x

Eksklusif: Fabio Lopez, Eks AS Roma yang Terpesona dengan Fanatisme Suporter Indonesia

Minggu, 8 Mei 2022 08:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Cerita Fabio Lopez, salah satu mantan pelatih dan manajer klub junior Liga Italia, AS Roma, yang sangat terpesona bahkan jatuh cinta dengan fanatisme suporter Indonesia.

INDOSPORT.COM – Mendengar cerita Fabio Lopez, salah satu mantan pelatih dan manajer klub junior Liga Italia, AS Roma, yang sangat terpesona bahkan jatuh cinta dengan fanatisme suporter Indonesia.

Bagi pecinta sepak bola Tanah Air, nama Fabio Lopez sejatinya sudah cukup familiar didengar terutama buat fans PSMS Medan dan Borneo FC yang sempat merasakan service tangan dinginnya.

Baca Juga

Sebagai informasi, Fabio Lopez merupakan juru latih kelahiran Italia yang punya rekam jejak cukup mentereng di kompetisi Eropa.

Selain memiliki lisensi kepelatihan UEFA Pro, pria kelahiran Roma 1973 ini juga sempat dipercaya sebagai pelatih kiper tim junior AS Roma pada musim 1996/97 hingga 2000/01.

Tiga musim menjadi pelatih kiper, Fabio Lopez mendapat tantangan baru bersama AS Roma yakni sebagai manajer utama AS Roma junior dari musim 2000/01 sampai 2003/04.

Baca Juga

Cukup gemilang di klub asal kota kelahirannya, Fabio Lopez sempat bekerja dengan dua tim besar Liga Italia yakni Fiorentina serta Atalanta sebagai talent scout.

Di tahun 2007, Fabio Lopez akhirnya resmi menekuni dunia kepelatihan dan mulai menjelajah ke berbagai negara untuk menukangi beberapa tim.

Saat masih di benua Eropa, Fabio Lopez pernah melatih kasta teratas Liga Lithuania bersama FK Banga Gargzdai pada tahun 2007 dan FK Siauliai setahun berselang.

Baca Juga

Malang melintang di Eropa, Fabio Lopez mencoba peruntungan di benua Asia dan berhasil membesut sejumlah tim mulai dari Sabah FA (Malaysia), B.G Sports Club (Maladewa), Al-Orouba SC (Oman) serta dua tim asal Indonesia yakni PSMS Medan dan Borneo FC.

Menariknya, dari sekian banyak klub dan negara yang pernah ia datangi untuk dilatih, Indonesia jadi salah satu tempat yang mampu membuatnya takjub hingga jatuh hati.


1. Fans Indonesia Bikin Jatuh Cinta

Fabio Lopez pelatih Borneo FC dalam jumpa pers

Salah satu penyebabnya adalah fanatisme para suporter Indonesia yang selalu tampil all out dan memenuhi stadion untuk mendukung tim kesayangannya.

Diakui Fabio Lopez, bahwa suporter Indonesia merupakan salah satu yang terbaik sepanjang karier kepelatihannya, bahkan mungkin paling atraktif di dunia.

Baca Juga

“Negara ini (Indonesia) memiliki potensi sepakbola yang sangat besar, seperti yang selalu saya katakan,” ucap Fabio Lopez kepada INDOSPORT.

“Selain potensi, aku pikir penggemar sepak bola di Indonesia merupakan yang terbaik di dunia. Hampir seluruh orang disni menyukai sepak bola,” tambahnya.

Walau hanya sebentar berkarier di Liga Indonesia, namun fanatisme serta ketatnya persaingan membuat Fabio Lopez jatuh hati terutama saat masih menukangi PSMS Medan.

Baca Juga

Fabio Lopez mengakui, pengalaman melatih laskar Ayam Kinantan sangatlah luar biasa.

Meski gagal membantu timnya lolos dari degradasi, namun dukungan fans yang selalu memenuhi stadion membuatnya sulit untuk melupakan Indonesia.

“Medan adalah pengalaman yang luar biasa. Waktu itu di indonesia ada dua liga, tim sedang berjuang untuk tidak terdegradasi saat itu,”

Baca Juga

“Saya dan staf berhasil melakukannya, tetapi klub mendapat hukuman dari federasi dan mereka memotong 3 poin sehingga tim terdegradasi,”

“Itu kondisi yang sangat sulit, tetapi tetap jadi kenangan indah. Saya ingat memiliki Julio Alcorse sebagai striker dan kami masih berhubungan sampai sekarang. Dia adalah pria yang hebat,”

“Stadion selalu penuh di Medan, sebuah momen emosi yang luar biasa,” tutupnya,


2. Masih Menganggur

Fabio Lopez pelatih Borneo FC dalam jumpa pers

Saat ini, Fabio Lopez masih belum mendapat klub baru usai kontraknya bersama tim asal Vietnam, Thanh Hoa FC, tidak diperpanjang sejak 2020 silam.

Apesnya, setelah berpisah dengan Thanh Hoa FC sang pelatih malah tidak mendapatkan kompensasi. Hal tersebut membuatnya kecewa dan melayangkan gugatan ke FIFA.

Baca Juga

Dilansir dari laman SILA International Lawyers, disebutkan bahwa Fabio Lopez berhasil memenangkan gugatan dan membuat pihak Thanh Hoa FC mendapatkan sanksi dari FIFA.

"Komite Status Pemain FIFA memutuskan untuk mendukung pelatih Italia Salvatore Orofino dan Fabio Lopez dalam perselisihan pekerjaan mereka dengan Thanh Hoa Football Club (Vietnam)," tulis SILA International Lawyers.

"FIFA mengutuk klub untuk membayar kepada pelatih remunerasi yang luar biasa dan kompensasi atas pelanggaran kontrak. Sanggahan klub ditolak," imbuhnya.

AS RomaLiga IndonesiaprofilFabio LopezBola Indonesia

Berita Terkini