x

Dihargai Rp2,2 Miliar, Media Vietnam Takjub dengan Penyerang Keturunan Afrika Timnas Indonesia U-23

Jumat, 6 Mei 2022 14:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Keberadaan penyerang keturunan Afrika, Ronaldo Joybera Junior Kwateh, di skuat Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2022 menarik perhatian media di Vietnam.

INDOSPORT.COM – Keberadaan penyerang keturunan Afrika, Ronaldo Joybera Junior Kwateh, di skuat Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2022 menarik perhatian media di Vietnam.

Timnas Indonesia U-23 diketahui berada di Grup A SEA Games 2021 bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, Myanmar dan Timor Leste.

Baca Juga

Sebagai laga pembuka, Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam akan saling berhadapan dalam pertandingan yang akan berlangsung Jumat (06/05/22) di Stadion Viet Tri.

Vietnam asuhan Park Hang-seo diunggulkan menjadi juara karena statusnya tak hanya sebagai tuan rumah namun juga juara bertahan. Akan tetapi, kehadiran Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong bakal jadi ancaman serius.

Terlebih, Shin Tae-yong yang berasal dari Korea Selatan itu membawa 20 pemain yang kebanyakan masih muda-muda dan berkualitas. Salah satunya Ronaldo Joybera Junior Kwateh.

Baca Juga

Vietnamplus.vn secara khusus menulis bahwa Ronaldo Kwateh adalah pemain remaja yang sedang naik daun di kancah kompetisi di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, media tersebut juga membeberkan label harga Ronaldo Kwateh di Transfermarkt, yakni berkisar 150 ribu euro atau setara dengan Rp2,2 miliar.

“Di antaranya adalah bintang yang sedang naik daun Ronaldo Joybera Junior Kwateh. Striker remaja ini bermain untuk Madura United FC di Liga 1 Indonesia dan dihargai 150.000 euro oleh Transfermarkt,” demikian tulis Vietnamplus.vn.

Baca Juga

Putra mantan pesepak bola naturalisasai Roberto Kwateh tersebut tercatat sebagai pemain termuda yang debut di kompetisi nasional Indonesia untuk Madura United di usia 16 tahun, 10 bulan, 15 hari.

Meskipun belum terlalu produktif mencetak gol, namun potensinya di lini serang berhasil menarik perhatian Shin Tae-yong. Alhasil, Ronaldo pun dipanggil bermain untuk Timnas Indonesia di usianya yang baru 17 tahun, 3 bulan, dan 8 hari.


1. Skuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Ronaldo sendiri melakukan debutnya di Timnas Indonesia senior saat melawan Timor Leste di FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Denpasar, Bali, pada 27 Januari 2022.

Teranyar, Ronaldo ikut membawa Timnas Indonesia U-23 mendulang kemenangan atas Andong Science College dengan skor 4-2 di Haemaji Football Field, Korea Selatan pada Kamis (21/04/22) kemarin.

Baca Juga

Empat gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 berhasil dicetak oleh Irfan Jaya (7'), Muhammad Ridwan (21'penalti), Ronaldo Kwateh (88'), dan Irfan Jauhari (90+3'). 

Selain Ronaldo Kwateh, media Vietnam juga nampaknya mewaspadai sejumlah pemain Timnas Indonesia yang memenangkan medali perak di ajang Piala AFF 2021 pada Desember-Januari kemarin.

Di antaranya, Asnawi Mangkualam Bahar yang kini bermain di Korea Selatan bersama Ansan Greeners.

Baca Juga

Kemudian ada bek tengah Elkan Baggott yang baru-baru ini debut di tim senior tim asal Inggris, Ipswich Town.

Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang membela FK Senica, serta bek PSIS Semarang Alfreandra Dewangga juga dipanggil ke Hanoi, Vietnam.

Selain itu, Shin Tae-yong juga memanggil tiga pemain senior, yakni gelandang Ricky Kambuaya, gelandang bertahan Marc Klok dan bek tengah Fachruddin Aryanto.

Baca Juga

Untuk urusan jaga gawang, Indonesia bakal menaruh kepercayaan kepada kiper Ernando Ari yang tampil apik saat menghadapi Australia di kualifikasi Piala AFC U23 2022.


2. Shin Tae-yong Wanti-wanti Wasit Laga Vietnam vs Timnas Indonesia U-23

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mewanti-wanti agar wasit yang pimpin laga perdana di SEA Games 2021 bersikap adil. Pasalnya, skuad Garuda Muda akan lawan tuan rumah Vietnam, Jumat (06/05/22). 

Shin Tae-yong khawatir, karena Timnas U-23 sudah dua kali terima perlakuan buruk dari panpel SEA Games 2021. 

Pada sesi latihan, Rabu (04/05/22), Timnas U-23 diberikan lapangan latihan yang kualitas rumputnya buruk. Kondisi lapangan juga berpasir dan banyak lubang. 

Lalu, pada sesi official training, Kamis (05/05/22), tim Merah Putih kembali dapat lapangan yang tidak memadai. Grid (garis) lapangan tidak sesuai standar internasional sehingga membuat latihan tidak maksimal. 

Berkaca dari hal tersebut, Shin Tae-yong menyatakan tidak masalah dengan tekanan suporter tuan rumah, tapi lebih khawatir soal kualitas pengadil lapangan. 

"Tidak masalah ada fans penuh karena mereka tuan rumah. Tapi saya harap wasitnya adil, itu saja. Kalau begitu (wasit adil) maka tidak akan ada masalah," ujar Shin Tae-yong

Baca selengkapnya: 2 Kali 'Dicurangi', Shin Tae-yong Wanti-wanti Wasit Laga Vietnam vs Timnas Indonesia U-23

VietnamTimnas Indonesia U-23Bola InternasionalTimnas VietnamVietnam U-23Ronaldo KwatehSEA Games 2021

Berita Terkini