x

5 Klub yang Mampu Kalahkan Bayern Munchen di Bundesliga Jerman Musim Ini

Minggu, 29 Mei 2022 15:00 WIB
Editor: Juni Adi
Robert Lewandowski merayakan golnya di Laga Wolfburg vs Bayern Munchen (REUTERS/Fabian Bimmer)

INDOSPORT.COM - Dikenal sebagai tim perkasa karena mendominasi Bundesliga Jerman dalam beberapa musim, bukan berarti Bayern Munchen tak bisa dikalahkan. Lima klub ini membuktikannya musim ini.

Bayern Munchen sukses kembali menjadi raja di kompetisi domestik Bundesliga Jerman musim 2021/2022.

Kepastian itu didapat Die Roten usai mengalahkan Borussia Dortmund pada laga pekan ke-31, di Allianz Arena, Sabtu (23/04/22).

Baca Juga

Bayern Munchen mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 3-1. Gol-gol anak asuh Julian Nagelsmann dicetak oleh Serge Gnabry, Robert Lewandowski, dan Jamal Musiala.

Sementara gol balasan tim tamu dibuat oleh Emre Can dari titik putih. Tambahan tiga poin sudah cukup membawa Bayern Munchen meraih trofi Bundesliga musim ini.

Sebab perolehan poin Bayern Munchen tak bisa lagi dikejar oleh Borussia Dortmund. Mereka unggul 13 poin, dari tiga laga sisa yang tak mungkin diharapkan.

Baca Juga

Begitu laga melawan Dortmund usai, para pemain Bayern segera menggelar pesta di lapangan. Ini adalah momen juara yang tepat bagi Bayern. Mereka juara di depan pendukung sendiri dan mengalahkan sang rival abadi.

Gelar juara Bundesliga musim 2021/2022 sekaligus menegaskan dominasi Bayern di ajang Bundesliga. Sebab, ini adalah gelar juara ke-10 secara beruntun yang didapat The Bavarian.

Baca Juga

Dominasi Bayern dimulai pada musim 2012/2013. Bayern, dengan 10 gelar juara beruntun, memecahkan rekor baru di lima liga top Eropa.

Namun Bayern Munchen yang dikenal sebagai tim terkuat di Bundesliga dari musim ke musim, bukan berarti mereka tak bisa dikalahkan.

Musim ini mereka menelan lima kali pahitnya kekalahan. Berikut tim-tim yang menaklukannya:


1. Eintracht Frankfurt

Pelatih Eintracht Frankfurt Oliver Glasner mengangkat trofi dan merayakan dengan anggota tim setelah memenangkan Liga Europa REUTERS-Matthew Childs

Eintracht Frankfurt jadi tim pertama musim ini yang sukses memberikan kekalahan untuk Bayern Munchen di Bundesliga Jerman. 

Jawara Liga Europa musim ini itu menumbangkan Die Roten dengan skor 2-1 pada pekan ke-7 Bundesliga. Padahal pertandingan digelar di Allianz Arena, sebuah markas yang sulit bagi tim tamu meraih tiga poin.

Baca Juga

Hebatnya lagi, Frankfurt berhasil melakukan comeback pada laga tersebut setelah lebih dulu tertinggal 0-1. 

Meski kalah, hasil tersebut tak menggoyahkan posisi Bayern yang saat itu sudah di puncak klasemen Bundesliga. 

FC Augsburg

Pada pekan ke-12 pencinta sepak bola Bundesliga Jerman kembali dikejutkan dengan kekalahan Bayern Munchen. Adalah FC Augsburg yang kini menjadi malaikat mautnya.

Baca Juga

Bayern Munchen dikalahkan dengan skor 2-1 saat bertandang ke markas FC Augsburg. Hebatnya tuan rumah sempat unggul lebih dahulu sebanyak dua kali.

Selain itu, sebelum laga tersebut, Bayern juga belum pernah kalah dari Augsburg sejak 2005. Namun, FC Augsburg berhasil mematahkan rekor buruk tersebut.

Borussia Monchengladbach

Selanjutnya ada Borussia Monchengladbach, sebagai salah satu tim yang ikut pernah menumbangkan Bayern Munchen di Bundesliga musim ini.

Bayern Munchen dikalahkan Borussia Monchengladbach dengan skor 2-1 di Allianz Arena. Di pertemuan pertama, kedua tim bermain imbang 1-1.

Bayern Munchen juga sempat bertemu lagi dengan Borussia Monchengladbach di ajang DFB Pokal. Die Roten kalah dengan skor telak 0-5 di putaran kedua DFB Pokal.

Dengan demikian, Monchengladbach kembali terbukti sebagai klub yang kerap menyulitkan Bayern Munchen.

Dalam sepuluh pertemuan terakhir di semua ajang, Monchengladbach menang enam kali atas Bayern dan hanya kalah tiga kali.


2. VfL Bochum

Robert Lewandowski mencetak gol di laga VfL Bochum vs Bayern Munchen (12/02/22). (Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Kekalahan keempat Bayern Munchen terjadi di Bundesliga musim ini pada pekan ke-22. Saat itu Bayern Munchen terjadwal ke markas VfL dengan keadaan kosong.

Dier Roten kalah dengan skor 4-2. Bayern bahkan sudah kebobolan empat gol dalam 45 menit pertama.

Baca Juga

Padahal, Bochum adalah klub yang baru saja promosi ke Bundesliga musim ini. Penampilan Bochum sendiri secara umum memang mengejutkan karena mereka sanggup bertengger di papan tengah hingga menjelang akhir musim ini.

Mainz 05

Mainz 05 menggenapi lima klub yang mengalahkan Bayern Munchen di Bundesliga 2021/2022 berkat kemenangan pada pekan ke-32. Bertandang ke markas Mainz, Bayern yang sudah memastikan gelar juara menurunkan sejumlah pelapis. 

Baca Juga

Namun, mereka juga memasang sejumlah pemain inti, seperti Serge Gnabry, Joshua Kimmich, dan Robert Lewandowski.

Hasilnya, Mainz sukses mencuri poin penuh dari sang juara dengan skor 3-1. Beruntung, kekalahan itu tak berpengaruh apa-apa terhadap trofi yang sudah diraih Bayern.

Namun, pelatih Julian Nagelsmann tetap menyayangkan fakta bahwa Bayern Munchen bermain tanpa gairah setelah memastikan gelar juara Liga Jerman.

Bundesliga JermanBayern MunchenEintracht FrankfurtBorussia MonchengladbachMainz 05Liga JermanTRIVIABerita Liga JermanOne Football

Berita Terkini