x

Budi Sudarsono: Saya Tolak Panggilan Timnas karena Banyak Pemain Naturalisasi!

Rabu, 8 Juni 2022 21:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Salah satu penyerang legendaris Timnas Indonesia era 2000an, Budi Sudarsono mengaku pernah menolak panggilan Timnas karena ada naturalisasi.

INDOSPORT.COM - Salah satu penyerang legendaris Timnas Indonesia era 2000an, Budi Sudarsono mengaku pernah menolak panggilan Timnas karena ada naturalisasi.

Program naturalisasi pemain sepak bola untuk Timnas Indonesia bukanlah isu baru. Langkah ini bahkan telah dilakukan secara masif di Tanah Air sejak belasan tahun lalu.

Baca Juga

Setiap tahun, ada saja wacana atau proses naturalisasi pemain luar negeri. Ada yang benar-benar diandalkan di Timnas, namun banyak juga pemain yang tidak terpakai.

Bahkan, baru-baru ini pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta untuk naturalisasi empat pemain, tiga di antaranya saat ini sudah mencapai proses tahap akhir.

Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan juga pemain muda, Shayne Pattynama. Ketiga pemain ini memiliki darah keturunan Indonesia dari silsilah orang tuanya.

Baca Juga

Dengan demikian, mereka tidak perlu menetap lima tahun di Indonesia, jika ingin menjalani naturalisasi dan main di Timnas.

Banyak yang mendukung, banyak pula yang menolak masifnya program naturalisasi ini.

Salah satu yang blak-blakan mengaku keberatan dengan adanya para pemain naturalisasi 'instant' di Timnas Indonesia adalah striker legendaris, Budi Sudarsono.

Baca Juga

Legenda Persik Kediri itu mengaku lebih nyaman andai pemain naturalisasi adalah yang sudah pernah main di Indonesia, dan menunjukkan kualitasnya dengan prestasi.

"Kalau saya, kalau pemain naturalisasi itu bisa mendongkrak prestasi di Tim Nasional, nggak masalah, tapi selama ini kan belum ada," ucap Budi Sudarsono di SEA Today.


1. Bukan Anti Naturalisasi

Budi Sudarsono dan Cristian Gonzales semasa membela Persik Kediri

Sekadar informasi, Indonesia juga pernah menggalakkan program naturalisasi pada era 2000an, namun banyak di antaranya tidak berkontribusi ke Timnas Indonesia.

Sebut saja Tonnie Cusell, Jhonny van Beukering, dan Ruben Wuarbanaran, trio Belanda yang minim jam terbang di Timnas, dan kini entah di mana mereka bermain.

Baca Juga

Banyak pula pemain naturalisasi yang dipanggil ke Timnas, tapi menutupi slot yang mestinya bisa dihuni pemain lokal.

Hal ini yang membuat Budi Sudarsono kecewa. Secara blak-blakan, ia mengaku pernah menolak panggilan untuk membela Timnas, gara-gara ada pemain naturalisasi.

"Saya pernah dipanggil ke Tim Nasional, tapi saya nggak mau, karena kebanyakan pemain naturalisasi, yang dari Belanda," ungkap Budi Sudarsono di SEA Today.

Baca Juga

"Saya menolak, padahal dipanggil oleh pelatih Alfred Riedl dan asisten pelatihnya waktu itu Wolfgang Pikal," jelas penyerang yang akrab disapa Budi 'Piton' tersebut.

"Setelah itu saya selesai (tidak dipanggil Timnas lagi), saya kan operasi, kena lutut, sudah nggak pede saya," imbuhnya lagi.

Budi Sudarsono meluruskan bahwa ia tak anti naturalisasi, dengan catatan, pemain yang direkrut benar-benar teruji kualitas dan prestasinya, seperti Cristian Gonzales.

Baca Juga

"Kalau El Loco kan kelihatan kualitasnya saat bermain di Indonesia, sering top skor, pernah masuk MURI karena top skor saking banyaknya, itu kan luar biasa," tuntas Budi.


2. Proyek Naturalisasi Terbaru

Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

Dua tahun terakhir, PSSI kembali membuka tawaran naturalisasi pada sejumlah pemain keturunan Indonesia yang berkarir di Eropa.

Pertama, adalah Jordi Amat, pemain keturunan Indonesia-Spanyol. Saat ini ia bermain di klub Belgia, yakni KAS Eupen. Pemain setinggi 184 cm itu jadi bek tengah.

Kedua, Sandy Walsh, yang merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda. Sandy saat ini berkarier di Belgia dengan membela KV Mechelen, seperti Jordi Amat.

Ketiga, Shayne Pattynama yang merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda. Bek muda berusia 22 tahun itu diketahui saat ini bermain untuk klub Norwegia, Viking FK.

NaturalisasiTimnas IndonesiaBudi SudarsonoBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini