x

3 Mantan Anak Asuh di AC Milan yang Bisa Dibajak Gennaro Gattuso ke Valencia

Kamis, 9 Juni 2022 15:39 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Gennaro Gattuso resmi menjadi pelatih baru Valencia. Berikut 3 mantan anak asuhnya di AC Milan yang bisa ia bawa serta ke klub Spanyol itu.

INDOSPORT.COM Gennaro Gattuso resmi menjadi pelatih baru Valencia. Berikut 3 mantan anak asuhnya di AC Milan yang bisa ia bawa serta ke klub Spanyol itu.

Kabar menarik datang dari mantan gelandang AC Milan, Gennaro Gattuso. Pria yang kerap dijuluki si Badak itu mendapatkan pekerjaan baru sebagai pelatih baru klub Liga Spanyol, Valencia.

Baca Juga

Rumor ini sejatinya sudah beredar selama beberapa pekan terakhir meski Valencia tak kunjung mengumumkannya secara resmi.

Namun, kabar ini kemudian dikonfirmasi sendiri oleh Gattuso yang sudah tiba di Valencia. “Saya sangat senang. Ini kali pertama saya datang ke Valencia dan saya senang dan bangga,” katanya seperti dilansir Football Espana.

“Saya sudah menandatangani kontrak dengan klub yang berusia seabad, dengan banyak sejarah dan prestasi,” lanjutnya.

Baca Juga

Gennaro Gattuso sendiri berstatus menganggur sebelum menerima pinangan Valencia. Sebelumnya, ia sempat ditunjuk untuk membesut Fiorentina musim lalu tapi kemudian mundur sebelum mulai bekerja.

Klub terakhir yang benar-benar dilatihnya adalah Napoli, yang ia pimpin sejak Desember 2019 hingga Mei 2021, dan dibawanya memenangi Coppa Italia.

Sempat membela AC Milan sebagai pemain selama 13 musim dengan lebih dari 460 penampilan, Gennaro Gattuso beralih menjadi pelatih dengan membesut Sion, klub Swiss yang menjadi tempatnya bermain terakhir kali sebelum pensiun.

Baca Juga

Dari Sion, ia beralih ke Palermo dan sempat memimpin sejumlah klub lain sebelum kembali ke Milan untuk memimpin tim primavera.

Gennato Gattuso kemudian dipromosikan menjadi pelatih kepala di tim utama, seiring pemecatan Vincenzo Montella pada November 2017. Ia pada akhirnya mempertahankan pos tersebut hingga akhir musim 2018/2019.


1. Satu Nama Masih di AC Milan

Alessio Romagnoli di laga SPAL vs AC Milan.

Karier Gennaro Gattuso sebagai pelatih sejatinya tak terlalu istimewa. Satu setengah musim membesut Milan, ia tak menghadirkan gelar apapun dengan raihan terbaiknya adalah finis di peringkat 5 Liga Italia.

Satu-satunya gelar yang pernah ia menangi di level pelatih adalah ketika membawa Napoli memenangi Coppa Italia 2019/2020 dengan mengalahkan Juventus di final.

Baca Juga

Meski demikian, hal itu tidak membuat manajemen Valencia ragu menunjuknya sebagai pelatih baru. Gattuso diharapkan bisa membangkitkan Los Che yang di musim 2021/2022 lalu hanya finis di posisi 9 Liga Spanyol.

Di sisi lain, kedatangan Gennaro Gattuso ke Valencia berpotensi diikuti sejumlah mantan anak asuhnya di AC Milan. Pasalnya, beberapa dari mereka sesuai dengan kebutuhan Los Che di bursa transfer musim panas.

Lantas, siapa saja para mantan pemain Gattuso di AC Milan yang bisa ia bawa serta ke Spanyol? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Alessio Romagnoli

Lini pertahanan menjadi salah satu masalah utama Valencia musim lalu. Mereka kebobolan 53 kali di liga dan menjadi tim dengan pertahanan terburuk di jajaran penghuni 10 besar.

Untuk mengatasi situasi ini, Gattuso bisa coba memboyong mantan bek andalannya di AC Milan, Alessio Romagnoli. Pemain Italia itu bisa diboyong gratis, mengingat kontraknya habis akhir bulan ini.

Romagnoli sendiri tak banyak berperan di skuat AC Milan dalam 2 musim terakhir ini, kalah bersaing dengan Simon Kjaer, Fikayo Tomori, dan belakangan Pierre Kalulu.

Baca Juga

Romagnoli sendiri merupakan pilihan utama Gattuso saat masih membesut Rossoneri. Bahkan, Gattuso-lah yang mengangkatnya menjadi kapten usai Leonardo Bonucci memilih kembali ke Juventus.

Meski demikian, Gattuso wajib bergerak cepat jika ingin mendatangkan Romagnoli karena sang bek diincar Lazio dan Monza.

 

2. Dua Nama Sudah Tinggalkan AC Milan

Krzysztof Piatek tidak berdaya melihat AC Milan disingkirkan Lazio, Kamis (25/04/19), Emilio Andreoli/Getty Images.

Suso

Selain buruknya pertahanan, lini serang yang tumpul menjadi masalah lain yang menghambat Valencia pada musim 2021/2022 lalu. Bintang asal Spanyol, Suso, bisa menjadi opsi Gennaro Gattuso untuk menambah daya dobrak.

Suso merupakan salah satu andalan Gattuso ketika masih membesut Milan. Performanya bisa dibilang mencapai puncak di era kepelatihan Gattuso dengan mencetak 8 gol di 2 musim Gattuso melatih.

Baca Juga

Ketika Gattuso pergi, performa Suso menurun dengan hanya mencetak 1 gol dalam setengah musim dan akhirnya dipinjamkan ke Sevilla, yang pada akhirnya mempermanenkannya dan masih ia bela sampai saat ini.

Bersama Sevilla ia menjadi pilihan utama. Sayangnya, musim lalu ia mengalami cedera parah yang memaksanya absen berbulan-bulan dan hanya tampil 12 kali.

Fakta bahwa Sevilla bisa menutupi ketiadaan Suso musim lalu dengan memainkan Tecatico maupun Erik Lamela di sayap kanan, bisa dimanfaatkan Gattuso untuk coba memboyong Suso ke Mestalla.

Baca Juga

Krzysztof Piatek

Ketiadaan goal getter mumpun menjadi masalah lain Valencia, di mana top skor mereka musim lalu dipegang oleh Goncalo Guedes yang lebih banyak bermain sebagai gelandang serang.

Satu nama yang bisa dipertimbangkan oleh Gattuso untuk mengisi pos penyerang tengah sebagai goal getter adalah Krzysztof Piatek.

Piatek sendiri merupakan salah satu rekrutan Gattuso ketika masih membesut Rossoneri. Di bawah asuhan Gattuso, Piatek tampil tajam dengan torehan 11 gol dari 21 laga. Namun musim berikutnya ketiga Gattuso pergi, ketajaman Piatek menurun dengan hanya mencetak 5 gol dari 20 laga.

Baca Juga

Krzysztof Piatek sendiri saat ini berstatus pemain Hertha Berlin. Namun kinerjanya terbilang buruk dan ia kini dipinjamkan ke Fiorentina.

Kinerja Piatek yang tak memuaskan Hertha bisa dimanfaatkan Gattuso untuk mencoba memboyongnya baik sebagai pinjaman atau permanen. Bukan tidak mungkin ketajaman pemain Polandia itu akan kembali pulih seperti saat keduanya bekerja sama di AC Milan.

AC MilanValenciaGennaro GattusoSusoAlessio RomagnoliTRIVIAKrzysztof PiatekOne Football

Berita Terkini