x

Bursa Transfer: Buru Wonderkid Asuhan Rooney, Tanda Man United Siap Jual Rashford?

Jumat, 27 Mei 2022 12:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Malcolm Ebiowei dari Derby County jadi talenta terbaru yang dihubungkan dengan Manchester United jelang dibukanya bursa transfer musim panas. Foto: Instagram@#malcolmebiowei

INDOSPORT.COM - Manchester United dikabarkan tengah terlibat dalam perburuan tanda tangan talenta muda asal Inggris, Malcolm Ebiowei, pada bursa transfer musim panas 2022 mendatang.

Usai tampil brilian bersama Derby County di Divisi Championship atau kasta kedua Liga Inggris, sang winger 18 tahun justru bisa direkrut secara cuma-cuma.

Baca Juga

Itu karena Ebiowei akan segera habis kontrak dengan Derby per 1 Juli nanti. Padahal ia baru datang ke Pride Park pada awal musim 2021/2022 lalu.

Ebiowei adalah salah satu pemain yang diikat Derby dengan kontrak pendek pada bursa transfer musim panas 2021 akibat masalah administrasi dan keuangan mereka.

Makanya meski dianggap punya talenta, rising star berdarah Inggris-Belanda tersebut tidak bisa ditahan oleh Derby terlalu lama.

Baca Juga

Pada awalnya Malcolm Ebiowei bermain untuk tim U-23 Derby County usai direkrut dari akademi Rangers FC namun kemudian peruntungannya berubah di pertengahan musim.

The Rams butuh suntikan tenaga ekstra untuk membantu manajer mereka, Wayne Rooney, memerangi degradasi dan mereka kemudian memanggil sang wonderkid ke tim utama.

Rooney pun memainkan Ebiowei sebanyak 16 kali, 15 sebagai starter, di paruh kedua Championship 2021/2022 dengan sumbangan 2 gol plus 1 assist.

Baca Juga

Meski pada akhirnya Derby tetap harus turun kasta akibat pengurangan 21 poin dari federasi, Rooney tetap puas dengan performa Ebiowei dan bahkan memujinya setinggi langit. 

"Kemampuan (Malcolm Ebiowei) sangat luar biasa. Ia pemain yang berani mencoba melewati pemain lawan meski resiko tekel dan tidak takut berbuat kesalahan," ungkap Wayne Rooney seperti yang dilansir Daily Mail.

"Aku rasa performanya melawan Coventry (City) adalah penampilan 90 menit terbaik yang pernah kulihat dari pemain muda. Sikapnya patut dipuji dan talentanya jelas menarik untuk diikuti," tandas top skor sekaligus legenda besar Manchester United itu lagi.


1. Bakal Ganti Klub?

Malcolm Ebiowei. Foto: Instagram@#malcolmebiowei

Malcolm Ebiowei hampir bisa dipastikan tidak akan memperpanjang masa baktinya bersama Derby County untuk musim 2022/2023.

Dengan talentanya, sepertinya jebolan akademi Arsenal itu juga bakal berpikil berkali-kali untuk menghabiskan semusim di League One yang merupakan kasta ketiga Liga Inggris dengan Derby.

Baca Juga

Opsi paling realistis saat ini untuknya adalah tetap bertahan di Championship atau bahkan naik menuju Premier League namun bersama tim yang bisa memberinya cukup menit bermain.

Manchester United jelas bukan tim kasta teratas Liga Inggris yang bisa memberinya jam terbang cukup namun menurut Daily Mail klub berjuluk Setan Merah itu serius ingin merekrut Malcolm Ebiowei.

Seorang pemain sayap dengan flair dan tekhnik tinggi plus kaki kiri dominan nan langka memang dibutuhkan di Old Trafford saat ini.

Baca Juga

Semenjak Ryan Giggs yang sudah pensiun di usia 40 tahun pada 2014 silam, belum ada winger kidal yang benar-benar paten di United.

Angel di Maria pernah dicoba namun bintang asal Argentina itu justru bermasalah dan hanya bertahan satu musim saja.

Pada musim 2021/2022 Marcus Rashford sempat dicoba dipasang di sisi kanan namun karena tidak punya kaki dominan kiri ia jadi tidak maksimal.

Baca Juga

Sang produk akademi kalah saing di sisi kiri karena kini sudah ada Jadon Sancho. Akhirnya isu jika Rashford akan dilepas Manchester United pun kencang beredar belakangan ini.

Manchester United sebaiknya bergegas jika tidak ingin kalah dalam perburuan Malcolm Ebiowei. Pasalnya di bursa transfer mendatang Tottenham Hotspur dan Newcastle United pun gosipnya juga setia memantau situasi.


2. Ten Hag Bisa Lihat Potensi Sukses Manchester United

Erik ten Hag, pelatih baru Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer

Erik ten Hag menyuarakan jika ia siap memulai revolusi demi mengembalikan Manchester United kepada kejayaan usai resmi bertugas sebagai manajer baru mereka.

Meski terlihat amburadul di masa kepelatihan sementara Ralf Rangnick, namun sang bos anyar percaya jika The Red Devils punya potensi untuk sukses bahkan sejak era manajerial Ole Gunnar Solskjaer.

Indikasi tersebut Ten Hag lihat dari sukses United menjadi runner-up Liga Inggris pada musim 2020/2021 lalu yang mana jadi musim penuh kedua mereka di bawah Solskjaer.

Di musim 2021/2022 yang baru saja berakhir, United kemudian diharapkan bisa menjadi penantang gelar yang lebih serius lagi dengan datangnya Cristiano Ronaldo, Jadon Sancho, dan Raphael Varane namun harapan tinggal harapan.

Penuruan drastis justru terlihat di mana-mana sehingga berujung pada pemecatan Ole Gunnar Solskjaer pada tengah musim.

Baca selengkapnya: Frustrasi pada Man United di Bawah Rangnick, Ten Hag Malah Puji Tim Era Solskjaer

Bursa TransferManchester UnitedWayne RooneyDerby CountyLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini