x

4 Pemain yang Bisa Jadi Korban Kedatangan Erling Haaland di Manchester City

Selasa, 10 Mei 2022 15:31 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Manchester City, Jack Grealish dan Raheem Sterling Usai Cetak Gol di Piala FA

INDOSPORT.COM - Kedatangan Erling Haaland ke Manchester City kemungkinan akan mengorbankan empat pemain di sektor penyerang. Siapa saja?

Teka-teki masa depan Erling Haaland di Borussia Dortmund tidak lama lagi akan segera berakhir. Penyerang asal Norwegia itu dikabarkan sudah sepakat untuk meninggalkan Signal Iduna Park musim panas nanti.

Baca Juga

Sempat diperebutkan banyak klub top Eropa, Manchester City keluar sebagai pemenangnya. The Citizens kabarnya sudah sepakat secara pribadi dengan Erling Haaland, dan bersedia menebusnya dengan mahar 75 juta euro atau Rp1,1 triliun.

Rumor itu sudah dikonfirmasi oleh pakar bursa transfer asal Italia, Fabrizio Romano dan juga salah satu media ternama Inggris, The Athletic.

Dalam klausul itu sendiri ada syarat bahwa nilai 75 juta euro untuk Erling Haaland harus dibayarkan sekaligus, alias tanpa mencicil sebagaimana yang lazim terjadi dalam transfer pesepakbola pada saat ini.

Baca Juga

"Erling Haaland ke Manchester City, here we go! Haaland telah melewati tes medis sebagai pemain baru Man City hari ini, dia kembali ke Dortmumd. Akan DIRESMIKAN pekan ini," tulis di akun Twitternya.

"Man City memberitahu direksi BVB bahwa mereka bakal mengaktifkan klausul rilis (lebih mendekati 60 juta euro ketimbang 75 juta euro) dalam waktu beberapa jam."

Kabar terbaru terkait transfer Erling Haaland sudah memasuki babak baru, yakni sang pemain disebut sudah menjalani tes medis di sebuah rumah sakit di Belgia, bernama RS Erasmus, Brussel, Belgia, Senin (04/05/11).

Baca Juga

Erling Haaland dikontrak hingga Juni 2027. Bomber berusia 21 tahun itu diperkirakan mengantongi gaji senilai £375.000 alias yang tertinggi kedua setelah Kevin De Bruyne.

Bersama Dortmund, Haaland menjelma sebagai salah satu striker terproduktif di dunia dengan sumbangan 85 gol dalam 88 penampilan selama dua setengah tahun bareng Die Borussen.

Akhir pekan ini, ujung tombak asal Norwegia itu bakal berpamitan dengan fans saat Dortmund menjamu Hertha Berlin pada laga penutup musim Bundesliga di Signal Iduna Park.


1. Gabriel Jesus

Selebrasi gol Gabriel Jesus di laga Burnely vs Manchester City.

Saat ini Manchester City tidak mempunyai penyerang murni yang bertugas hanya di depan gawang untuk mencetak gol, setelah ditinggal oleh Sergio Aguero.

Penyerang yang ada saat ini kebanyakan bertipikal deep lying forwar maupun false nine, yang dari posisi sebagai penyerang sayap diplot menjadi penyerang tengah.

Baca Juga

Gabriel Jesus adalah salah satunya. Pemain asal Brasil itu belakangan diminta oleh pelatih Pep Guardiola untuk menjadi penyerang utama di lini depan, menggantikan Sergio Aguero.

Keputusan itu tidak membuahkan hasil yang bagusm karena sang pemain hanya mampu mencetak 8 gol dan 9 assist dari 26 laga Liga Inggris musim ini.

Maka dari itu Manchester City membutuhkan pemain bernaluri sebagai penyerang murni atau target man. Jika Erling Haaland tiba, maka posisi Gabriel Jesus jelas terancam.

Baca Juga

Kontrak pemain asal Brasil itu akan berakhir pada musim panas 2023, tetapi rumor kepergiannya semakin menguat pasca kehadiran Erling Haaland.

Raheem Sterling

Raheem Sterling menunjukan penampilan yang konsisten dalam beberapa musim terakhir bersama Manchester City.

Di bawah asuhan Pep Guardiola, dirinya sudah membuat 290 laga, mencetak 119 gol dan 83 assist di semua ajang sejak bergabung pada 2015 lalu.

Kontrak Raheem Sterling sendiri hanya tinggal menyisakan satu musim lagi atau tahun 2023. Namun belum ada tanda-tanda pihak klub akan memperpanjang kontraknya.

Baca Juga

Rumor minatnya hengkang untuk Sterling dari Etihad Stadium, tengah berhembus kencang usai dirinya secara perlahan mulai kalah saing dengan Jack Grealish.

Serta Guardiola juga sedang fokus dalam datangkan pemain Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Menanggapi masalah masa depannya, dirinya justru belum mau membicarakannya secara jelas, setelah lebih memprioritaskan klub yang sedang berjuang dalam meraih gelar juara Liga Champions dan Liga Inggris.

"Saat ini, saya hanya merasa bahagia bisa bermain dan berkontribusi untuk tim. Itu adalah hal yang paling penting," ujar Sterling dari Evening Standard Football.


2. Phil Foden

Aksi Phil Foden di laga Manchester City vs Atletico Madrid pada leg pertama perempatfinal Liga Champions, Rabu (06/04/22) dini hari WIB. Foto: Reuters/Lee Smith

Kehadiran Erling Haaland sejatinya akan mengembalikan posisi sejumlah pemain Manchester City ke tempat semula. Yang paling jelas adalah Phil Foden.

Meski sudah nyaman dengan perannya sebagai striker, ia agaknya harus merelakan peran tersebut jatuh ke Erling Haaland jika sang pemain benar-benar datang.

Baca Juga

Sejauh ini, Phil Foden berhasil melakukan tugas yang diamanatkan oleh Pep Guardiola di lini depan Manchester City.

Sepak terjangnya pun tidak jarang mendapat banyak pujian dari publik maupun para pengamat sepak bola di seluruh dunia.

Kemunculan Erling Haaland mungkin akan menyingkirkan Phil Foden dari posisinya saat ini, namun di sisi lain bisa mengembalikan bintang Timnas Inggris tersebut ke lapangan tengah.

Baca Juga

Jack Grealish

Jack Grealish juga masuk dalam daftar korban kedatangan Erling Haaland di Manchester City. Tidak dibuang namun lebih sering menghiasi bangku cadangan.

Didatangkan dengan ekpektasi tinggi setelah tampil impresif bersama Aston Villa, Jack Grealish belum bisa memberikan performa terbaiknya di Manchester City sejauh ini.

Baca Juga

Bergabung pada musim panas 2021 lalu, dirinya baru dimainkan sebanyak 24 pertandingan di Liga Inggris dan mencetak 2 gol serta 3 assist musim ini. 

Sebuah statistik yang belum memuaskan bagi pelatih Pep Guardiola mengingat harganya yang membuat dia jadi pemain termahal di Manchester City.

Raheem SterlingManchester CityJack GrealishGabriel JesusLiga InggrisTRIVIAPhil FodenErling HalandFabrizio Romano

Berita Terkini