ā˜°
x

Media Vietnam Soroti Komentar Raja Isa Soal Kans Indonesia Gilas Vietnam di SEA Games

Sabtu, 30 April 2022 11:18 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Indra Citra Sena
Raja Isa mengaku mencari tantangan lain bersama Persekam Metro FC.

INDOSPORT.COM - Sejumlah sorotan kembali mengarah ke timnas Indonesia. Kali ini datang dari media Vietnam menjelang hajatan SEA Games 2021, Mei Mendatang.

Media asal Vietnam Soha.vn, menyebutkan bahwa pelatih sepak bola asal Malaysia Raja Isa meyakini timnas Indonesia U-23 akan dapat mengatasi perlawanan tuan rumah.

Baca Juga

Sorotan yang berasal dari media asal negeri naga biru, memang sudah tidak aneh. Karena memang selama ini mereka memang sering menyorot timnas Indonesia sejak era kepelatihan Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong merupakan pelatih tersukses di negeri gingseng. Selain itu dia merupakan rival utama pelatih Vietnam, Park Hang-seo yang sama-sama berasal dari Vietnam.

Komentar pelatih berusia 56 tahun yang pernah berkarier di kedua negara, Malaysia maupun Indonesia, ini membuat media Vietnam kepanasan.

Baca Juga

Mereka bahkan menganggap hal itu merupakan peringatan dini yang telah diberikan kepada pelatih timnas Vietnam U-23 saat ini, Park Hang-seo. Dia juga menaruh perhatian khusus ke timnas.

Dalam pemberitaan tersebut, pelatih legendaris asal Malaysia itu memprediksi bahwa Indonesia akan dengan mudah menang melawan Vietnam di babak penyisihan SEA Games 2021.

Raja Isa sangat mengapresiasi penampilan timnas Indonesia U-23 dan tak sabar menatikan permainan timnas di bawah nahkoda pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Baca Juga

Meski menganggap bisa mengalahkan perlawanan Vietnam, Soha.vn juga menyebut Raja Isa memberi peringatan agar mereka tak berpuas diri.

Sementara itu, pertemuan besar antara tuan rumah Vietnam dan pesaing utama, Indonesia akan terjadi pada laga pembuka cabor sepak bola SEA Games pada (6/5/22).


1. Raja Isa Peringatkan Timnas Indonesia

Direktur Teknik DPFF MU, Raja Isa saat mendampingi skuatnya beruji coba dengan Timnas U-19.

Menjelang bergulirnya SEA Games 2021 pada Mei mendatang, timnas Indonesia kembali mendapat sorotan dari pelatih kawakan asal Malaysia, Raja Isa.

Dia menilai bahwa timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong harus menghindari sikap over confidence alias percaya diri berlebihanĀ dalam ajang SEA Games 2021.

Baca Juga

Dia menegaskan meski timnas sedikit diuntungkan karena berada di grup yang relatif mudah sebab selain Vietnam lawan-lawan Indonesia hanyalah negara yang tak memiliki sejarah di sepak bola Asia Tenggara.

Sebut saja, Myanmar, Filipina dan Timor Leste, ketiga negara tersebut tentu bukanlah lawan bagi Vietnam dan Indonesia. Sorotan lain juga dia berikan jelang pertandingan pertama timnas Indonesia kontra Vietnam.

"Saya yakin Shin Tae-yong sudah belajar dari pengalaman menghadapi Vietnam, ketika kedua negara bertemu pada ajang Piala AFF lalu," ungkap Raja Isa melansir laman Bola.

Baca Juga

"Dengan materi pemain yang dimiliki timnas dan Shin Tae-yong saat ini, Indonesia bisa saja mengalahkan Vietnam pada pertandingan pembuka sepak bola SEA Games," tambahnya.

Sorotan utama Raja Isa saat timnas bertemu lawan di bawah mereka. Seperti Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Negara terakhir bahkan baru saja menang di pertandingan uji coba kontra Malaysia.

Selain itu, secara khusu pelatih yang telah lalu-lalang berkarier di sepak bola Asia Tenggara itu meminta timnas Indonesia agar mewaspadai FIlipina yang berisikan banyak pemain naturalisasi.

Baca Juga

"Problem utama Indonesia selama ini adalah mental. Apalagi era menjamurnya medsos. Karena pujian atau cacian sama saja kalau tidak disikapi dengan baik akan membuat kerugian," tuturnya.

"Di luar empat tim, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Ada Singapura dan Filipina yang berpotensi membuat kejutan di SEA Games 2021 mendatang," pungkas Raja Isa.


2. Shin Tae-yong Keluhkan Performa Timnas

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, masih belum puas akan perkembangan skuat Garuda selama pemusatan latihan di Korea Selatan.

Shin Tae-yong menaruh rasa kecewa dengan mental para pemain Timnas Indonesia U-23 yang menurun pada hari-hari terakhir pemusatan latihan di Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-23 memang kecewa setelah mereka menelan kekalahan dalam laga uji coba terakhir mereka menghadapi Daejeon Hana Citizen.

Pasukan Garuda Muda takluk dengan skor 2-3 dalam laga yang berlangsung di Daejon World Cup Stadium, Korea Selatan, Rabu (27/04/22).

Dari hasil ini, Shin Tae-yong merasa bahwa Timnas Indonesia U-23 masih banyak kekurangan. Pelatih asal Korea Selatan itu pun menjabarkan kekurangan Skuad Garuda Muda.

Baca selengkapnya: SEA Games di Depan Mata, Shin Tae-yong Keluhkan Performa Timnas Indonesia U-23

SEA GamesMalaysiaVietnamRaja IsaTimnas IndonesiaBola InternasionalPark Hang SeoShin Tae-yong

Berita Terkini