x

Iwan Bule Minta Timnas Indonesia U-23 Hajar Vietnam di Laga Perdana SEA Games 2021

Kamis, 5 Mei 2022 15:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan pada laga perdana SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda akan melawan tuan rumah Vietnam, Jumat (06/05/22) di Stadion Viet Tri.

Iwan Bule, sapaan akrabnya, optimistis Timnas indonesia U-23 bisa raih poin penuh karena semua pemain dalam kondisi terbaik. 

Baca Juga

Apalagi, beberapa pemain dari luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani telah bergabung dan siap dimainkan. 

"Kami optimistis Garuda Muda mampu mengalahkan Vietnam. Apalagi saat ini tim dalam kondisi bagus dan permainan terus meningkat setelah menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan," kata Iriawan.

Meski ada dua pemain yang belum bergabung yakni Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott, hal itu tak mengurangi kekuatan skuad asuhan Shin Tae-yong. 

"Saya terus memantau dan mendapat laporan terkait perkembangan tim. Saat ini dua pemain yakni Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott belum bergabung bersama tim," ujar Iwan Bule. 

"Namun, 18 pemain yang ada saat ini sudah siap tempur dan akan bekerja keras di laga nanti," imbuhnya. 

Baca Juga

Laga Timnas U-23 vs Vietnam diprediksi berjalan sengit. Kedua tim merupakan unggulan di Grup A untuk lolos ke babak selanjutnya.

Selain itu, Indonesia dan Vietnam adalah finalis di SEA Games 2019, di mana Vietnam keluar sebagai juara. Jadi ada aroma balas dendam pada laga esok hari. 

Pada SEA Games 2021, Timnas U-23 ditargetkan raih medali emas. Hal itu telah diultimatum oleh ketum PSSI dan Menteri Pemuda dan Olahraga. 

"Mudah-mudahan pada SEA Games 2021 ini, Indonesia dapat meraih emas di sepak bola," harap ketum PSSI. 

Baca Juga

1. Ingatkan Timnas Indonesia U-23

Pelepasan Timnas U-23 ke SEA Games 2021 oleh NOC Indonesia

Untuk SEA Games 2021, Shin Tae-yong membawa 20 pemain. Tiga di antaranya adalah pemain senior yakni Ricky Kambuaya, Marc Klok dan Fachruddin Aryanto. 

Selain Vietnam, lawan Timnas U-23 di Grup A SEA Games 2021 adalah Timor Leste, Filipina, dan Myanmar.

Baca Juga

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan meminta seluruh penggawa Timnas Indonesia U-23 menaruh fokus besar dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

Terlebih PSSI menargetkan Timnas Indonesia U-23 harus mampu meraih medali emas pada ajang dua tahunan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 memang sudah menyelesaikan seluruh program pemusatan latihan di Korea Selatan. Mereka bertolak ke Negeri Gingseng memang untuk persiapan berlaga di SEA Games 2021,

Baca Juga

Vietnam bulan Mei mendatang. Hampir dua pekan lamanya Timnas Indonesia U-23 berada di Korea Selatan. Selama di Korea Selatan, Timnas Indonesia U-23 melakoni tiga laga uji coba.

Dari tiga laga uji coba, Timnas Indonesia menelan dua kekalahan dan satu kali menang. Terakhir, Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan ketika menghadapi Daejeon Hana Citizen.

Baca Juga

Pasukan Garuda Muda takluk dengan skor 2-3 dalam laga yang berlangsung di Daejon World Cup Stadium, Korea Selatan.


2. Media Vietnam Kaget Dibuat Kaget Pemain Timnas Indonesia

Ronaldo Kwateh dalam uji coba Timnas U-19 vs Yeungnam University. Foto: PSSI

Jelang SEA Games 2021, media Vietnam dibuat kaget setelah mengetahui ada salah satu pemain Timnas Indonesia U-23 punya Curriculum Vitae (CV) mengerikan.

Pemain Timnas Indonesia U-23 itu bernama Ronaldo Kwateh yang sempat mencetak dua rekor mengejutkan. Ia perna mencetak sejarah sebagai pemain termuda di kompetisi Liga 1 saat masuk 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari.

Rekor Ronaldo Kwateh didapatkan saat membela Madura United di kompetisi Liga 1 2021-2022 melawan Tira Persikabo pada 3 September 2021 lalu.

Tidak hanya itu, pemain berdarah Indonesia dan Liberia itu mencetak sejarah sebagai pemain termuda yang memperkuat Timnas Indonesia senior.

Ia menjalani debut saat skuat Garuda Senior menang telak 4-1 atas Timor Leste pada laga di Stadion I Wayan Dipta pada Kamis (27/01/22) lalu dalam laga uji coba bertajauk FIFA Matchday.

Catatan luar biasa itu membuat media Vietnam yaitu thethao247 sangat terkejut. Ia bahkan menyebut kalau Ronaldo Kwateh sudah banyak dikenali oleh banyak fans dari skuat The Golden Star.

Berita Selengkapnya: Media Vietnam Kaget Ada Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Punya CV Mengerikan

SEA GamesTimnas Indonesia U-23Liga IndonesiaIwan BuleMochamad IriawanSEA Games 2021

Berita Terkini