x

Wow! Prabowo Subianto Blak-blakan Ingin Dirikan Klub Bola Usai Pensiun, Namanya Nusantara United

Rabu, 8 Juni 2022 17:12 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Indra Citra Sena
Prabowo Subianto blak-blakan ingin mendirikan klub sepak bola usai purna tugas jadi Menteri Pertahanan (Menhan).

INDOSPORT.COM - Prabowo Subianto blak-blakan ingin mendirikan klub sepak bola usai purna tugas jadi Menteri Pertahanan (Menhan).

Prabowo bahkan sudah membocorkan nama klub yang akan ia dirikan. Nama klub milik Prabowo nanti adalah Nusantara United. 

Baca Juga

Kabar tersebut terbilang mengejutkan mengingat selama ini Prabowo lebih dekat dengan olahraga bela diri pencak silat ketimbang si kulit bundar.

Tercatat ia sudah tiga kali terpilih menjadi Ketua Umum dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Mulai dari tahun 2004 hingga 2012 silam.

Selain menjadi Ketua Umum IPSI, Prabowo juga diketahui mengemban jabatan penting sebagai Presiden dari organisasi bernama Persilat, Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa, organisasi internasional untuk Pencak Silat.

Baca Juga

Dengan jabatannya sebagai Ketua Umum IPSI dan Presiden Persilat, Prabowo pun berhasil membawa Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016 lalu ke Indonesia.

Tepatnya, pada bulan Desember 2016, ajang bergengsi Pencak Silat dunia ini berhasil terselenggara di tanah air berkat dukungan Prabowo.

Namun kini Prabowo ingin membuat klub sepak bola usai purna tugas alias pensiun jadi Menteri Pertahanan (Menhan).

Baca Juga

Keinginan Prabowo ia sampiakan langsung di depan para wisudawan Universitas Pancasila, Jakarta pada Selasa (07/06/22).

Dalam orasi ilmiah tersebut, sosok bernama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo ingin klub bolanya nanti bernama Nusantara United..


1. Prabowo Ingin Dirikan Klub Bola

Kampanye Akbar calon Presiden Indonesia Prabowo Subianto di Stadion Nasional GBK (07-04-2019). Foto: Adriana Adie/NurPhoto via Getty Images

Prabowo Subianto menyampaikan jika keinginannya untuk mendirikan klub bola sudah ia pendam sejak jauh-jauh hari.

Pun dengan nama Nusantara United yang sudah ada di benaknya. Ia mengaku Nusantara United akan ia wujudkan usai pensiun.

Baca Juga

“Saya kalau pensiun (jadi) Menteri Pertahanan, mungkin cita-cita saya ingin mendirikan klub sepak bola. Namanya sudah ada, Nusantara United," ujar Prabowo melansir dari hannel YouTube Universitas Pancasila.

"Jadi itu tugas hidup saya yang masih mengganjal," tambahnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan jika sepak bola jangan dianggap sebelah mata. Prabowo mengingatkan bahwa sepak bola adalah olahraga paling digemari di dunia.

Baca Juga

Itulah sebabnya, menang memenangi setiap pertandingan si kulit bundar merupakan kebanggan tersendiri.

Lebih khusus pertandingan sepakbola, kata Praboo tak sekadar olahraga namun persaingan kehormatan bangsa-bangsa.

"Sepak bola jangan dianggap hanya sekadar olahraga. Sepak bola itu adalah olahraga paling populer di dunia. Karena itu, sepak bola adalah persaingan kehormatan bangsa-bangsa," katanya.

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut Prabowo juga memimpikan Timnas Indonesia mampu menembus Piala Dunia.

"Jadi saudara-saudara, masa tidak ada sih national will kita, Indonesia harus mampu masuk ke Piala Dunia. Itu harus ada kehendak, will, jangan anggap sepak bola biasa," tandasnya.


2. Prabowo dan Diego Maradona

Prabowo dalam Debat Capres 2019

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto punya kenangan manis bersama mendiang Diego Maradona. Kenangan itu berkaitan dengan perjuangan Prabowo di Pilpres 2014. Setelah menyudahi kariernya di dunia sepak bola pada 1997 silam, Diego Maradona sering bepergian ke banyak tempat untuk menjalin relasi.

Dari berbagai relasi tersebut, Maradona akhirnya berkenalan dengan Prabowo Subianto pada 2014 silam. Tak hanya sekadar saling mengenal, pria berjuluk El Pibe d'Oro itu juga memberikan dukungan kepada Prabowo yang waktu itu sedang berjuang di Pilpres 2014.

Diego Maradona kemudian membuat sebuah video khusus yang kemudian dikirimkan ke Prabowo Subianto.

"Prabowo! Anda harus menang pemilu! Karena saya ingin ke Indonesia untuk beri Anda ucapan selamat. Oke, salam dari saya," ujar Maradona.

Sayangnya, keinginan Diego Maradona untuk datang ke Indonesia harus pupus. Pasalnya Prabowo Subianto saat itu gagal dalam Pilpres 2014. 

Baca Juga
Pencak SilatPrabowo SubiantoLiga IndonesiaSepak Bola

Berita Terkini