x

Profil Kodai Iida, Pemain Asing Pertama RANS Nusantara FC untuk Liga 1 2022-2023

Rabu, 1 Juni 2022 15:12 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain asing pertama RANS Nusantara FC, Kodai Iida. Foto: Instagram@rans.cilegonfc.official

INDOSPORT.COM - Berikut profil Kodai Iida yang menjadi pemain asing pertama RANS Nusantara FC untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2022-2023 mendatang.

Kabar resminya Kodai Iida berseragam Rans Nusantara FC diumumkan melalui akun Instagram klub milik Raffi Ahmad itu pada Rabu (31/05/22) malam WIB.

Baca Juga

Mereka juga terlihat mengunggah video mengenai aksi gol-gol indah yang pernah dicetak sang gelandang. Bila melihat dari video tersebut, Kodai Iida merupakan gelandang serang energik dan ahli dalam tembakan dari luar kotak penalti.

"Resmi. Please welcome, pemain asing kita asal Jepang @kodai_iida10969," tulis akun Instagram resmi Rans Nusantara FC.

Baca Juga

"Gelandang 27 tahun ini sebelumnya bermain di USL, Amerika Serikat bersama Oklahoma Energy City FC," imbuh mereka.

"Memiliki kecepatan di atas rata-rata serta penguasaan bola yang baik, jadi modal Kodai untuk menjalani ketatnya persaingan di Liga 1 musim ini. Ganbatte Kodai!," imbuhnya.

Baca Juga

Ini menjadi pertama kalinya Kodai Iida bergabung dengan klub asal Indonesia. Banyak pecinta sepak bola tanah air pasti belum mengetahui siapa sosok gelandang asal Jepang tersebut.

Berikut INDOSPORT telah merangkum profil Kodai Iida yang menjadi pemain asing pertama RANS Nusantara FC:


1. Mengawali Karier dari Universitas hingga ke Liga Amerika Serikat

Pemain asing pertama RANS Nusantara FC, Kodai Iida. Foto: Instagram@rans.cilegonfc.official

Kodai Iida lahir di Ishikawa, Jepang pada 6 Desember 1994 silam. Kariernya terjun di dunia sepak bola profesional berawal saat bermain untuk Universitas Yamanashi Gakuin di Kofu.

Dari situ, ia pindah ke Amerika Serikat dan lolos trial di tim kasta bawah Liga Amerika Serikat atau National Premier Soccer League (NPSL) yakni Kitsap SC pada 2017 lalu.

Baca Juga

Pada tahun yang sama, Kodai Iida kemudian menandatangani kontrak dengan klub NPSL lainnya bernama Clarkstown Eagles. Ia sukses menyumbang tiga gol dan sempat membawa klub itu melaju ke babak play-off.

Baca Juga

Satu tahun berlalu, gelandang berusia 27 tersebut hengkang ke klub tim yang berkompetisi di liga semipro, American Evergreen Premier League yaitu Washington Premier FC.

Baca Juga

Bersama Washington Premier FC, Kodai Iida semakin menunjukan kualitasnya dan berhasil mencetak empat gol dalam 10 penampilan, serta memimpin klub meraih gelar juara.


2. Kodai Iida Resmi Mendapat Kontrak Pertama di Kanada

Pemain asing pertama RANS Nusantara FC, Kodai Iida. Foto: Instagram@rans.cilegonfc.official

Pada September 2018 lalu, Kodai Iida berpartisipasi dalam trial terbuka di Liga Primer Kanada dan dinobatkan sebagai salah satu pemain top dari acara itu.

Kemudian pada 21 Februari 2019, dirinya resmi menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub Liga Primer Kanada, HFX Wanderers atau Halifax Wanderers.

Kodai Iidai menjalani debut sebagai pemain pengganti dalam pertandingan perdana Halifax Wanderers pada 28 April 2019. Akan tetapi, pada 14 Desember 2019, klub itu mengumumkan bahwa sang gelandang tidak akan kembali untuk musim berikutnya.

Kemudian, Kodai Iida menandatangani kontrak dengan OKC Energy FC dari kasta kedua Liga AS, USL Championship pada Desember 2019 lalu.

Setelah kontraknya berakhir pada Desember 2021, Kodai Iida belum juga mendapatkan klub baru sampai akhirnya RANS Nusantara FC resmi mengikatnya pada Rabu (31/05/22) malam WIB.

Baca Juga
Bursa TransferJepangRahmad DarmawanRans Nusantara FCLiga 1Raffi Ahmad

Berita Terkini