x

Nasibnya Sama dengan Malaysia, Media Asing Soroti Kans Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023

Senin, 13 Juni 2022 10:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Media asing menyoroti peluang empat negara ASEAN untuk menembus putaran final Piala Asia 2023, dua di antaranya Timnas Indonesia dan Malaysia, bernasib sama.

INDOSPORT.COM – Media asing menyoroti peluang empat negara ASEAN untuk menembus putaran final Piala Asia 2023. Dua di antaranya, Timnas Indonesia dan Malaysia, diklaim bernasib sama.

Kualifikasi Piala Asia 2023 masih menyisakan tiga pertandingan. Namun masih banyak tim yang harus berjuang keras di fase penyisihan grup turnamen ini.

Baca Juga

Juara masing-masing enam grup dipastikan langsung lolos ke putaran final, disusul lima runner-up terbaik. Artinya, hanya akan ada satu tim di peringkat kedua yang akan gagal.

Sederhananya, untuk jadi  runner-up terbaik, minimal tim harus amankan jarak enam poin dengan selisih gol yang relatif bagus.

ESPN Asia, pada Mingu (12/06/22), menerbitkan sebuah artikel yang menyoroti seberapa besar prospek empat negara ASEAN mengamankan tiket ke putaran final panggung sepak bola terbesar di benua Asia itu.

Baca Juga

Singapura, Kamboja dan Myanmar hampir dipastikan tersingkir dari persaingan tersebut setelah mereka menelan dua kekalahan beruntun pada dua laga perdana.

Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina, sementara itu, dianggap masih memiliki peluang sampai pertandingan terakhir babak penyisihan grup.

ESPN kemudian  menjabarkan peluang masing-masing keempat negara tersebut. Secara khusus, INDOSPORT melihat bagaimana peluang Timnas Indonesia menurut versi media asing ini.

Baca Juga

Media ini menilai bahwa pasukan Shin Tae-yong masih punya peluang besar untuk lolos meski mereka baru saja menelan kekalahan 1-0 dari Yordania pada Minggu (12/06/22) dini hari WIB.

Timnas Indonesia saat ini masih berada di peringkat dua klasemen sementara grup A. Skuat Garuda mengoleksi 3 poin berkat kemenangan menghadapi Kuwait di laga perdana.


1. Timnas Indonesia Bernasib Sama dengan Malaysia?

Timnas Indonesia vs Jordania di laga kedua Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/06/22).

Dua hasil kontras ini diyakini tetap membuat Marc Klok dkk berpeluang untuk lolos karena mereka sudah menyelesaikan dua laga tersulit di babak penyisihan grup.

“Sisi positifnya, untuk Shin Tae-yong adalah fakta bahwa mereka telah menyingkirkan dua pertandingan yang lebih sulit, dan akan melakoni laga terakhir Grup A melawan Nepal sebagai tim favorit untuk menang,” tulis media ini.

Baca Juga

ESPN awalnya sempat mempertanyakan kemampuan skuad Shin Tae-yong yang diisi oleh para pemain muda berbakat namun minim pengalaman di kancah internasional.

Perlu diketahui, 22 pemain Timnas Indonesia yang dibawa Shin Taeyong ke Kuwait memang relatif didominasi pemain berusia muda.

Menurut data Transfermarkt, rata-rata pemain Timnas Indonesia berusia 23,57 tahun. Fachrudin Irianto (33), Marc Klok (29), dan Nadeo Argawinata (25) sejauh ini jadi pemain tertua di skuad.

Sementara Marselino Ferdinand (17), Elkan Baggott (19) jadi pemain termuda – di bawah 20 tahun – yang tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

“Tanda tanya terbesar Timnas Indonesia di ajang ini adalah kemampuan skuat berbakat tetapi dewasa sebelum waktunya ini untuk menangani tekanan, meski sejauh ini mereka tampil mengagumkan dan tanpa rasa takut,”  tulis ESPN.

Dengan Filipina (4 poin) dan Thailand (6 poin) sejauh ini juga menghuni posisi kedua di grup mereka masing-masing, Malaysia dinilai ESPN memiliki nasib yang hampir sama dengan Timnas Indonesia,

Malaysia berada di posisi kedua di klasemen Grup E dengan raihan 3 poin, di belakang Bahrain. Usai menaklukkan Turkmenistan di laga perdana, mereka justru takluk dari Bahrain di laga kedua.

Malaysia selanjutnya akan menghadapi Bangladesh. Ini akan menjadi ujian termudah bagi Harimau Malaya, dengan catatan mencetak setidaknya tiga gol untuk memastikan lolos.

Baca Juga

Bagaimana pun, Malaysia sedang menunjukkan tanda-tanda perbaikan di bawah kepemimpinan Kim Pan-gon sejak tersingkir dari Piala AFF 2020 dan ditinggal eks pelatih Tan Cheng Ho.

Menarik untuk dilihat apakah pada akhirnya Timnas Indonesia juga akan bernasib sama dengan Malaysia. Setidaknya, kedua tim ini masih punya harapan untuk lolos ke Piala Asia jika mampu mengalahkan Nepal dan Bangladesh di laga mereka masing-masing.


2. Skenario Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Timnas Indonesia masih memiliki satu pertandingan sisa melawan Nepal. Sementara Kuwait akan bentrok dengan Yordania di laga pamungkas.

Dalam posisi ini, Timnas Indonesia masih memiliki peluang besar untuk bisa lolos ke Piala Asia.

Memang Timnas Indonesia masih berharap dengan pertandingan lain di mana Timnas Indonesia berharap Yordania bisa menaklukkan Kuwait dalam laga terakhir.

Selain itu Timnas Indonesia memang wajib menang saat menghadapi Nepal. Dengan situasi ini, peluang realistis Indonesia membidik lolos dengan status runner-up terbaik.

Baca selengkapnya
 

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalTimnas MalaysiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini