x

Gareth Southgate Jadi Sasaran Amuk Suporter Timnas Inggris, Harry Kane Pasang Badan

Kamis, 16 Juni 2022 16:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Harry Kane pasang badan usai pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, jadi sasaran kekecewaan suporter usai timnya dibantai Hungaria 4-0 di UEFA Nations League Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith.

INDOPSORT.COM - Harry Kane pasang badan usai pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, jadi sasaran kekecewaan suporter usai timnya dibantai Hungaria 4-0 di UEFA Nations League.

Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate harus dipaksa bertekuk lutut di hadapan Hungaria, dengan skor 0-4. Pertandingan yang digelar di Stadion Molineux, pada Rabu (15/06/22) pukul 01.45 WIB itu memunculkan Hungaria sebagai pemenang.

Baca Juga

Keran gol Hungaria dibuka oleh Roland Sallai pada menit ke-16 meneruskan umpan dari Adam Lang. Babak pertama ditutup dengan skor 0-1, untuk kemenangan Magyarok (julukan Timnas Hungaria).

Sedangkan, pada babak kedua Pasukan Marco Rossi berhasil menambahkan pundi-pundi golnya melalui gol kedua Roland Sallai di menit 70. Kemudian gol dari Zolt Nagy di menit ke-80, dan sumbangan gol dari Daniel Gazdag di menit 89 menutup kemenangan 0-4 atas Inggris.

Sebenarnya The Three Lions sempat berusaha untuk mengejar ketertinggalan, dengan memasukkan Raheem Sterling, Mason Mount, dan Phil Foden. Namun hal tersebut tidak mampu merubah keadaan.

Baca Juga

Apalagi John Stones harus keluar lapangan akibat dikartu merah di menit 82, setelah menerima kartu kuning kedua.

Dalam laga ini, Roland Sallai keluar sebagai Man of The Match, setelah berhasil menyumbangkan dua gol untuk kemenangan Timnas Hungaria. Dilansir dari whoscored.com nilai yang diperoleh Sallai adalah 8.5.

Padahal dalam laga ini, penguasaan bola lebih banyak didapatkan oleh Inggris dengan perolehan 68.6%, dan untuk Hungaria hanya 31.4 persen.

Baca Juga

Selain itu, untuk total tembakan juga berhasil diungguli Inggris dengan perolehan 10 kali, berbanding dengan 6 kali yang didapatkan oleh Hungaria.

Namun dalam segi efektivitas serangan, Hungaria lebih bisa memanfaatkan peluang yang ada. Terbukti dari 6 tembakan yang diarahkan ke gawang Aaron Ramsdale, kiper Inggris, 4 tembakan bisa berbuah menjadi gol


1. Gareth Southgate Dituntut Tanggung Jawab

Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris.

Tentunya kekalahan 0-4 yang dialami Timnas Inggris membuat para fans geram. Apalagi pada laga sebelumnya, di ajang yang sama, Inggris juga kalah dengan skor 1-0.

Yang menjadi catatan buruk adalah pada pertandingan ini di mana Inggris menjadi tuan rumah. Akibat kekalahan ini, pelatih Gareth Southgate mendapatkan cacian dari para pendukungnya.

Baca Juga

Dilansir dari SkySport, para penggemar menyebut bahwa Bos Inggris tersebut tidak tahu hal yang harus dilakukan untuk memenangkan pertandingan.

Hal tersebut dilakukan karena untuk saat ini The Three Lions duduk di dasar klasemen Grup A dengan mengumpulkan dua poin dari empat pertandingan yang dijalani.

Selain itu, dalam empat pertandingan yang dijalani, anak asuh Southgate hanya berhasil mencetak satu gol, ketika imbang melawan Jerman dengan skor 1-1. Dari semua pertandingan grup yang telah dijalani, Harry Kane dkk kemasukan 6 gol.

Baca Juga

Gareth Southgate sendiri sudah merespons kekecewaan dari fans. Ia pun legawa menerima kritik-kritik tersebut.

“Sepak bola adalah emosi, dan jika kritik datang kepada saya, Saya harus menerimanya. Ketika menjadi manajer Inggris anda tidak selamanya mendapatkan kemenangan, pasti juga akan menemukan kesulitan."

Baca Juga

Dirinya juga menambahkan bahwa malam tersebut adalah malam yang sulit. Pelatih armada Timnas Inggris tersebut juga menyebutkan bahwa dirinya akan tetap bertanggung jawab atas kekalahan besar ini.


2. Dibela Harry Kane

Leroy Sane dari Jerman dan Harry Kane dari Inggris setelah pertandingan REUTERS-Andreas Gebert

Kegagalan Southgate rupanya mendapat pembelaan dari kapten Timnas Inggris, Harry Kane. Pemain Tottenham Hotspur itu menekankan bahwa para suporter harus tetap mendukungnya bersama kawan-kawan walau hasil yang didapatkan ketika melawan Hungaria tidak bisa diterima oleh penggemar.

“Saya mengerti rasa frustrasi mereka [para penggemar], kami ingin menang setiap kali kami mengenakan seragam Inggris,” ujar Kane dilansir dari SkySport.

Dirinya juga mengatakan bahwa para suporter harus memahami perjuangan para skuad Inggris. Karena menurutnya, para pemain telah berjuang mati-matian untuk memenangkan setiap pertandingan yang tersisa.

“Ini kekalahan besar pertama kami dalam waktu yang sangat lama. Pertahanan kami selama beberapa tahun terakhir bisa dikatakan baik. Tentu saja ini adalah malam yang harus kami lupakan. Kami harus menghadapinya dan bergerak maju untuk mempersiapkan Piala Dunia yang besar. Itu hal yang paling penting. Kami telah belajar banyak dari kamp ini.” katanya.

Striker Inggris tersebut juga mengungkit-ungkit soal prestasi The Three Lions yang baru saja ke final Piala Eropa 2021 lalu.

“Jangan lupa dari mana kami berasal: final pertama kami dalam 60 tahun [di Euro 2020 musim panas lalu], semifinal di Piala Dunia, dibandingkan dengan posisi kami dalam 50 tahun terakhir.”

Dirinya membela pelatihnya setelah cacian yang dilayangkan oleh suporter. Karena menurutnya, Gareth Southgate adalah orang yang tepat untuk melatih Timnas Inggris.

Baca Juga

Penulis: Yudha Riefwan Najib 

Harry KaneGareth SouthgateTimnas InggrisBola InternasionalUEFA Nations League

Berita Terkini