x

Cerita Gelandang Persib Bandung Selama Ramadan: Tahun Ini Terasa Berbeda

Minggu, 1 Mei 2022 15:10 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Dua pemain Persib, Abdul Aziz bersama Beni Oktovianto saat berlatih di Stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (10/01/2020).

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1, Persib Bandung, Abdul Aziz, merasa Ramadan tahun ini berbeda dan lebih spesial dibandingkan dengan sebelumnya, pasalnya saat ini dia bisa menjalankan ibadah puasa secara penuh bersama keluarga.

Abdul Aziz menuturkan, pada tahun lalu, dia hanya bisa menikmati ibadah puasa bersama keluarga beberapa hari, lantaran saat itu skuat Maung Bandung sedang fokus tampil di turnamen Piala Menpora 2021.

Baca Juga

Sedangkan tahun ini, kompetisi Liga 1 2021-2022 sudah berakhir pada akhir Maret 2022 atau beberapa hari menjelang bulan Ramadan. Sehingga, aktivitas tim langsung diliburkan dan pemain bisa menikmati ibadah puasa bersama keluarga.

"Alhamdulillah Ramadan tahun ini kita bisa full di rumah, artinya kita bisa berkumpul dan bertemu keluarga, serta fokus beribadah," kata Abdul Aziz.

Pemain jebolan Diklat Persib ini menambahkan, meski fokus menjalankan ibadah puasa, namun Abdul Aziz tetap meluangkan waktu untuk menjalankan program latihan mandiri.

Baca Juga

Menurutnya, aktivitas latihan mandiri menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh pesepakbola profesional selama masa libur, agar kondisinya tetap terjaga. 

Sehingga, saat berkumpul dan berlatih kembali dengan tim, tidak kesulitan untuk mengikuti program yang diberikan oleh pelatih.

"Di sisi lain tetap menjaga intensitas latihan, jadi enggak off sama sekali tetap cari keringat," ucap Abdul Aziz.

Mantan pemain PSMS Medan ini menuturkan, sore hari menjadi waktu yang dipilih olehnya untuk menjalankan program latihan mandiri terutama saat bulan puasa. Karena, jarak ke waktu berbuka tidak terlalu jauh.

Baca Juga

"Biasanya aktivitas latihan habis azar, jam 4 sampai setengah 6, santai saja dengan intensitas yang tidak terlalu berat," jelas Abdul Aziz.


1. Dapat Tawaran Klub Lain

Gelandang Persib Abdul Aziz saat pertandingan menghadapi Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019)

Sementara itu, Abdul Aziz, mengakui mendapatkan tawaran dari beberapa klub setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022.

Meski begitu, sebagai pemain sepak profesional, Aziz tidak dapat menerima tawaran tersebut, lantaran saat ini dia masih terikat kontrak dan menjadi bagian dari skuat Maung Bandung, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan

Pemain jebolan Diklat Persib ini, tidak menyebutkan secara pasti identitas tim yang tertarik untuk merekrutnya. Hanya saja, dia mengakui ada klub yang berminat untuk mendatangkannya.

"Ada beberapa tim, cuma bagaimanapun saya sebagai pemain harus profesional, saya masih punya kontrak di Persib," kata Abdul Aziz.

Baca Juga

Gelandang berusia 28 tahun ini menambahkan, dalam transfer pemain ada tahapan yang harus dilalui oleh manajemen tim untuk mendapatkan pemain, apalagi bidikannya masih terikat kontrak.

"Apalagi, tim lain mau merekrut saya harus melalui jalur yang profesional juga harus melalui manajemen ke manajemen, terus nanti tanggapan manajemen seperti apa saya serahkan kepada manajemen," ungkapnya.

Abdul Aziz menegaskan, sebagai pemain sepak bola profesional tentunya akan mengikuti keputusan yang diambil oleh manajemen. Hanya saja, yang pasti saat ini dia masih menjadi bagian dari skuat Maung Bandung.

Baca Juga

"Saya sebagai pemain mengikuti kontrak dari manajemen, karena masih ada kontrak di Persib," tegasnya.

Pada kompetisi Liga 1 2021-2022, Abdul Aziz mendapatkan kesempatan bermain dalam 10 pertandingan dengan mengumpulkan 352 menit bermain.

Baca Juga

Abdul Aziz berharap, pada kompetisi Liga 1 2022-2023 penampilannya bisa lebih baik lagi dan membawanya Persib meraih juara baik di level nasional maupun internasional. 

"Mudah-mudahan dengan tambahan pemain baru, bisa membawa Persib menjadi juara," tegas Abdul Aziz.


2. 3 Pemain Persib Bandung Siap Tunjukkan Taji di SEA Games 2021

Rachmat Irianto, pemain Persib Bandung yang bermain di SEA Games 2022 bersama Timans Indonesia.

PSSI telah merilis daftar pemain Timnas Indonesia U-23 yang dibawa Shin Tae-yong untuk berlaga di SEA Games 2021. Sebanyak tiga orang pemain Persib Bandung termasuk di dalamnya.

Tiga pemain Persib Bandung, yakni Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Marc Klok masuk ke dalam skuad Tim Nasional Indonesia U-23 yang akan mengikuti SEA Games ke-31 di Vietnam, Mei mendatang.

"PSSI memanggil tiga pemain Persib, untuk mengikuti SEA Games ke-31 yang akan berlangsung di Vietnam, Mei mendatang," demikian tertulis dalam laman resmi Persib, Sabtu (30/04/22).

Pemangggilan tiga pemain tersebut tertuang dalam surat bernomor 1563/AGB/216/IV-2022, tertanggal 26 April 2022 yang ditanda tangani Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

Bersama pemain lainnya, ketiga punggawa Persib Bandung tersebut akan tampil di SEA Games yang akan berlangsung dari tanggal 6-22 Mei mendatang.

Baca Selengkapnya: 3 Pemain Persib Bandung Siap Tunjukkan Taji di SEA Games 2021 Bersama Timnas Indonesia, Siapa Saja?

Persib BandungLiga IndonesiaAbdul AzizLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini