x

Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Kerja Keras Shin Tae-yong Disorot AFC

Rabu, 15 Juni 2022 09:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Kerja keras Shin Tae-yong dalam mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendapat sorotan AFC. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Kerja keras Shin Tae-yong dalam mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendapat sorotan AFC.

Timnas Indonesia baru saja mengakhiri penantian 15 tahun untuk bisa mentas di panggung sepak bola terbesar se-Asia tahun depan.

Baca Juga

Hal tersebut dipastikan usai tim Garuda mengalahkan Nepal 7-0 pada laga penutup Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/06/22) dinihari WIB.

Lima gol Timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan. Sementara dua gol lainnya disumbangkan Witan Sulaeman.

Baca Juga

Dengan demikian, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Mereka jadi salah satu runner-up terbaik usai finis dengan enam poin dan surplus tujuh gol.  

AFC, melalui akun resmi Instagram, kemudian menyoroti siapa tokoh penting di balik kesuksesan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Baca Juga

Federasi sepak bola tertinggi di Asia tersebut mengunggah foto Shin Tae-yong yang telah menunjukkan kerja kerasnya untuk membawa Timnas Indonesia melambung tinggi.

“Tokoh penting di balik kesuksesan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023,” tulis AFC.


1. Kerja Keras Shin Tae-yong Diapresiasi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Unggahan AFC ini pun sontak langsung diamini oleh para netizen. Mereka seolah-olah sepakat bahwa juru taktik asal Korea Selatan itu pantas mendapatkan apresiasi atas pencapaian timnas.

@adameerpurnama: “Percaya Proses Bukan Federasi.”

Baca Juga

@fahrul.rozisyafaat11: “Tolong pertahanin coach @shintaeyong7777 di Timnas Senior.”

@akhtar.ramadhan: “kirain mo ngepost iwan bule.”

@desiii.berrr_: “Afc aja ngakuin masa pssi engga?”

@nattevagon: “woakwowkw tau aja si mimin.”

@pramudiana.official: “Adminnya aja tau.”

Kerja keras Shin Tae-yong memang sudah terlihat ketika berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 usai membantai Taiwan dengan agregat 5-1.

Baca Juga

Setelah kemenangan atas Taiwan, serangkaian hasil positif didapat skuad Garuda di kompetisi internasional.

Sebut saja menang lawan Myanmar di laga uji coba, serta mendapat hasil positif di Piala AFF 2020 dengan menjadi runner-up.

Timnas Indonesia juga sempat meraih dua kali kemenangan atas Timor Lestedi FIFA Matchday Januari 2022.

Baca Juga

Shin Tae-yong juga menjadi otak dari permainan apik Witan Sulaeman dkk di SEA Games 2022, meski harus puas dengan medali perunggu.

Terakhir, di Kualifikasi Piala Asia 2023 ini, Shin Tae-yong juga bekerja keras saat membantu Timnas Indonesia secara mengejutkan mengalahkan Kuwait.


2. Shin Tae-yong Ciptakan Sejarah untuk Timnas

Timnas Indonesia vs Jordania di laga kedua Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/06/22).

Meski sempat menelan kekalahan dari Yordania, namun tim Garuda menutup manis babak ketiga kualifikasi ini dengan kemenangan telak atas Nepal kemarin.

Keberhasilan tersebut membuat Indonesia akan kembali mentas di Piala Asia setelah penantian selama 15 tahun. Skuad Garuda tampil terakhir kali pada Piala Asia 2007.

AFCTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalNepalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini