x

4 Fakta Mengerikan Seusai Liverpool Bungkam Villarreal dan Lolos ke Final Liga Champions

Rabu, 4 Mei 2022 05:50 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan Villarreal v Liverpool di leg kedua semifinal Liga Champions 2021-2022. REUTERS/Pablo Morano

INDOSPORT.COM - Berikut empat fakta mengerikan seusai Liverpool mengalahkan Villarreal di leg kedua semifinal Liga Champions dan mengantongi tiket ke partai final.

Seperti diketahui, Liverpool baru saja mendulang kemenangan dengan skor 3-2 atas Villarreal dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Estadio de la Ceramica pada Rabu (04/05/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam duel tersebut Liverpool sempat tertinggal dua gol di babak pertama. Namun mereka akhirnya mampu mencetak tiga gol di babak kedua.

Tiga gol The Reds dicetak oleh Fabinho, Luis Diaz dan Sadio Mane. Kemudian dua gol tuan rumah di babak pertama dicetak oleh Boulaye Dia dan Fransic Coquelin.

Baca Juga

Hasil positif ini membuat pasukan Jurgen Klopp berhak mendapatkan tiket lolos ke partai final Liga Champions dengan kemenangan agregat 5-2 setelah sebelumnya Villarreal kalah 0-2 di leg pertama.

Baca Juga

Di pertandingan final Liga Champions, Liverpool masih menunggu calon lawan yakni pemenang duel antara Real Madrid vs Manchester City pada Kamis (05/05/22) dini hari WIB nanti.

Sementara itu, ada beberapa fakta menarik mengenai keberhasilan Liverpool lolos ke final Liga Champions Eropa musim 2021-2022. Apa saja itu?


1. 1. Final ke-10 Bagi Liverpool

Sujud syukur Sadio Mane seusai mencetak gol untuk Liverpool ke gawang Villarreal di leg kedua semifinal Liga Champions.

Setelah mengantongi tiket ke partai puncak, Liverpool mampu masuk ke dalam jajaran tim elite Eropa. Ini menjadi final ke-10 bagi Liverpool di ajang Liga Champions.

Liverpool menjadi tim keempat yang mampu mencapai setidaknya 10 final Liga Champions. Sebelumnya ada Real Madrid (16), AC Milan dan Bayern Muenchen yang sama-sama pernah tampil 11 kali.

Baca Juga

Dari sembilan final Liga Champions sebelumnya, The Reds sukses enam kali mengangkat trofi juara yang diperoleh pada 1977, 1978, 1981, 1984, 2005, dan 2019.

2. Masuk Sebagai Pemain Pengganti, Luis Diaz Jadi of the Match

Dalam laga melawan Villlarreal, Luis Diaz duduk di bangku cadangan sejak menit awal babak pertama. Ia baru masuk di menit ke-46 menggantikan Diogo Jota.

Baca Juga

Meski hanya sebagai pemain pengganti, ia mampu merubah performa permainan The Reds yang sebelumnya jeblok di babak pertama.

Setelah memperkecil ketinggalan lewat gol Fabinho, Diaz mencetak gol penyama kedudukan sebelum kemudian Mane memastikan kemenangan Liverpool.

Baca Juga

Dilansir dari laman UEFA, Luis Diaz tercatat 100 persen melakukan dribble sukses. Pemain Timnas Kolombia ini juga empat kali berhasil melewati lawannya dari empat percobaan.

Tidak hanya itu, Luis Diaz juga mengirim dua umpan jauh akurat dan empat kali memenangi duel dengan lawan. Ia juga tercatat melepas empat tembakan.


2. 3. Klub Inggris Pertama yang Mencapai 3 Final Berbeda

Logo Liga Champions.

Liverpool mampu mencetak sejarah baru yakni menjadi klub Inggris pertama yang mampu lolos ke final tiga ajang berbeda dalam satu musim. Selain Liga Champions mereka telah lebih dulu mengantongi tiket ke final Piala Liga Inggris dan Piala FA. 
Di Piala Liga Inggris, Liverpool keluar sebagai juara setelah mengalahkan Chelsea. Kemudian di final Piala FA 2021-2022 yang berlangsung pada Sabtu 14 Mei 2022, mereka bakal kembali berjumpa Chelsea.

4. Jurgen Klopp Ikuti Jejak Ancelotti, Ferguson dan Marcello Lippi

Jurgen Klopp untuk keempat kalinya berhasil membawa tim asuhannya lolos ke final Liga Champions. Sebelum musim ini, ia satu kali melakukannya bersama Borussia Dortmund (2011-2012), dan tiga lainnya dengan Liverpool (2017-2018, 2018-2019 dan 2021-2022).

Ia mencatatkan rekor cukup apik dengan mengikuti jejak tiga nama lain yang lebih dulu melakukannya. Mereka adalah Carlo Ancelotti, Sir Alex Ferguson dan Marcello Lippi.

Baca Juga
LiverpoolLiga ChampionsJurgen KloppVillarrealSadio ManeLiga InggrisLuis Diaz

Berita Terkini