x

4 Pemain yang Torehkan Debut Termuda di Bayern Munchen, Ada 'Pengkhianat' Inggris

Sabtu, 7 Mei 2022 08:05 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain sepak bola Bayern Munchen, Jamal Musiala.

INDOSPORT.COM - Bayern Munchen menjadi salah satu klub dengan sistem pembinaan pemain muda berjenjang terbaik di Eropa maupun dunia. 

Hal itu bisa dilihat bagaimana mereka banyak melahirkan pemain-pemain muda berkualitas, untuk menunjang kekuatan tim dalam jangka panjang.

Baca Juga

Apalagi sejumlah sekstor Bayern Munchen diisi oleh para pemain yang sudah mulai uzur seperti Manuel Neuer di posisi penjaga gawang, hingga Robert Lewandowski di lini serang.

Biasanya Bayern Munchen jarang sekali membeli pemain muda yang tengah bersinar di Eropa. Mereka seringnya membeli pemain muda potensial yang namanya jarang diketahui publik.

Mereka mengandalkan sistem pencari bakat, sehingga mudah untuk menemukan bibit muda untuk dipoles dan menjadi tulang punggung klub masa depan.

Baca Juga

Makanya Bayern Munchen jarang sekali membeli pemain bintang jadi di bursa transfer, sehingga keuangan klub lebih stabil karena sistem pembinaan yang berjalan dengan baik.

Keberhasilan mereka menerapkan hal itu juga tentu akan dirasakan oleh tim nasional masing-masing pemain, karena ada satu pemain muda potensial yang diorbitkan.

Lantas bagaimana kiprah pemain muda yang sudah dilahirkan? kualitasnya bisa dilihat, hampir tidak ada yang gagal.

Baca Juga

Mereka tampil trengginas dan tajam di lini depan. Beberapa di antaranya bahkan mencatatkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah Bayern Munchen untuk mencetak gol.


1. Jamal Musiala

Pemain sepakbola Bayern Munchen, Jamal Musiala.

Jamal Musiala adalah pemain muda yang sedang berkembang di Bayern Munchen saat ini. Diorbitkan dari tim U-19 pada tahun 2020 lalu, kemampuannya terus terasah dengan baik.

Ia menjalani debut jelang musim 2019-2020 berakhir. Hebatnya, Jamal Musiala menutup musim tersebut sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk Bayern Munchen.

Baca Juga

Sejarah itu ia ciptakan saat Bayern Munchen pesta gol ke gawang FC Schalke 04 saat meraih kemenangan 8-0. Saat mencetak gol, Jamal Musiala berusia 17 tahun 6 bulan dan 23 hari.

Di musim ini dia sudah tampil sebanyak 37 pertandingan dan mencetak 7 gol serta 6 assist di semua kompetisi. 

Kemampuannya yang terus berkembang membuat pelatih Bayern Munchen yang baru, Julian Nagelsmann tetap memberikan kepercayaan Jamal Musiala. 

Baca Juga

Musim lalu saat masih ditukangi Hansi Flick, Jamal Musiala diberi menit bermain yang cukup banyak yakni turun dalam 39 pertandingan dan mencetak 7 gol serta 1 assist. 

Pierre-Emile Hojbjerg 

Di usia yang masih sangat muda, Pierre-Emile Hojbjerg didatangkan oleh Bayern Munchen dari akademi klub Denmark, Brondby IF pada tahun 2012.

Butuh waktu beberapa bulan baginya untuk dapat melakukan debut bersama Bayern Munchen di Bundesliga.

Baca Juga

Saat pertandingan melawan FC Nurnberg yang dihelat pada 13 April 2013, Bayern Munchen memberikan kesempatan bermain bagi Hojbjerg di tim utama.

Dalam kemenangan 4-0 itu, ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-71. Pada laga itu, Hojbjerg masih berusia 17 tahun, 8 bulan, dan 8 hari.

Selama berseragam Munchen, pemain berusia 25 tahun ini telah menciptakan 25 pertandingan sebelum akhirnya dijual ke Southampton pada musim panas 2016.


2. David Alaba

Luapan kegembiraan tiga pemain Munchen, Robert Lewandowski (kiri), David Alaba (tengah), dan Alphonso Davies saat memastikan timnya menang atas Chelsea dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 di Stamford Bridge.

Selanjutnya ada nama David Alaba. Pemain berposisi sebagai bek sayap ini merupakan produk akademi klub.

Ia dipromosikan ke tim utama pada tahun 2010. Debutnya bersama Bayern Munchen terjadi pada tahun tersebut, tepatnya 06 Maret 2010 ketika berhadaan dengan FC Koln.

Baca Juga

David Alaba saat itu dimainkan pada usia 17 tahun, 8 bulan dan 10 hari, yang membuat namanya menjadi salah satu debutan termuda bersam Die Roten.

Sayang debutnya tak berjalan manis, karena Bayern Munchen ditahan imbang 1-1 oleh FC Koln.

Dalam laga tersebut, Alaba masuk menggantikan Diego Contento pada menit ke-73 dan bermain di posisi bek kiri. 

Sampai saat ini, ia masih menjadi salah satu pemain belakang terbaik Bayern Munchen.

Baca Juga

David Alaba sendiri sudah hengkang dari Bayern Munchen, menuju Real Madrid pada musim panas kemarin.

Ia telah mencatatkan 390 pertandingan di semua ajang di Bayern Munchen. Sebagai seorang bek, Alaba termasuk pemain yang produktif, ia berhasil membukukan 31 gol dan 49 assist.

Toni Kroos

Selanjutnyada ada Toni Kroos. Ia membuat golnya untuk Bayern Munchen di usia 17 tahun 9 bulan dan 21 hari.

Rekor itu ia ciptakan ketika mencetak gol di ajang Liga Europa kala Bayern Munchen mengalahkan Red Star Belgrade 3-2 pada Oktober tahun 2007 lalu.

Sayang, Toni Kroos tidak cukup lama membela Bayern Munchen karena ia memilih hengkang ke Real Madrid pada 2014 lalu dengan harga 25 juta euro.

Bundesliga JermanBayern MunchenToni KroosRobert LewandowskiDavid AlabaBola InternasionalTRIVIAJamal Musiala

Berita Terkini