x

Rekap Semifinal Sepak Bola SEA Games 2021: Dibekap Thailand, Indonesia Berebut Perunggu vs Malaysia

Jumat, 20 Mei 2022 01:57 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut rekap semifinal sepak bola SEA Games 2021 di mana Timnas Indonesia U-23 gagal ke final dan bakal berebut perunggu dengan musuh bebuyutan. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Berikut rekap semifinal sepak bola SEA Games 2021 di mana Timnas Indonesia U-23 gagal ke final dan bakal berebut perunggu dengan musuh bebuyutan.

Cabang sepak bola putra di SEA Games 2021 di Bangkok, Thailand, kini mulai mendekati akhir kompetisi, seiring dengan rampungnya babak semifinal, Kamis (19/05/22).

Baca Juga

Partai semifinal sendiri diikuti oleh 4 raksasa Asia Tenggara yakni Indonesia vs Thailand dan Vietnam vs Malaysia.

Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner up Grup A dan bertemu Thailand yang merupakan juara Grup B. Di sisi lain, juara Grup A yakni Vietnam bertemu dengan runner up grup B, Malaysia.

Di antara keduanya, laga Indonesia vs Thailand yang menjadi lebih dulu digelar, dengan kickoff pada pukul 16.00 WIB.

Baca Juga

Menghadapi laga ini, pelatih Shin Tae-yong memasang Rachmat Irianto di bek kanan seiring absennya Asnawi Mangkualam. Sementara itu di depan ia menjadikan Ifran Jauhari penyerang tunggal.

Timnas Indonesia U-23 sendiri tampil ngotot sejak awal laga. Namun, skuat Garuda Muda kesulitan menembus pertahanan Thailand.

Di sisi lain, gencarnya tekanan dari Rachmat Irianto dkk menyulitkan Thailand dalam mengembangkan permainan. Skor imbang 0-0 pun pada akhirnya bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga

Di babak kedua, giliran Thailand asuhan Mano Polking yang lebih mendominasi sehingga Timnas Indonesia U-23 tak bisa mengembangkan permainan.

Meski demikian, Thailand tetap tak mampu menembus pertahanan Indonesia dan skor 0-0 terus bertahan hingga laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu.


1. Kalah di Perpanjangan Waktu

Laga antara Timnas U-23 vs Thailand di laga SEA Game Vietnam 2021. Foto: PSSI

Di babak perpanjangan waktu, Indonesia membuka laga dengan lebih agresif. Namun, mereka justru kecolongan gol saat pertandingan memasuki  menit ke-94.

Timnas Indonesia yang berupaya mengakhiri puasa medali emas di sepak bola putra di SEA Games terus menggempur. Namun, upaya Irfan Jauhari dkk masih sulit menembus pertahanan Thailand.

Baca Juga

Sempat diwarnai keributan di menit-menit akhir laga yang berbuntu sejumlah pemain Indonesia dikartu merah, laga pun akhinya berakhir 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Hasil ini pun membuat Thailand lolos ke final sepak bola putra SEA Games 2021. Sementara itu Indonesia akan berebut medali perunggu.

Di laga berikutnya yang digelar pukul 19.00 WIB, tuan rumah Vietnam yang jadi juara Grup A bertemu Malaysia sang runner up Grup B.

Baca Juga

Sama seperti di semifinal antara Indonesia vs Thailand, laga antara Vietnam vs Malaysia juga berlangsung dengat ketat.

Di babak pertama, kedua tim bertukar serangan tapi tak ada gol yang tercipta sehingga 45 menit pertama berakhir 0-0.

Di babak kedua, situasi tak banyak berubah. Akibatnya, laga lagi-lagi berakhir 0-0 sehingga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Baca Juga

Sepuluh menit babak perpanjangan waktu berjalan, Vietnam akhirnya membuka skor lewat Nguyen Tien Linh yang menyambut tendangan bebas Do Hung Do.

Tak mau kalah begitu saja, Malaysia berusaha membalas di sisa waktu. Namun, hingga peluit panjang berbunyi tak ada gol tambahan yang tercipta. Thailand menang 1-0 dan lolos ke final SEA Games.

 

2. Rekap dan Jadwal Final

Laga antara Timnas U-23 vs Thailand di laga SEA Game Vietnam 2021. Foto: PSSI

Dengan hasil ini, Thailand akan bertemu Vietnam di partai puncak. Sementara itu Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan negara tetangga, Malaysia, di perebutan tempat ketiga.

Kedua laga itu sendiri akan digelar pada hari yang sama yakni Minggu (22/05/22). Perebutan perunggu di gelar sore hari, sedangkan partai puncak digelar pada malam hari.

Rekap hasil semifinal SEA Games 2021:

Indonesia 0-1 Thailand

Vietnam 1-0 Malaysia.

Jadwal perebutan tempat ketiga dan final:

Minggu 22 Mei 2022

16.00 WIB: Malaysia vs Indonesia (Tempat Ketiga)

19.00 WIB: Vietnam vs Thailand (Final)

MalaysiaThailandTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini