x

Usai Ikut Toulon Cup, PSSI Agendakan Timnas Indonesia U-19 Gelar TC di Eropa

Kamis, 9 Juni 2022 19:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Cukup puas dengan penampilan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup, PSSI berencana lanjutkan TC di Eropa. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Cukup puas dengan penampilan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup, PSSI berencana lanjutkan TC di Eropa. 

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan cukup puas dengan penampilan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022, meski gagal ke semifinal. Ada banyak pelajaran yang didapat para pemain. 

"Timnas U-19 ini harus bertanding untuk pengalaman yang tinggi dan lawan di Toulon itu ada Meksiko, Ghana dan Venezuela. Alhamdulillah bisa menang (lawan Ghana)," kata Iriawan. 

Baca Juga

"Mudah-mudahan dengan pengalaman ini akan menjadi Persiapan jelang Piala Dunia U-20," ujarnya.

Di Toulon Cup 2022, Timnas U-19 raih 1 kemenangan, 2 kekalahan dan 1 imbang. Karenanya, akan ada evaluasi setelah tim kembali ke Tanah Air. 

"Mereka akan kembali ke Jakarta dan kami akan evaluasi," ujar Ketum PSSI. 

Baca Juga

Lebih lanjut, PSSI telah menyiapkan program pemusatan latihan untuk Timnas U-19 pascaikut Toulon Cup 2022 di Prancis. Skuad Garuda Nusantara akan berlatih di Eropa untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. 

PSSI ingin para pemain dapat pengalaman bertanding melawan tim kuat di Eropa, seperti halnya Timnas Indonesia U-19 di tahun 2020 lalu. 

"Insya Allah, road map di luar, TC di luar negeri lagi. Bisa di Bosnia, Kroasia, Spanyol, Turki, akan didiskusikan nanti," kata Ketum PSSI. 

Baca Juga

Selain rencana TC Timnas U-19 di Eropa, PSSI juga ingin pelatih Shin Tae-yong benar-benar fokus persiapan skuad menuju Piala Dunia U-20. Karenanya, tugas juru taktik Korea Selatan itu akan dipangkas.


1. Pangkas Tugas Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

PSSI berkeinginan Shin Tae-yong melepas Timnas U-23 dan diserahkan ke pelatih lain. Hal itu bertujuan agar fokus sepenuhnya ke Timnas U-19. 

"Kami berkeinginan begitu. Yang U-20 harus (Shin Tae-yong) dan U-23 serta senior biar kasih aja ke pelatih lain, tapi kami tunggu dia kembali dari Kuwait, kami akan diskusikan," tutup Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI. 

Sejak awal dikontrak pada akhir 2019 lalu, Shin Tae-yong memang diminta untuk persiapankan Timnas U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021, yang akhirnya batal karena pandemi covid-19. 

Baca Juga

Selama tangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membawa Timnas U-23 raih medali perunggu di SEA Games 2021. Dia juga antarkan timnas senior jadi runner up Piala AFF 2020. 

Ketum PSSI menjelaskan akan melakukan diskusi dengan Shin Tae-yong setelah pulang dari Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. 

"Kualifikasi lagi jalan, nanti Shin Tae-yong pulang, kami akan rapat kembali. Seperti kemarin di Bandung, kami panggil yang bersangkutan memaparkan road map-nya, saya bilang kenapa tidak sesuai target," buka Ketum PSSI. 

Baca Juga

"Sebenarnya kami ingin dia (Shin Tae-yong) khusus U-20, dari awal pertama kami kontrak, tapi Shin Tae-yong ingin semua ditangani, U-20, U-23, dan senior.  Dia ingin lihat perkembangan dari junior ke senior," katanya.

"Ternyata mungkin sekarang menurut saya keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut," lanjut Iwan Bule, sapaan M. Iriawan. 

Melihat situasi yang ada, PSSI berencana memangkas tugas Shin Tae-yong. Federasi ingin juru taktik 52 tahun itu fokus ke Timnas U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. 

Baca Juga

Pasalnya, Indonesia akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan. Kemungkinan Timnas U-23 diserahkan ke pelatih lain. 


2. Tersingkir dari Toulon Cup 2022, Begini Evaluasi Timnas Indonesia U-19

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Toulon Cup 2022 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Foto: PSSI

Timnas Indonesia U-19 gagal melangkah ke semifinal Toulon Cup 2022, setelah hanya tempati peringkat ketiga Grup B. Akan tetapi, penampilan para pemain mendapat pujian.

Asisten pelatih Timnas U-19, Dzenan Radoncic, menilai para pemain mengalami banyak kemajuan. Ada banyak pengalaman yang didapat dari hasil sekali menang dan dua kekalahan.

"Sejauh ini saya puas dengan penampilan pemain selama turnamen, dengan satu modal kemenangan dari Ghana, ini merupakan yang terbaik bagi para pemain," ujar Dzenan.

Pada Toulon Cup 2022, Indonesia berada di posisi ketiga Grup B dengan meraih tiga poin. Satu-satunya kemenangan diraih atas Ghana dengan skor 1-0. 

Sementara itu, dua kali kekalahan Timnas U-19 diterima dari Venezuela (0-1) dan Meksiko (0-2). 

Baca Selengkapnya: Tersingkir dari Toulon Cup 2022, Begini Evaluasi Penampilan Pemain Timnas Indonesia U-19

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaToulon Tournament

Berita Terkini