x

Detik-detik Cedera Asnawi Mangkualam yang Bikin Ngilu, Kaki Hampir Patah

Sabtu, 7 Mei 2022 15:50 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Isman Fadil
Kejadian nahas dialami penggawa Timnas Indonesia yang bermain untuk Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Bahar.

INDOSPORT.COM - Kejadian nahas dialami penggawa Timnas Indonesia yang bermain untuk Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Bahar.

Eks PSM Makassar tersebut mengalami cedera horor saat membela klubnya dalam lanjutan K League 2, Sabtu (07/05/22).

Baca Juga

Kejadian tersebut terjadi di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-59. Dalam video yang beredar, insiden bermula saat Asnawi Mangkualam Bahar melakukan duel udara dengan pemain Anyang FC.

Usai duel, kaki kanan Asnawi tampak tidak mendarat dengan sempurna. Tampak jelas jika kaki yang jadi tumpuannya bak seperti mengalami patah kaki.

Usai mengalami kejadian horor tersebut, Asnawi lantas mengerang kesakitan di tengah lapangan.

Baca Juga

Petugas medis pun langsung bertindak sigap dan melakukan pertolongan. Asnawi kemudian dipapah keluar pertandingan.

Tak berselang lama usai kejadian tersebut, Asnawi yang tak bisa melanjutkan pertandingan kemudian ditarik keluar dan digantikan rekannya pada menit ke-63.

Hingga tulisan ini dibuat, belum ada konfirmasi dari pihak Ansan Greeners terkait cedera yang dialami oleh Asnawi.

Baca Juga

Sementara itu, dalam laga yang dilakoni Asnawi, Ansan Greeners harus puas berbagi angka 1-1 dengan Anyang FC.

Hasil imbang tersebut membuat Ansan Greeners naik satu strip dari peringkat ke-11 ke urutan 10 klasemen sementara K League 2 2022.


1. Bakal Rugikan Timnas

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Asnawi Mangkualam

Entah seberapa parah cedera yang dialami oleh Asnawi, namun hal tersebut bakal merugikan Timnas Indonesia yang tengah berjuang di SEA Games 2021.

Terlebih, Asnawi sudah absen di laga perdana Grup A saat Garuda Muda bentrok dengan tuan rumah Vietnam.

Baca Juga

Pemain berposisi bek sayap asal Makassar ini memang salah satu pemain yang diinginkan pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong untuk bergabung dalam event olahraga SEA Games.

Sebelumnya, tidak ada kepastian Asnawi akan bergabung ke timnas di ajang SEA Games Vietnam.

Hal itu disebabkan karena klub Asnawi, Ansan Greeners, enggan melepas pemain berusia 22 tahun itu.

Baca Juga


Melalui drama cukup panjang, klub asal Korea Selatan itu akhirnya melepas sang pemain untuk membela negaranya dalam event olahraga di luar agenda kalender FIFA tersebut.

Kendati demikian, Ansan Greeners belum bisa melepas Mangkualam pada bulan April ini. Dia sendiri masih akan ikut dalam pertandingan klubnya pada lanjutan K-League 2 kontra Gyeongnam di tanggal 3 Mei 2022.

Ansan Greeners sebenarnya sedikit tak rela melepas Asnawi Mangkualam di tengah kondisi performa klub di liga. Namun setelah ada kepastian pemain pengganti, mereka akhirnya melepas sang pemain.

Baca Juga

Sebelum bergabung ke TC timnas U-23, Asnawi Mangkualam masih ikut berpartisipasi dalam pertandingan Ansan Greeners melawan Daejon Hana Citizen pada Rabu (27/04/22) lalu.

Pada pertandingan itu perannya begitu krusial. Hal itu dapat dilihat saat pemain Timnas Indonesia U-23 itu berhasil menghidupkan permainan. Tentu wajar jika pihak Ansan keberatan, karena Asnawi dalam performa menanjak.


2. Asnawi Incar Emas di SEA Games

Asnawi Mangkualam tampak lebih kencang larinya dari pemain Singapura untuk merebut bola

Bek kanan Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar bertekad raih medali emas di SEA Games 2021. 

Asnawi mengatakan akan memberikan penampilan terbaik bersama Timnas di SEA Games 2021 di Vietnam, Mei nanti. Dia masih penasaran, karena sejauh ini belum kalungi medali emas. 

Pemain Asnan Greeners itu sebelumnya sudah ikut dua edisi SEA Games pada 2017 dan 2019. Tapi, raihannya baru medali perunggu dan perak. 

"Harapannya dapat medali emas. Ini SEA Games ketiga saya. Pertama, saya dapat perunggu (Malaysia 2017), lalu perak tahun 2019 kemarin (Filipina), dan semoga kali ini emas," harap Asnawi.

Asnawi Mangkualam sudah bergabung ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan pada Selasa (26/04/22). Dia untuk sementara tinggalkan klub Liga 2 Korea Selatan, Ansan Greeners. 

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharBerita Timnas IndonesiaAnsan Greeners

Berita Terkini