x

Jadi Korban Piala Presiden, Bomber Persib Ciro Alves Absen Hampir 2 Bulan

Senin, 20 Juni 2022 14:48 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi gol pemain Persib Bandung, Ciro Alves, ke gawang Persebaya di Piala Presiden 2022

INDOSPORT.COM - Pemain anyar Persib Bandung, Ciro Alves, dipastikan bakal absen pada sisa pertandingan Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, karena mengalami patah tulang di bagian bahu.

Menurut dokter tim Persib, Alvin Wiharja, meski Ciro Alves mengalami patah tulang, tetapi pemain yang baru bergabung di musim 2022-2023 ini tidak memerlukan operasi untuk memulihkan kondisinya.

Baca Juga

Meski demikian, pemain asal Brasil itu membutuhkan waktu sekitar enam pekan untuk memulihkan kembali kondisinya, agar bisa tampil kembali di lapangan memperkuat skuat Maung Bandung.

"Ciro keadaannya mengalami patah tulang di bagian bahu, tapi sebagian tidak terlalu besar, kita anggap itu sesuatu yang manageable, dan treatable, dilakukan konservatif tanpa operasi," kata Alvin.

Alvin berharap, proses pemulihan Ciro Alves bisa berjalan dengan lancar, sehingga pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang akan bergulir pada akhir Juli mendatang mantan pemain Tira Persikabo tersebut bisa memperkuat tim kebanggaan Bobotoh.

Baca Juga

"Sehingga kita harapkan kondisinya baik selama enam minggu ke depan. Dia diharapkan bisa menyatu kembali, bagian yang patah itu, sehingga bisa kembali ke tim untuk persiapan Liga 2022," ucap Alvin.

Alvin menambahkan, penanganan utama yang dilakukan oleh tim medis yakni pemulihan di bagian bahu kiri Ciro Alves. 

Selain itu, tim pelatih juga akan tetap memberikan program latihan untuk menjaga kondisi fisiknya agar tetap bugar, sehingga saat kompetisi Liga 1 2022-2023 bergulir bisa kembali diturunkan memperkuat tim kebanggaan Bobotoh.

Baca Juga

"Tentunya penanganan utama ketika ada kendala seperti itu dalam imobilisasi di bagian yang mengalami cederanya itu, karena bahu sebelah kiri, jadi terfokus imbobilisasi itu di bahu sebelah kiri," ujarnya.

"Kalau untuk lower body itu akan tetap kita lakukan, karena itu untuk menjaga staminanya , endurance, dan kekuatan otot, sehingga memang akan ada keterbatasan gerak, tapi penurunannya tidak cukup jauh," jelas Alvin.


1. Tampil Apik tapi Makan Banyak Korban

Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo (kiri) dan Pelatih Persib, Robert Rene Alberts saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/06/22), saat konferensi pers jelang lawan Persib Bandung. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Pada pertandingan menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Ciro Alves menyumbangkan satu gol yang membuat tim kebanggaan Bobotoh unggul dengan skor 3-1.

Kemenangan yang diraih pada pertandingan kedua Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, membuat Persib saat ini berada di peringkat pertama grup dengan mengoleksi empat poin.

Baca Juga

Sebelumnya, di pertandingan pertama tim kebanggaan Bobotoh hanya mampu meraih satu poin, setelah laga menghadapi Bali United berakhir imbang 1-1.

Sedangkan peringkat kedua ditempati oleh Bhayangkara FC, dengan poin yang sama yakni empat. Hanya saja, produktivitas gol Persib lebih unggul, lantaran Bhayangkara FC di laga sebelumnya hanya unggul 2-1 atas Bali United.

Selain itu, di pertandingan sebelumnya Bhayangkara FC hanya bermain imbang dengan Persebaya Surabaya 1-1.

Baca Juga

Pada pertandingan pamungkas Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, skuat Maung Bandung akan mengahadapi Bhayangkara FC, Selasa (21/06/22). Laga tersebut rencananya bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. 

Sementara itu, selain Ciro Alves, beberapa pemain Persib mengalami cedera, diantaranya Victor Igbonefo, yang harus mendapatkan perawatan di rumah sakit lantaran mengalami benturan saat mencetak gol ke gawang Persebaya di menit 26.

Menurut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, kemungkinan besar Victor Igbonefo membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama, karena patah tulang pipi dan harus menjalani operasi. Sehingga kemungkinan besar bakal absen pada laga sisa Grup C Piala Presiden 2022 dan musim awal kompetisi.

"Beckham cukup serius, Victor juga serius dan mungkin membutuhkan waktu yang lama (untuk pemulihan)," kata Robert Alberts saat konferensi pers setelah pertandingan.

Baca Juga

Selain Victor Igbonefo, Beckham Putra dan Ciro Alves, pemain asing Persib lainnya juga mengalami cedera yakni Nick Kuipers.

Robert Alberts berharap, kondisi anak asuhnya bisa segera pulih, pasalnya mereka akan disiapkan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang rencananya akan digelar pada akhir Juli mendatang.


2. Harus Dioperasi, Bek Naturalisasi Persib Absen Panjang?

Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo, saat berlatih di Stadion GBLA, kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Persib Bandung dipastikan juga bakal kehilangan Victor Igbonefo cukup lama lantaran pemain yang berposisi sebagai bek ini mengalami cedera patah tulang pipi.

Menurut pelatih Robert Rene Alberts, pengguna nomor punggung 32 ini harus menjalani operasi supaya kondisinya bisa pulih seperti semula.

Setelah menjalani operasi, Igbonefo bakal membutuhkan waktu pemulihan cukup lama dan dipastikan bakal absen pada laga sisa turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Presiden 2022.

"Disayangkan Victor harus absen lama karena mengalami cedera panjang. Dia mengalami tiga retakan di tulang pipinya dan memang cukup serius," kata Robert Rene Alberts.

"Karena salah satu patahan di belakang mata, sehingga dia harus diberi tindakan dan operasi yang serius," ujar pelaith Persib Bandung berpaspor Belanda tersebut. 

Baca Selengkapnya: Patah Tulang Pipi dan Harus Dioperasi, Bek Naturalisasi Persib Absen Panjang?

Persib BandungPiala PresidenLiga IndonesiaCiro AlvesPiala Presiden 2022

Berita Terkini