x

Deretan Fakta Menarik Usai Eintracht Frankfurt Jadi Juara Liga Europa: Samai 2 Rekor Apik Chelsea!

Kamis, 19 Mei 2022 09:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut deretan fakta menarik yang tercipta usai Eintracht Frankfurt mengalahkan Rangers FC dan berhak menyabet gelar juara Liga Europa 2021/22.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan fakta menarik yang tercipta usai Eintracht Frankfurt mengalahkan Rangers FC dan berhak menyabet gelar juara Liga Europa 2021/22.

Eintracht Frankfurt ditahbiskan sebagai juara baru Liga Europa 2021/22 usai mengandaskan perlawanan Rangers FC lewat drama adu penalti, Kamis (19/05/22).

Baca Juga

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan itu, kedua tim bermain sama kuat dan laga pun berjalan cukup ketat.

Rangers FC bahkan mampu unggul terlebih dulu di laga ini lewat penyerangnya Joe Aribo di menit ke-57. Hanya saja, keunggulan ini tak bertahan lama.

12 menit berselang, Frankfurt mampu menyamakan kedudukan lewat penyerangnya, Rafael Borre memanfaatkan assist dari Filip Kostic.

Baca Juga

Skor 1-1 itu pun bertahan hingga waktu normal berakhir, sehingga laga dilanjutkan ke babak Extra Time di mana kedua tim tak mampu mencetak gol dan laga berlanjut ke drama adu penalti.

Di babak tos-tosan ini, Rangers FC harus rela penendang keempatnya yakni Aaron Ramsey, gagal menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor.

Di sisi lain, lima penendang Frankfurt yang diakhiri Rafael Borre, berhasil menuntaskan tugasnya sehingga Die Adler berhak keluar sebagai juara Liga Europa musim ini.

Baca Juga

Keberhasilan Frankfurt ini sangat berkesan bagi klub asal Jerman tersebut, yang akhirnya bisa kembali menggondol trofi Eropa sejak 1980 silam.

Keberhasilan ini makin berkesan bagi Frankfurt, apalagi jika melihat sederet fakta menarik yang lahir usai gelaran final Liga Europa 2021/22 kontra Rangers.


1. Fakta Menarik Pasca Frankfurt Jadi Juara Liga Europa

Eintrach Frankfurt jadi juara Liga Europa 2021/2022 usai Kalahkan Rangers di Adu Penalti (REUTERS/Susana Vera)

Tim Jerman Pertama yang Menang Liga Europa

Keberhasilan Eintracht Frankfurt menjuarai Liga Europa 2021/22 tak hanya memecahkan rekor klub sejak 1980 silam. Kemenangan ini juga membawa rekor lain.

Keberhasilan Frankfurt jadi juara Liga Europa membuat Die Adler menjadi klub Jerman pertama yang memenangi Liga Europa sejak format baru dibentuk pada 2009 silam.

Baca Juga

Pecah Telur di Adu Penalti

Keberhasilan Eintracht Frankfurt mengalahkan Rangers FC via drama adu penalti membuat Die Adler memecahkan rekor mereka sendiri.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub sejak berdiri pada 1899, Frankfurt berhasil memenangkan drama adu penalti di kompetisi Eropa.

Pecahkan Rekor Chelsea dan Villarreal

Hasil imbang 90 menit serta kemenangan di adu penalti kontra Rangers FC di final Liga Europa 2021/22 membuat Eintracht Frankfurt menyamai rekor Chelsea dan Villarreal.

Berkat hasil kontra Rangers FC di final Liga Europa itu, Frankfurt menjadi tim ketiga setelah Chelsea (2018/19) dan Villarreal (2020/21) yang mampu menjadi juara tanpa mengalami satu kekalahan pun.

Baca Juga

Menembus Liga Champions

Berkat keberhasilan menjuarai Liga Europa 2021/22, Eintracht Frankfurt dipastikan akan tampil di Liga Champions musim depan.

Siapa sangka, ini pertama kalinya Frankfurt tampil di Liga Champions format baru sejak 1992, dan untuk pertama kalinya tampil di pentas teratas antar klub di Eropa itu sejak 1960.


2. Fakta Final Liga Europa Lainnya

Eintrach Frankfurt jadi juara Liga Europa 2021/2022 usai Kalahkan Rangers di Adu Penalti (REUTERS/Susana Vera)

Bek Jadi Top Skor

Meski takluk dari Frankfurt di final, Rangers FC setidaknya masih bisa tersenyum melihat bek kanannya, James Tavernier menjadi top skor Liga Europa 2021/22.

Tavernier menjadi top skor Liga Europa 2021/22 berkat 7 golnya. Raihan itu membuatnya menyamai catatan Ronald Koeman yang pernah menjadi top skor Liga Champions 1993/94.

Baca Juga

Drama Adu Penalti secara Berturut-turut

Adu penalti yang dijalani Frankfurt dan Rangers FC menciptakan rekor tersendiri, di mana untuk pertama kalinya final Liga Europa ditentukan dengan adu tos-tosan dua kali berturut-turut.

Sebelum Frankfurt vs Rangers FC, Liga Europa 2020/21 lebih dulu melahirkan pemenang lewat adu penalti di mana Villarreal mengalahkan Manchester United dengan skor penalti 11-10.

Pelatih Frankfurt Cetak Rekor

Pelatih Frankfurt, Oliver Glasner, juga kecipratan rekor pasca membawa timnya meraih juara Liga Europa 2021/22 dengan mengalahkan Rangers FC.

Berkat keberhasilan itu, Oliver Glasner menjadi pelatih Austria pertama yang menjuarai kompetisi Eropa sejak Ernst Happel menjuarai Liga Champions pada 1983 silam.

Baca Juga

Frankfurt Samai Rekor Chelsea

Usai menyamai rekor Chelsea (dan Villarreal) dengan status tak terkalahkan di Liga Europa, Die Adler pun juga menyamai rekor The Blues lainnya.

Frankfurt menyamai rekor Chelsea sebagai tim yang selalu mencetak gol di 13 laga Liga Europa hingga akhirnya keluar sebagai juara.

ChelseaLiga EuropaVillarrealAaron RamseyEintracht FrankfurtRangers F.C.Sepak Bola

Berita Terkini