x

Sesi Jumpa Pers Dihadiri Jurnalis Indonesia, Park Hang-seo Sembunyikan Kondisi Nguyen Tien Linh

Jumat, 6 Mei 2022 17:14 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Isman Fadil
Park Hang-seo, Pelatih Timnas Vietnam asal Kora Selatan.

INDOSPORT.COM - Kekhawatiran berlebih ditunjukan pelatih timnas Vietnam asal Korea Selatan, Park Hang-seo yang menyembunyikan kondisi Nguyen Tien Lin saat konferensi pers.

Park Hang-seo terlihat berbicara secara hati-hati saat melakukan jumpa pers menjelang pertandingan pertama Vietnam U-23 di ajang SEA Games ke-31 yang dilangsungkan di Hanoi, Vietnam.

Baca Juga

Bukan tanpa sebab, kekhawatiran pelatih berusia 64 tahun ini cukup berlandasan. Sebab, pada sesi jumpa pers dengan wartawan kemarin (05/05/22), Park Hang-seo sengaja berbicara seperlunya.

Sebab diantara wartawan Vietnam, dia melihat sejumlah jurnalis asal Indonesia yang datang mengikuti sesi jumpa pers timnas Vietnam jelang laga melawan rival utama mereka, Indonesia.

Pada sesi jumpa pers sore waktu setempat, sang pelatih sedikit banyak berbicara mengenai situasi tim Vietnam dan persiapan seluruh pemain dan ofisial jelang pertandingan Jumat (06/05/22) malam.

Baca Juga

Dengan tegas dia mengungkapkan bahwa timnya memang berada dalam tekakan sebab mereka berstatus sebagai tuan rumah sekaligus juara bertahan dalam cabor SEA Games tahun lalu.

"SEA Games tahun ini berlangsung di Vietnam dan kami adalah juara bertahan. Saya paham ada tekanan dari suporter Vietnam yang berharap banyak ke kami," jelas Park Hang-seo dilansir dari Soha.vn.

"Saya pikir para pemain sedikit berada di bawah tekanan. Tetapi, kami semua akan mencoba yang terbaik di lapangan, kami akan membawa kebahagiaan untuk semua orang," imbuhnya.

Baca Juga

"Kami telah mempersiapkan mentak dan fisik kami. Secara pribadi, ini akan menjadi turnamen terakhir saya dengan Vietnam U-23. Akan saya lakukan berbagai cara untuk memberikan hasil terbaik," tambahnya.

Hal ini tentu cukup menggambarkan modal kuat Vietnam jelang pertandingan krusial dipertandingan pertama di Grup A kontra timnas Indonesia U-23 yang memanggil sejumlah pemain adboard seperti Witan Sulaiman dkk.


1. Komentar Kapten Vietnam dan Kekhawatian Park Hang-seo

Skuad Timnas Indonesia yang akan membela Indonesia dalam ajang SEA Games Ke-31 tahun 2021 di Hanoi, Vietnam. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Dalam sesi jumpa pers kemarin, kapten timnas Vietnam juga memberikan pendapat pribadi mereka mengenai calon lawan nanti malam. Do Hung Dug, mengatakan Indonesia sekarang merupakan tim yang berbeda.

"Pada turnamen sebelumnya, kami bertemu mereka di final dan kami dapat mendapatkan medali emas SEA Games saat itu. Namun, dengan pelatih baru mereka, Indonesia tak lagi sama," jelasnya dilansir dari Soha.vn.

Baca Juga

Sang pemain juga tak ragu mengatakan Indonesia U-23 yang akan mereka hadapi saat ini merupakan benar-benar tim yang berbeda. Dia menambahkan jika mereka saat ini memiliki banyak harapap di ajang ini.

"Saya juga berpikir, meski pelatih Indonesia juga berasal dari Korea Selatan, itu tak terlalu penting. Setiap orang yang bekerja pasti akan memberikan kontribusi dan hasil yang terbaik pada negara tempat kerjanya," pungkasnya.

Selain itu ada momen menarik ketika pelatih kepala Vietnam U-23, Park Hang-seo ditodongkan pertanyaan oleh beberapa awak media yang datang mengenai situasi striker andalan mereka, Tien Linh.

Baca Juga

Pria asal Korea Selatan ini terlihat sangat berhati-hati dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh jurnalis yang datang pada saat sesi jumpa pers kemarin.

"Saya melihat ada banyak wartawan Indonesia di sini, jadi saya rasa tidak perlu terlalu banyak bicara dan berbagi kondisi tim. Tapi pada dasarnya, Tien Linh tak memiliki masalah serius," tegas Park Hang-seo.

Pelatih yang rencananya akan melepas jabatan pelatih Vietnam U-23 usai gelaran SEA Games tahun ini juga tak kentinggalan memberikan pendapat pribadinya mengenai timnas Indonesia, bakal calon mereka malam nanti.

"Setahu saya skuad Indonesia U-23 mereka terdiri dari banyak pemain yang kemarin merasakan Piala AFF 2020. Selain itu, mereka memiliki pemain yang bermain di luar negeri serta naturalisasi," tuturnya.

Baca Juga

"Saya pikir Indonesia U-23 memiliki kekuatan yang sangat kuat. Kekauatan ini tentu saja jauh lebih kuat dari ajang SEA Games tahun 2019 lalu," imbuhnya.

Park Hang-seo juga menegaskan dirinya juga tak dapat meraba permainan dan taktik timnas Indonesia. Namun dia tetap optimis dan telah menyiapkan beberapa opsi strategi kontra Indonesia malam ini.


2. Publik Vietnam Berikan Kado Istimewa Bagi Timnas U-23

Latihan Timnas U-23 di Korea Selatan.

Pemandangan tak biasa terjadi ketika Indonesia U-23 melakukan sesi latihan terakhir. Media Vietnam menganggap hal itu sebagai ucapan selamat datang istimewa.

Saat itu penggawa timnas Indonesia U-23 tengah menjalani sesi latihan terakhir menjelang laga pembuka cabang olahraga sepak bola SEA Games kontra tuan rumah, Vietnam.

Dipimpin langsung oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, timnas U-23 menjalani kegiatan latihan di Lapangan latihan Huyen Tam Nong, Vietnam.

Baca selengkapnya: Ada Penonton di Sesi Latihan, Media Vietnam: Sambutan Istimewa buat Timnas Indonesia

SEA GamesVietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalWitan SulaemanPark Hang SeoBola IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini