x

SEA Games 2021: Pelatih Thai League Bongkar Trik Jitu Agar Timnas Bisa Kalahkan Thailand

Kamis, 19 Mei 2022 14:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Thai League ikut berkomentar dan berikan wejangan jelang partai semifinal sepak bola putra SEA Games 2022 antara Timnas Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COM – Salah satu pelatih Thai League ikut berkomentar bahkan berikan wejangan jelang partai sengit babak semifinal sepak bola putra SEA Games 2021 antara Timnas Indonesia vs Thailand pada Kamis (19/05/22) sore WIB.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 sukses memastikan tiket ke semifinal SEA Games 2021 setelah menggilas Myanmar dengan skor 3-1 di laga terakhir Grup A, Minggu (15/05/2022) lalu.

Baca Juga

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-23 finis di posisi runner up, karena Vietnam juga mampu menang 2-0 atas Timor Leste di laga terakhir penyisihan grup.

Perjuangan pasukan Shin Tae-yong untuk lolos ke semifinal SEA Game 2021 tidaklah berjalan mulus.

Egy Maulana Vikri dkk sempat dihujat oleh fans tanah air lantaran menjadi bulan-bulanan Vietnam dengan skor 0-3 di laga perdana Grup A.

Baca Juga

Namun setelah itu, mereka mampu membuktikan kualitas dengan menyapu bersih tiga laga sisa dengan skor cukup mencolok.

Witan Sulaeman dkk sukses membawa Timnas Indonesia menggilas Timor Leste (4-1), Filipina (4-0) dan Myanmar (3-1).

Sementara itu, Thailand juga bernasib apes saat laga perdana Grup B. Mereka harus menanggung malu karena kalah 1-2 dari Malaysia.

Baca Juga

Akan tetapi, pasukan Alexandre Polking akhirnya mampu bangkit dengan menyapu bersih tiga laga sisa dengan kemenangan. Mereka juga sukses lolos ke semifinal dengan berstatus sebagai juara Grup A.

Jelang laga sengit sekaligus penentuan di SEA Games 2021 kali ini, Timnas Indonesia mendapat sedikit wejangan serta rahasia untuk bisa mengalahkan Thailand.


1. Pelatih Liga Thailand Soroti Semifinal SEA Games 2021

Wanderley Machado Da Silva Junior saat membawa tim Phrae United lolos Liga 2 Thailand

Adalah Wanderley Junior, pelatih asal Brasil tersebut memang beberapa kali kerap memantau pertandingan Timnas Indonesia dan berikan opini terkait performa skuat Garuda.

Untuk laga menghadapi Thailand di semifinal SEA Games 2021 nanti, Wanderley Junior memberikan nasihat kepada skuat Garuda Muda untuk tampil disiplin serta dengan motivasi tinggi.

Baca Juga

Menurutnya, kunci kemenangan Timnas Indonesia terletak pada komunikasi serta konsentrasi antar pemain yang harus terjaga selama 90 menit.

“Tanggapan saya selalu sama seperti biasa. Timnas Indonesia harus main untuk raih kemenangan,” ucap Wanderley kepada INDOSPRT.

“Tapi tim juga harus bermain dengan disiplin, motivasi, komunikasi serta konsentrasi yang tinggi. Bermain sebagai tim tanpa ego masing-masing,” tambahnya.

Baca Juga

Duel Timnas Indonesia U-23 kontra Thailand U-23 kali ini juga jadi ajang balas dendam Shin Tae-yong terhadap pelatih Alexandre Polking.

Pasalnya, sang juru latih asal Brasil ini sempat mengalahkan Shin Tae-yong dalam babak final Piala AFF 2020, hingga akhirnya membuat Timnas Indonesia kembali gagal menjadi juara.

Sejarah mencatat, bahwa Timnas Indonesia U-23 baru tiga kali menang atas Thailand di SEA Games, yakni pada tahun 1991, 2011, dan 2019.

Baca Juga

Berbanding terbalik dengan Thailand yang mampu 17 kali menang saat bertemu dengan Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games sepanjang sejarah.

Meski secara statistik pertemuan Timnas Indonesia kalah jauh dari Thailand, namun Wanderley tetap yakin jika skuat Merah Putih bisa amankan tiket ke final SEA Games kali ini.

Pelatih yang mampu Lamphun Warriors juara Thai League 2 musim ini tersebut, bahkan berani membongkar celah Timnas Thailand yang bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia.


2. Celah Timnas Thailand

Mantan Pelatih Perseru Serui, Wanderley Junior bersama Arthur Bonai saat konferensi pers.

Menurut Wanderley Junior, hampir seluruh tim di kawasan ASEAN termasuk juga Thailand, mempunyai kecenderungan hilang konsentrasi terutama pemain muda.

Berkaca dari pertandingan perdana penyisihan grup SEA Games 2021, Thailand memang sempat kecolongan bahkan telan kekalahan atas Malaysia meski unggul lebih dulu.

Baca Juga

Kehilangan pemain di babak pertama, membuat permainan Thailand jadi kurang agresif di paruh kedua hingga akhirnya terkena comeback oleh skuat Negeri Jiran.

“Mungkin bukan kelemahan dari coach Mano (Timnas Thailand), tapi kelemahan secara umum dari pemain muda Asean di mana mereka kadang-kadang sering hilang konsentrasi di moment kunci,”

“Seperti saat situasi bola mati, atau lupa kembali posisi saat tim sedang diserang, dan juga komunikasinya dengan pemain lain,”

“Jika Timnas Indonesia bisa memaksimalkan beberapa momen itu, mungkin mereka bisa ambil kesempatan untuk bikin gol,” tutup Wanderley.

Andai berhasil mengalahkan Thailand sore nanti, maka Timnas Indonesia akan tampil di final dan menanti lawan antara Vietnam kontra Malaysia yang juga tanding di semifinal SEA Games 2021 hari ini.

SEA GamesThailandTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalWanderley Santos Monteiro JuniorBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini

Berita Terpopuler