x

Timnas Indonesia U-23 Dibabat Vietnam, Bung Binder: Adi Oke, Firza dan Ronaldo Buruk

Sabtu, 7 Mei 2022 14:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pertandingan Indonesia vs Vietnam di SEA Games, Jumat (06/05/22). Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dibabat habis oleh tuan rumah Vietnam, dalam laga perdana Grup A SEA Games 2022 di Stadion Viet Tri, Jumat (06/05/22).

Timnas Indonesia sempat bermain imbang 0-0 di babak pertama, tapi Vietnam on fire di babak kedua, hingga menang telak 3-0.

Menurut komentator sekaligus pengamat sepak bola nasional, Binder Singh, kiper Timnas Indonesia, Muhammad Adi Satryo bermain baik, sisanya di bawah ekspektasi.

Baca Juga

"Bagi saya di pertandingan ini, yang benar-benar main bagus adalah penjaga gawang Adi Satryo," ucap Binder Singh di Youtube.

"Terlepas dari tiga gol kemasukan, tapi dia (Adi Satryo) juga banyak melakukan save di pertandingan ini," lanjut sang komentator.

Menurutnya, Shin Tae-yong sudah tepat memilih Adi Satryo sebagai palang pintu terakhir Timnas, ketimbang Ernando Ari.

Baca Juga

"Jika bukan karena Adi Satryo, saya pikir Timnas Indonesia bisa kalah lebih dari lima gol di pertandingan ini," blak-blakan Binder.

"Apalagi save yang dia lakukan di babak pertama itu sangat krusial, untuk menjaga skor tetap 0-0," ungkap Binder Singh lagi.

Hal ini berbanding terbalik dengan lini serang Timnas Indonesia yang buntu, sebab tidak mendapat suplai bola yang bagus, dan tercatat hanya ada satu peluang on target.

Baca Juga

Menurut Binder Singh, hal ini disebabkan minimnya koordinasi antar pemain Timnas, jarak antar lini yang terlalu jauh, hingga pemain yang terlalu lama memegang bola.


1. Firza Andika, Rio Fahmi dan Ronaldo Kwateh Tak Sesuai Harapan

Timnas U-19 vs Yeungnam University. Foto: PSSI

Selain mengevaluasi lini depan, komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh juga mengkritisi dua bek sayap Timnas Indonesia dalam laga kontra Vietnam.

Pada pertandingan perdana cabor sepak bola untuk SEA Games 2022 itu, Timnas Indonesia mengandalkan Firza Andika di bek kanan, dan Rio Fahmi sebagai bek kiri.

Baca Juga

Padahal sebelumnya, Timnas Indonesia begitu kuat di sisi fullback saat masih ada Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

"Terasa banget absennya Asnawi dan Arhan, mempersulit kita dalam bertahan ketika diserang pemain Timnas Vietnam yang mengandalkan permainan wing."

"Berkali-kali Firza Andika dan Rio Fahmi bisa dilewati, dan hanya tinggal menunggu waktu saja bagi para pemain Vietnam itu mencetak gol," ungkap Binder Singh.

Baca Juga

Sang komentator mengaku kecewa karena Firza Andika sudah berpengalaman di SEA Games, sementara Rio Fahmi tampil debut.

"Padahal Firza Andika sebelumnya kan main di SEA Games 2019 lalu. Saya bingung juga, permainannya tidak begitu bagus di match pertama ini," blak-blakan Binder Singh lagi.

Komentator berkepala plontos itu juga mengkritisi Ronaldo Kwateh yang masuk di babak kedua, tapi tidak memberi gebrakan yang berarti, dan terlihat main individualis.

Baca Juga

"Ronaldo Kwateh yang dimainkan, terlalu lama mengutak-atik bola, akhirnya ditarik keluar lagi," ungkap Binder Singh pasrah.

"Karena terlalu lama memegang bola, itu yang memberi peluang bagi para pemain Vietnam untuk merebut bola dari kaki para pemain Timnas Indonesia," pungkasnya.


2. Jadwal Timnas Indonesia di SEA Games 2022

Logo Sea Games Vietnam.

Penyisihan Grup A

6 Mei 2022: Vietnam vs Indonesia (3-0)

10 Mei 2022: Indonesia vs Timor Leste

13 Mei 2022: Filipina vs Indonesia

15 Mei 2022: Indonesia vs Myanmar

Semifinal: Kamis, 19 Mei 2022

Final: Minggu, 22 Mei 2022

SEA GamesVietnamTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamFirza AndikaMuhammad Adi SatryoBerita Timnas IndonesiaBinder SinghRonaldo KwatehSEA Games 2021

Berita Terkini