x

Termasuk Pertahankan Tangan Kanan Abramovich, 5 Tugas Berat Pemilik Baru Usai Akuisisi Chelsea

Sabtu, 30 April 2022 18:02 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Chelsea berhasil mengalahkan Palmeiras di final Piala Dunia Antarklub 2022 yang digelar di Mohammed Bin Zayed Stadium hari Minggu (13/02/22). FOTO: REUTERS/Suhaib Salem

INDOSPORT.COM – Dalam hitungan hari, Chelsea akan resmi berganti kepemilikan. Menyambut hadirnya pemilik baru, ini lima tugas berat yang menanti pemilik baru The Blues.

Chelsea akan segera berpindah tangan dari Roman Abramovich ke pemilik baru yang diyakini adalah konsorsium Todd Boehly.

Baca Juga

Dilansir dari Sky News, konsorsium Todd Boehly memenangkan penawaran untuk mengakuisisi Chelsea, mengungguli dua kandidat lainnya, yakni konsorsium Sir Martin Broughton dan Stephen Pagliuca.

Konsorsium Todd Boehly yang berisikan Clearlake Capital, Hansjorg Wyss, dan Mark Wahlter ini memenangkan penawaran sebesar 3,5 miliar poundsterling (Rp63 triliun).

Nilai akuisisi Chelsea itu terbagi menjadi dua, di mana 2,5 miliar poundsterling akan disumbangkan ke korban perang Ukraina, dan 1 miliar poundsterling untuk investasi ke The Blues.

Baca Juga

Sejatinya, tawaran ini mampu diungguli oleh orang terkaya Inggris, Sir Jim Ratcliffe yang menawarkan 4,25 miliar poundsterling (Rp77 triliun) untuk mengakuisisi Chelsea pada Jumat (29/04/22) waktu setempat.

Hanya saja, tawaran ini datang begitu terlambat. Meski demikian, tawaran ini tak diabaikan sama sekali dan Sir Jim Ratcliffe masih berpotensi menjadi pemilik baru.

Hal ini tak lepas dari situasi konsorsium Todd Boehly yang akan menjalani proses ratifikasi perjanjian eklusivitas bahwa mereka bersedia penuh menjadi pemilik baru Chelsea.

Baca Juga

Terlepas dari siapapun yang akan memenangkan kepemilikan Chelsea, berikut ini lima tugas berat yang tengah menanti pemilik baru The Blues usai mengakuisisi. Berikut rangkumannya.


1. 5 Tugas Berat Pemilik Baru Chelsea

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel kala berselebrasi di laga kontra Real Madrid (13/04/22). (Foto: Reuters/Paul Childs)

1. Memperjelas Masa Depan Thomas Tuchel

Belum lama ini, Thomas Tuchel menyatakan kesetiaannya untuk terus bekerja sebagai pelatih kepala Chelsea di musim-musim berikutnya.

Pelatih berusia 48 tahun itu sendiri masih terikat kontrak selama 2 tahun. Meski masih cukup lama, namun durasi tersebut bukan jaminan dirinya akan terus bertahan.

Baca Juga

Oleh karenanya, pemilik baru Chelsea, baik itu Todd Boehly ataupun Sir Jim Ratcliffe, wajib memperjelas masa depan Tuchel yang merupakan aset berharga di tubuh The Blues saat ini.

Tuchel pun mengakui bahwa dirinya ingin bertahan di Chelsea asalkan bisa punya visi yang sama dengan pemilik baru, yakni punya ketertarikan dengan kemenangan seperti halnya Abramovich.

Jadi, masa depan Tuchel harus diperjelas oleh pemilik baru Chelsea kelak. Baik itu soal kontraknya, hingga rencana transfer di musim panas 2022 nanti agar tetap menjaga kultur pemenang di kubu The Blues.

2. Mempertahankan Marina Granovaskaia

Marina Granovaskaia merupakan tangan kanan Abramovich. Karena sang taipan tak akan lagi menjadi pemilik Chelsea, ia pun dirumorkan juga akan keluar.

Rumor tersebut seharusnya menjadi alarm bagi pemilik baru Chelsea untuk tetap mempertahankan wanita berusia 47 tahun itu di rezim yang baru.

Baca Juga

Hal ini tak lepas dari figurnya yang begitu dikenal oleh agen-agen top Eropa. Marina dianggap sebagai negosiator ulung yang bisa memperlancar transfer Chelsea, baik saat menjual maupun membeli pemain.

Dengan bakatnya tersebut, pemilik baru Chelsea harus berupaya keras untuk mempertahankan Marina, kendati pemilik baru hendak merekrut Direktur Olahraga baru.

Mempertahankan Marina dan juga Petr Cech pun juga akan membantu pemilik baru Chelsea untuk mempertahankan Tuchel, yang mengaku nyaman bekerjasama dengan kedua sosok itu.


2. 5 Tugas Berat Pemilik Baru Chelsea

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta merayakan gelar Piala Dunia Antarklub (13/02/22). (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

3. Bertarung dengan Perpanjangan Kontrak

Soal kontrak menjadi masalah besar bagi Chelsea. Hal ini tak lepas karena adanya sanksi dari pemerintah Inggris yang membuat The Blues tak bisa memperpanjang kontrak para pemainnya.

Karena sanksi itu pula, Chelsea harus kehilangan dua pilar andalan yakni Antonio Rudiger dan Andreas Christensen yang bergabung Real Madrid dan Barcelona secara gratis.

Sanksi ini akan dicabut dari Chelsea jika pemilik baru telah ditetapkan. Oleh karenanya, persoalan besar yang menanti pemilik baru The Blues adalah kontrak pemain.

Baca Juga

Saat ini ada tiga pemain pilar yang kontraknya bakal habis, yakni Cesar Azpilicueta yang akan habis pada Juni 2022 dan N’Golo Kante serta Jorginho yang akan habis pada 2023.

Sehingga ketika pemilik baru tiba, ketiga pemain ini harus menjadi prioritas untuk mendapat perpanjangan kontrak. Toh, ketiga pemain itu juga menjadi tulang punggung permainan Tuchel.

4. Menentukan Kebijakan Transfer

Perginya Abramovich membuat Chelsea akan menyambut era baru dengan sang pemilik baru. Kemungkinan besar, tak ada lagi belanja jor-joran seperti yang dilakukan taipan asal Rusia itu.

Pemilik baru yang datang setidaknya harus merencanakan kebijakan transfer dengan Tuchel, terkait dana belanja dan target yang akan diincar.

Perginya Rudiger dan Christensen menandakan bahwa Tuchel menginginkan dua bek baru berpengalaman guna tetap bersaing di level teratas.

Baca Juga

Selain itu, Chelsea masih butuh bek sayap baru, gelandang baru dan penyerang baru jika melihat performa tim musim ini yang inkonsisten.

Karenanya, pemilik baru harus mulai menentukan biaya belanja pemain dan juga target yang nantinya akan didiskusikan dengan Tuchel.

5. Mencari Sponsor Baru

Adanya sanksi pemerintah Inggris membuat Chelsea harus kehilangan sponsor utamanya, yakni perusahaan telekomunikasi terkemuka asal Inggris.

Selain sponsor utama, Chelsea juga kehilangan sponsor-sponsor lainnya yang membuat The Blues pun harus merana secara finansial.

Baca Juga

Pemilik baru yang akan tiba pun harus mulai mendiskusikan dengan sponsor lama atau mulai mencari sponsor baru guna keberlangsungan klub.

Kejelasan akan hadirnya sponsor juga akan memperjelas dana belanja Chelsea, yang selama ini hidup dari sponsor, tiket dan hak siar.

ChelseaRoman AbramovichThomas TuchelMarina GranovskaiaSepak Bola

Berita Terkini