x

10 Kiper Terbaik di Liga Inggris 2021-2022, Alisson bak Tembok Kokoh!

Jumat, 20 Mei 2022 22:17 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut 10 kiper terbaik di Liga Inggris 2021/22 di mana kiper Liverpool, Alisson Becker, menjadi yang terbaik dan menempati posisi pertama.

INDOSPORT.COM – Berikut 10 kiper terbaik di Liga Inggris 2021/22 di mana kiper Liverpool, Alisson Becker, menjadi yang terbaik dan menempati posisi pertama.

Liga Inggris 2021/22 memasuki pekan terakhir, di mana setiap tim hanya menyisakan satu atau dua pertandingan tersisa di musim ini.

Baca Juga

Menjelang berakhirnya Liga Inggris musim 2021/22, fokus penikmat ajang ini sepenuhnya diberikan kepada perebutan gelar juara antara Manchester City dan Liverpool.

Kepastian gelar juara akan ditentukan di pekan terakhir atau pekan ke-38, setelah Liverpool mengantongi tiga poin dalam lawatannya ke markas Southampton, Rabu (18/05/22).

Berkat kemenangan 2-1 atas Southampton itu, kini Liverpool hanya berjarak satu poin saja dengan Man City yang duduk di puncak klasemen.

Baca Juga

Dengan kata lain, perebutan gelar juara pun akan ditentukan di pekan ke-38 saat kedua Man City dan Liverpool menjamu lawan-lawannya di markas masing-masing.

Di pekan terakhir, Man City akan menjamu Aston Villa. Sedangkan Liverpool akan menjamu Wolverhampton Wanderers.

Nyatanya, pekan terakhir tak hanya memperebutkan gelar juara saja, melainkan status penjaga gawang terbaik antara Ederson dari Man City dan Alisson Becker dari Liverpool yang memegang 20 Clean Sheet.

Baca Juga

Jika melihat Clean Sheet, maka bisa dibilang dua kiper asal Brasil ini yang terbaik. Namun bagaimana jika melihat dari statistik individu kiper itu sendiri? Siapakah yang terbaik?

Berikut 10 kiper terbaik di Liga Inggris 2021/22 berdasarkan statistik individu yang dimiliki.


1. Kiper Terbaik di Liga Inggris Musim Ini

David De Gea, kiper Manchester United.

10. Robert Sanchez (Brighton)

Kiper Brighton, Robert Sanchez mulai mendapat sorotan usai menunjukkan kemampuannya sepanjang musim ini. Catatan individunya bahkan membuatnya masuk 10 kiper terbaik Liga Inggris musim ini.

Hingga artikel ini dibuat, kiper asal Spanyol ini telah melakukan 100 penyelamatan dan hanya kebobolan 41 gol dari total 41,05 Expected Goals (xG) yang ia hadapi, dengan catatan 14 Clean Sheets.

9. David Raya (Brentford)

Kiper asal Spanyol lainnya yang masuk daftar 10 kiper terbaik Liga Inggris musim ini adalah David Raya, dari klub Brentford.

Ia baru tampil 23 laga saja dan kebobolan 25 gol dari 24,52 Expected Goals (xG) yang ia hadapi. Hebatnya, ia mampu mencetak 8 Clean Sheets atau rata-rata 1 Clean Sheets dari 2,88 pertandingan.

Baca Juga

8. Lukasz Fabianski (West Ham)

Lukasz Fabianski menunjukkan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di Liga Inggris musim ini. Ia dicap sebagai kiper yang andal menghentikan penalti, dengan tiga penyelamatan dari enam penalti musim ini.

Tak hanya karena kemampuannya menghentikan penalti, eks kiper Arsenal ini telah membuat 110 penyelamatan dan hanya kebobolan 47 gol dari 157 tembakan ke gawang yang ia hadapi.

7. David De Gea (Man United)

Meski timnya tengah hancur lebur musim ini, David De Gea tetap menunjukkan kelasnya sebagai salah satu kiper terbaik di Liga Inggris musim ini.

De Gea telah melakukan 126 penyelamatan di Liga Inggris musim ini, dan hanya kebobolan 56 gol dari 180 tembakan yang ia hadapi, di mana tiga gol di antaranya merupakan gol bunuh diri dari rekan-rekan setimnya.

Baca Juga

6. Edouard Mendy (Chelsea)

Kiper terbaik dunia 2021 versi FIFA ini nyatanya harus menerima berada di luar peringkat lima besar kiper terbaik Liga Inggris musim ini.

Edouard Mendy mampu mencetak 14 Clean Sheets dan kebobolan 30 gol dari 32 laga. Tapi jumlah itu berkat bek-bek Chelsea. Ia bahkan hanya mencetak 76 penyelamatan saja, di mana ia kebobolan 30 gol dari 26,83 Expected Goals (xG) yang ia hadapi, alias Underperformed.


2. Kiper Terbaik di Liga Inggris Musim Ini

Ederson dan Alisson Becker.

5. Aaron Ramsdale (Arsenal)

Kiper anyar milik Arsenal ini sempat tampil menggigit di awal-awal kepindahannya. Namun lambat laun performanya menurun drastis. Meski demikian, performanya tak buruk-buruk amat.

Hingga memasuki akhir musim, dirinya telah kebobolan 38 gol dari 37,59 Expected Goals (xG) dan membuat 70,08 persen penyelamatan.

4. Hugo Lloris (Tottenham Hotspur)

Kiper gaek sekaligus kapten Tottenham Hotspur, Hugo Lloris, masuk dalam lima besar kiper terbaik Liga Inggris musim ini.

Ia telah mencetak 15 Clean Sheets musim ini, di mana ia telah melakukan 98 penyelamatan dengan persentase kesuksesan sebesar 71,01 persen dan kebobolan 40 gol.

Baca Juga

3. Ederson (Man City)

Meski saat ini Ederson memegang status kiper dengan Clean Sheet terbanyak bersama Alisson, nyatanya secara individu dirinya hanyalah kiper ketiga terbaik di Liga Inggris musim ini.

Ia baru kebobolan 24 gol dari 25,08 Expected Goals (xG) yang ia hadapi alias Overperformed, dan hanya membuat 60 penyelamatan dengan persentase sebesar 70,37 persen.

2. Jose Sa (Wolves)

Kiper terbaik kedua di Liga Inggris musim ini dipegang oleh Jose Sa dari Wolverhampton Wanderers. Prestasi ini tentu jadi catatan apik baginya yang baru bergabung di musim panas 2021 dari klub Yunani.

Ia hanya kebobolan 39 gol dari 46,77 Expected Goals (xG) yang ia hadapi alias Overperformed. Berkatnya, Wolves bisa bersaing di 10 besar kendati timnya merupakan salah satu tim dengan jumlah gol paling sedikit di liga.

Baca Juga

1. Alisson Becker (Liverpool)

Status kiper terbaik Liga Inggris musim ini berdasarkan statistik individu yang dimilikinya adalah Alisson Becker dari Liverpool.

Alisson telah mencetak 20 Clean Sheets, sama dengan Ederson. Ia hanya kebobolan 23 gol dari 23 Expected Goals (xG) yang dihadapi, dengan 75,79 persentase penyelamatan.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityTottenham HotspurDavid de GeaHugo LlorisIn Depth SportsLiga InggrisEdersonAlisson BeckerSepak BolaEdouard MendyAaron Ramsdale

Berita Terkini