x

Lakukan Hal Ekstrem Saat Ditahan Kamboja, Malaysia Hindari Indonesia di Semifinal SEA Games

Selasa, 17 Mei 2022 05:58 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Malaysia terhindar dari Indonesia di semifinal sepak bola SEA Games 2021 setelah cadangkan 8 starter dan bermain imbang 2-2 dengan Kamboja di laga terakhir Grup B.

INDOSPORT.COM – Malaysia terhindar dari Indonesia di semifinal sepak bola SEA Games 2021 setelah cadangkan 8 starter dan bermain imbang 2-2 dengan Kamboja di laga terakhir Grup B.

Cabang olahraga sepak bola di SEA Games 2021 Hanoi baru saja merampungkan fase grup baik Grup A dan Grup B.

Baca Juga

Grup A lebih dulu berakhir pada Minggu (15/05/22) dengan digelarnya 2 pertandingan penutup yakni Indonesia vs Myanmar dan Timor Leste vs Vietnam.

Di laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 yang dilatih Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Myanmar dengan skort cukup telak 3-1.

Ketiga gol skuat Garuda Muda dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan yang seluruhnya dicetak di babak pertama.

Baca Juga

Sementara itu, Vietnam yang bertanding beberapa jam kemudian juga meraih kemenangan, dengan memukul Timor Leste 2-0 lewat gol Nguyen Van Tung dan Ho Thanh Minh.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam sama-sama lolos ke semifinal. Vietnam lolos sebagai juara grup A dengan 10 poin dari 4 laga, sedangkan Indonesia menjadi runner up dengan tertinggal 1 poin.

Di semifinal, Vietnam akan bertemu runner up Grup B sedangkan Indonesia bertemu juara Grup B.

Baca Juga

Di sisi lain, ketika pertandingan Grup A sudah berakhir, laga terakhir Grup B baru digelar sehari kemudian sehingga lawan yang dihadapi belum diketahui.

Meski demikian ketika itu Malaysia untuk sementara berada di posisi puncak, diikuti oleh Thailand di posisi kedua.


1. Perubahan Drastis di Line Up

Timnas Malaysia

Laga terakhir Grup B di cabor sepak bola SEA Games sendiri baru digelar pada Senin (16/06/22) sore, di mana Malaysia bertemu Kamboja sedangkan Thailand menghadapi Laos.

Turun lebih awal pada sore hari, Malaysia yang ketika itu berada di puncak klasemen Grup B pada akhirnya hanya bisa bermain imbang 2-2.

Baca Juga

Akibatnya, mereka pun terancam turun ke posisi kedua jika Thailand mengalahkan Laos. Hal tersebut pun akhirnya terjadi setelah beberapa jam kemudian Thailand menutup laga melawan Laos dengan kemenangan tipis 1-0.

Akibatnya, Thailand pun finis sebagai pemuncak Grup B dengan total 9 poin dari 4 pertandingan. Sementara itu, Malaysia sendiri finis sebagai peringkat kedua dengan 8 poin. Dengan komposisi ini, maka Thailand akan bertemu Indonesia di semifinal, sedangkan Malaysia bertemu Vietnam.

Malaysia sendiri sejatinya digadang finis sebagai juara grup B dan dengan demikian akan bertemu Indonesia. Pasalnya, sebelum menghadapi Kamboja mereka mencatatkan rekor tak terkalahkan di fase grup dengan 2 kemenangan dan 1 seri.

Baca Juga

Di sisi lain, Kamboja sendiri sebelum bertemu Malaysia sudah menelan 2 kekalahan dan hanya 1 kali meraih kemenangan.

Namun, saat berjumpa Kamboja, Malaysia membuat kejutan dengan melakukan perubahan besar di starting line upnya, di mana pelatih Brad Maloney memarkir 8 starter yang tampil di laga sebelumnya melawan Singapura termasuk Mukhairi Ajmal Mahadi dan Luqman Hakim Shamsudin

Perubahan drastis itu pun membuat skuat Malaysia tampil tak maksimal. Terbukti dari 18 tembakan yang dilakukan, mereka hanya bisa mencetak 2 gol.

Baca Juga

Malaysia bahkan dua kali tertinggal lebih dulu, salah satunya lewat gol penalti setelah salah satu pemain mereka handsball di kotak terlarang.

Tim asuhan Brad Maloney itu pun baru bisa menyamakan skor 2-2 setelah Luqman Hakim yang masuk sebagai pemain pengganti memberikan assist untuk Hadi Fayyadh.

 

2. Jadwal Semifinal Sepak Bola SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

Kamis (19/5/2022)

Pukul 16.00 WIB Vietnam Vs Malaysia

Pukul 19.00 WIB Thailand Vs Indonesia

MalaysiaKambojaTimnas Indonesia U-23Timnas Malaysia U-23Timnas U-23 KambojaTimnas IndonesiaTimnas MalaysiaBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021One Football

Berita Terkini