x

Timnas Indonesia ke Piala Asia, Coach Justin: Nepal Ketemu Persis Solo juga Dibantai

Jumat, 17 Juni 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akhirnya lolos ke Piala Asia 2023. Hal ini dipastikan saat skuat Garuda menaklukkan Nepal di kualifikasi, Rabu (15/06/22) dini hari WIB.

Setelah sukses mengalahkan Kuwait, lalu takluk dari Yordania, di luar dugaan, Timnas Indonesia berhasil menjegal Nepal dengan skor telak 7-0. Garuda pun berpesta pora.

Baca Juga

Gol masing-masing dicetak Dimas Drajad (6'), Witan Sulaeman (43', 81'), Fachrudin Aryanto (54'), Saddil Ramdani (55'), Elkan Baggott (80'), dan Marselino Ferdinan (90').

Timnas Indonesia memimpin 2-0 di babak pertama. Padahal, menurut komentator dan pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin, Timnas bermain buruk.

Terutama di kedua wing back, Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam yang kerap terlambat menutup ruang tembak Nepal.

Baca Juga

"Di 18 menit pertama, banyak sekali salah passing, asli banyak banget. Bahkan, Arhan dan Asnawi pun nyaris jebol," ucap Coach Justin melalui unggahannya di Youtube.

"Tapi beruntung lawannya Nepal. Nepal itu kalau ketemu Persis Solo dibantai juga kayaknya, amburadul banget," imbuhnya.

Tak hanya Coach Justin yang geregetan, ia menduga pelatih Shin Tae-yong juga kesal dengan peluang Timnas yang terbuang, dan mengevaluasi anak asuhnya saat jeda laga.

Baca Juga

Terbukti, memasuki babak kedua, Timnas Indonesia memberikan permainan yang berbeda, sehingga banyak gol tercipta.

"Feeling gue, Shin Tae-yong ngamuk di ruang ganti pas half time. Sudah lawan 10 orang, nggak bisa memanfaatkan kelebihan pemain itu, terlalu nafsu, grasak-grusuk."


1. Man of The Match: Kiper Nepal

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Meski akhirnya Timnas Indonesia bisa menang atas Nepal dan lolos Piala Asia 2023, Coach Justin mengaku tetap harus mengapresiasi penjaga gawang dari Nepal.

Jika dibandingkan dengan permainan Timnas Nepal yang jauh dari kata bagus, Coach Justin menilai penampilan kiper Nepal, Deep Karki, tampil sangat baik.

Baca Juga

Walau kebobolan tujuh gol, tapi itulah bukti Deep Karki bermain apik. Jika tidak, ia bisa saja kebobolan dua digit gol atas Garuda.

"Menurut gue, kalau harus nunjuk satu man of the match, itu kipernya Nepal. Kalau dia nggak sebagus itu, dengan mudah 13-0, 14-0, separah itu," ucap Coach Justin.

Sejumlah peluang dari penggawa Timnas, Elkan Baggott, Witan Sulaeman, dan lainnya, justru berhasil dipatahkan oleh Deep Karki.

Baca Juga

Bahkan, Coach Justin tak ragu menyebut penyelamatan yang dilakukan Deep Karki sudah selevel dengan kiper Manchester United dan Timnas Spanyol, David de Gea.

"Tapi kipernya melakukan penyelamatan, sudah gila, benar-benar penyelamatan level de Gea. Heading-nya Elkan, terus shooting kena tiang, chip-nya Witan, ditepis semua."

Baca Juga

Dengan hasil mentereng ini, Coach Justin mengingatkan bahwa permainan Timnas Indonesia masih jauh dari kata baik. Hal ini harus diperbaiki sebelum Piala Asia 2023.

"Jeleknya passing kita itu tidak tersorot, tidak dibahas, berkat skor 7-0. Padahal kalau kita kritis, terutama babak pertama, jelek banget passingnya," pungkas Justin.


2. Rekap Hasil Kualifikasi Piala Asia 2022:

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Rabu, 8 Juni 2022: Kuwait 1-2 Timnas Indonesia

Minggu, 12 Juni 2022: Timnas Indonesia 0-1 Yordania

Rabu, 15 Juni 2022: Timnas Indonesia 7-0 Nepal

Persis SoloJustinus LhaksanaTimnas IndonesiaBola InternasionalNepalBerita Timnas IndonesiaCoach JustinKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini