x

Nasib Apes Para Pemain 'Uzur' yang Gabung MLS, Apa Kabar Giorgio Chiellini Kelak?

Selasa, 14 Juni 2022 15:46 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Giorgio Chiellini baru saja mendapat pelabuhan baru di klub Major League Soccer (MLS) usai angkat kaki dari Juventus. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

INDOSPORT.COM - Giorgio Chiellini baru saja mendapat pelabuhan baru di klub Major League Soccer (MLS) usai angkat kaki dari Juventus.

Untuk diingat kembali, pemain kawak yang satu ini memutuskan mundur dari Juventus belum lama ini, guna mencari tempat yang lebih baik untuk kelanjutan kariernya di usia 37 tahun.

Baca Juga

Giorgio Chiellini merupakan salah satu legenda Juventus yang begitu dihormati publik Turin dan sepak bola Italia.

Tidak main-main, dedikasinya untuk Bianconeri sudah eksis sejak tahun 2004 dan berakhir pada 2022. Banyak hal yang sudah ia lalu selama berseragam putih-hitam.

Mulai dari meraih seabrek trofi hingga jadi saksi hidup calciopoli yang membuat Juventus terpuruk pada 2006 silam.

Baca Juga

Namun kini perjalanannya bersama Juventus terlah resmi berakhir. Klub Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat, Los Angeles FC, pun jadi pelabuhan barunya saat ini.

Melalui video singkat berdurasi 11 detik berjudul The Next Chapter, Giorgio Chiellini mengumumkan dirinya bergabung dengan Los Angeles FC.

Dalam video yang diunggah di media sosial Twitter tersebut, ia terlihat memakai polo shirt plus topi berlogo Los Angeles FC. Tidak lupa pula, akun resmi klub yakni @LAFC juga turut disematkan di caption.

Baca Juga

Sementara itu, pihak klub juga telah merilis pernyataan resmi mereka terkait perekrutan Giorgio Chiellini.

Dalam keterangannya, Los Angeles FC juga mengumumkan agenda perkenalan pemain baru mereka itu, yakni 29 Juni 2022 di Banc of California Stadium.


1. Giorgio Chiellini ke MLS

Giorgio Chiellini baru saja mendapat pelabuhan baru di klub Major League Soccer (MLS) usai angkat kaki dari Juventus. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

Kedatangan Giorgio Chiellini ini pun disambut baik oleh Co-President & General Manager Los Angeles FC, John Thorrington.

Ia pun memuji pemain barunya tersebut sebagai sosok yang spesial dan berkepribadian baik. Ia juga bersyukur klub mendapat kesempatan mendatangkan seorang legenda besar seperti dirinya.

Baca Juga

“Mengontrak Giorgio adalah sebuah kesempatan unik untuk mengembangkan klub kami. Dia akan melengkapi tim yang kami yakini sudah cukup kuat,” ucap John Thorrington, dikutip dari laman resmi klub,

Bos Los Angeles FC itu juga meyakini pemain veteran dan senior seperti Giorgio Chiellini akan menjadi contoh bagi rekan-rekannya yang lain di tim.

“Kepemimpinan dan pengalamannya. Dia adalah pemain yang sudah berkali-kali jadi pemenang. Kami pun senang dia memilih LAFC dan bergabung dalam perburuan trofi,” tambahnya lagi.

Baca Juga

Merapatnya Giorgio Chiellini tentu bukan hal baru di kancah MLS, mengingat ia adalah pemain asal liga Eropa kesekian yang menjajal hijaunya rumput sepak bola Amerika Serikat.

Sebelum ini, ada beberapa pemain yang menghabiskan usia-usia ‘tua’ mereka dengan bermain di klub MLS.

Apakah Giorgio Chiellini akan mengikuti nasib para pendahulunya yang berada di MLS sebagai tempat singgah belaka?

Baca Juga

Untuk mengingat kembali, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com merangkum nama-nama pemain yang pernah membela klub MLS ketika usianya sudah tidak muda lagi seperti Giorgio Chiellini.

Siapa saja?

 

2. Histori Pemain 'Uzur' di MLS

Steven Gerrard dulu pernah membela klub MLS, LA Galaxy. Foto: Steve Welsh/Getty Images.

Steven Gerrard

Besar dan tumbuh bersama Liverpool, banyak yang mengira karier sepak bola Steven Gerrard bakal berakhir sebagai one man one club mancam Francesco Tottii di AS Roma.

Akan tetapi, takdir ternyata berkata lain. Stevie, sapaan akrabnya, justru angkat kaki dari Liverpool dan merapat ke klub MLS, LA Galaxy, pada 2015.

Baca Juga

Saat itu, usianya 35 tahun dan sudah memenangkan banyak trofi bersama The Reds, termasuk Liga Champions dan Piala FA.

Akan tetapi, Stevie memilih menyudahi perburuan trofi Liga Inggris dan hengkang ke LA Galaxy, klub yang pada akhirnya tidak memberinya satu gelar pun sebelum gantung sepatu sebagai pemain.

Frank Lampard

Bergabung dengan New York City FC pada 2015 saat usianya 37 tahun. Pada waktu itu, ia angkat kaki dari Manchester City yang hanya ia bela selama semusim.

Baca Juga

Ia pensiun pada 2017 setelah menolak beberapa tawaran pindah dan memilih fokus untuk terjun ke dunia kepelatihan.

Andrea Pirlo

Belum ingin gantung sepatu pada 2015 lalu, Andrea Pirlo memilih pindah ke New York City FC untuk meneruskan kariernya sebagai pemain di usia 36 tahun.

Akan tetapi, kondisi fisiknya yang sudah mulai menurun membuat legenda Juventus ini keteteran saat bermain di MLS, hingga akhirnya ia memutuskan pensiun pada 2017.

Baca Juga

Bastian Schweinsteiger

Meski bergabung dengan Chicago Fire saat masih berusia 33 tahun, tidak banyak yang bisa dilakukan Bastian Schweinsteiger selama berseragam klub MLS tersebut.

Yang mana, cukup berbandung terbalik dengan sederet prestasi yang ia raih selama bermain untuk Bayern Munchen, bahkan Manchester United.

JuventusGiorgio ChielliniMajor League Soccer (MLS)Bola InternasionalOne Football

Berita Terkini