah satu yang paling mentereng adalah gelar pemain terbaik sebanyak tiga kali untuk tim sekolah, hingga membuat namanya dilirik beberapa kampus ternama Amerika Serikat.


1. Prestasi Donnie Leahy

Donnie Leahy, Striker Banyuwangi yang Main di Liga Amerika Serikat

Bahkan di tahun 2020 lalu, Donnie Leahy yang tampil di tengah pandemi Covid-19 masih bisa tunjukkan tajinya dan keluar sebagai top skor untuk timnya, William Peace University.

Akan tetapi, pada tahun 2021, tim pelatih sedikit mengubah posisi bermainnya dari striker menjadi sayap kiri.

Baca Juga

Walau begitu, insting gol Donnie Leahy tetap ganas dengan terbukti mampu mencetak tiga gol serta memberikan satu assists dari 13 laga.

“Musim pertama saya sedikit pendek karena Covid-19, tetapi saya masih bisa mencetak gol banyak dan memenangkan Sepatu Emas untuk William Peace University pada tahun 2020,”

“Di tahun 2021, pelatih mengubah formasi tim sehingga peran saya sebagai striker ikut berbuah menjadi sayap kiri yang lebih defensive,”

Baca Juga

“Tetapi saya masih mencetak 3 gol dan mendapat 1 membantu dalam 13 pertandingan,”

Tak cuma mencetak gol dan memberikan assist, penampilan gemilang Donnie Leahy sepanjang tahun 2021 kemarin juga sukses membantu tim kampusnya pecahkan rekor.

Pada tahun lalu, Donnie Leahy berhasil membawa William Peace University juara tingkat konferensi, catatan tersebut merupakan kali pertama dalam sejarah keikutsertaan WPU.

Baca Juga

“Kami juga memenangkan musim reguler dan dinobatkan sebagai juara konferensi musim 2021 untuk pertama kalinya dalam sejarah universitas,” tutup Donnie Leahy.


2. Bakat Indonesia Lain di Amerika

Pesepak Bola Indonesia, George Brown Raih Gelar Juara di Amerika Serikat

Selain Donnie Leahy, sejatinya ada satu pesepak bola asal Indonesia lain yang saat ini juga berkompetisi di Amerika Serikat.

Adalah George Brown. Gelandang berusia 22 tahun tersebut bermain cukup impresif saat memperkuat tim kampus Ashland University di ajang Great Lakes Intercollegiate Athletic Conference atau GLIAC.

Baca Juga

GLIAC merupakan kompetisi atletik antar perguruan tinggi di daerah Barat Amerika Serikat yang berafiliasi dengan Divisi II NCAA (National Collegiate Athletic Association).

Tak cuma jadi pemain tumpuan, George Brown bahkan berhasil membantu Ashland University meraih gelar juara pada akhir kompetisi.

Teranyar pada tahun 2021 silam, George Brown menjadi juara GLIAC setelah di pertandingan final berhasil mengalahkan Davenport dengan skor telak 3-1 di Michigan.

Amerika SerikatBola InternasionalBakat Muda IndonesiaprofilPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini