x

Kenangan Paul Pogba dan Manchester United, Bikin Solskjaer dan Mourinho Dipecat

Kamis, 2 Juni 2022 02:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Paul Pogba pada laga saat melawan Brighton & Hove Albion di stadion Old Trafford. FOTO: REUTERS/Peter Powell

INDOSPORT.COM – Hengkangnya Paul Pogba dengan status bebas transfer menyisakan beberapa kenangan soal naik dan turunnya performa sang pemain bersama Manchester United.

Gelandang timnas Prancis, Paul Pogba akhirnya resmi hengkang dari Manchester United, lantara kontraknya bakal habis pada akhir Juni 2022 ini.

Baca Juga

Namun demikian selama enam tahun membela Manchester United dalam periode keduanya, Paul Pogba justru lebih banyak disorot soal penampilan yang cenderung naik turun.

Berikut adalah rangkuman kilas balik momen-momen menarik dalam karier Paul Pogba bersama Manchester United, seperti dirangkum dari The Irish Times.

Kembali ke Manchester United dan Raih 2 Trofi

Paul Pogba kembali ke Manchester United selepas hengkang dengan status pemain muda pada 2012 dengan status bebas transfer.

Baca Juga

Pogba kemudian membela tim raksasa Italia, Juventus, dengan masa bakti empat tahun hingga 2016.

Pemain yang kemudian sempat mendapat julukan sebagai si gurita, merujuk pada gurita Paul si peramal Piala Dunia ini kemudian kembali ke Manchester United sebagai bintang besar.

Sebagai catatan, kembalinya Paul Pogba ke Manchester United juga menandai permulaan karier pelatih asal Portugal, Jose Mourinho di Old Trafford.

Baca Juga

Era Mourinho sempat disebut sebagai era kebangkitan, mengingat ada satu bintang senior yang bergabung bersamaan dengan kedatangan Pogba, yaitu Zlatan Ibrahmiovic.

Kedatangan Pogba sempat memberi dampak instan, meski penampilannya cenderung tak istimewa dengan kerap naik dan turun.

Musim pertama Pogba mampu membawa Manchester United langsung mendapatkan dua trofi, yaitu Piala Liga Inggris dan Liga Europa yang merupakan gelar terakhir hingga 2022 ini.


1. Hubungan yang Memburuk dengan Jose Mourinho

Jose Mourinho, Michael Carrick dan Paul Pogba

Meskipun dikenal sebagai penanda awal era Jose Mourinho, belakangan justru hubugan Pogba dan Mourinho semakin memburuk di sekitar tahun 2018.

Baca Juga

Namun demikian, Paul Pogba masih bisa terhitung tampil baik pada musim 2017/2018 ketika mampu menjadi salah satu inspirator kemenangan Manchester United.

Salah satu laga yang paling dikenang di masa itu adalah laga derby Manchester melawan Manchester City.

Kala itu, Pogba mampu menjadi inspirator kemenangan Manchester United dengan skor 3-2 atas The Citizens usai tertinggal 2-0 lebih dulu.

Baca Juga

Namun demikian, Paul Pogbalah yang disinyalir membuat Manchester United memecat Jose Mourinho pada Desember 2018 usai serangkaian penampilan buruk.

Padahal, Paul Pogba juga merupakan salah satu pemain yang performanya anjlok dan kerap tampil buruk untuk Manchester United, terutama selepas kembali dari Piala Dunia 2018.

Kala itu, Pogba disebut sebagai salah satu pahlawan Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 yang dihelat di Rusia.


2. Bikin Solskjaer Dipecat dan Tampil Buruk di Bawah Ralf Rangnick

Caretaker Manchester United Ole Gunnar Solskjaer (kiri) berjabat tangan dengan gelandang Paul Pogba (kanan).

Mau tak mau, Paul Pogba bisa dibilang menjadi penyebab Manchester United memecat Ole Gunnar Solskjaer, yang sempat membuat sang pemain tampil hebat di musim 2020/2021.

Pada awal musim 2021/2022, Pogba sempat dikecam keras karena terus-terusan tak berkontribusi, terutama saat rangkaian kekalahan Manchester United.

Sebagai ganti Solskjaer, Manchester United kemudian menunjuk Ralf Rangnick yang diharapkan dapat membantu tim memperbaiki performa.

Namun, Manchester United justru hanya mampu duduk di peringkat keenam Liga Inggris di akhir musim dan Paul Pogba mengumumkan hengkang dengan status bebas transfer.

Baca Selengkapnya: Resmi, Paul Pogba Tinggalkan Manchester United

Manchester UnitedJose MourinhoPaul PogbaOle Gunnar SolskjaerLiga Inggris

Berita Terkini