x

PSSI dan Shin Tae-yong Ungkap Status Ivar Jenner, Calon Playmaker Timnas Indonesia U-19

Rabu, 22 Juni 2022 21:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Tidak adanya pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 jadi sorotan.

INDOSPORT.COM - Tidak adanya pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 jadi sorotan. Pasalnya, ada tiga pemain keturunan lain yang justru dipanggil ikut latihan di Stadion Madya, Senayan. 

Ivan sebelumnya telah bertemu perwakilan PSSI yakni Hasani Abdulghani selaku Exco PSSI. Pemain 18 tahun itu dilaporkan masuk bidikan PSSI untuk bela Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia. 

Baca Juga

Pada latihan Timnas Indonesia U-19, Selasa (21/06/22) hanya terlihat tiga pemain keturunan yakni Jim Roberto Croque, Kai Boham dan Max Christoffel. 

Keberadaan Kai dan Nax cukup mengejutkan. Sebab, nama keduanya belum pernah disebutkan PSSI dalam rencananya menaturalisasi pemain keturunan. 

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong pun menjelaskan soal status Ivar Jenner. Dia mengatakan belum ada update terbaru dari federasi maupun pemain yang bersangkutan, jadi tidak ikut dalam latihan bulan ini. 

Baca Juga

"Sampai saat ini belum ada update ya.  Belum ada tambah pemain lagi yang naturalisasi sampai saat ini untuk datang ke training camp," kata Shin Tae-yong.

Hal tak jauh berbeda juga dikatakan direktur teknik PSSI, Indra Sjafri. Dia hanya menyebut tiga nama pemain keturunan Belanda yang ikut latihan Timnas U-19 kemarin sore. 

"Saya belum tahu soal Ivar Jenner. Yang ada saja yang diberitain," ujar Indra Sjafri secara singkat.

Ivar Jenner lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Meski masih berusia 18 tahun, Ivar Jenner sudah menjalani debutnya bersama Jong Utrecht di kompetisi kasta kedua Liga Belanda.

Baca Juga

Dia mendapatkan kontrak profesionalnya pada 28 Mei 2021 dan tanda tangani kerja sama dengan FC Utrecht hingga pertengahan 2024. 

Ivar Jenner sempat tampil untuk timnas U-15 Belanda pada 7 Maret 2019. Setelahnya, dia juga mendapat panggilan untuk mengikuti seleksi di timnas Belanda U-17 dan U-18. Darah Indonesia Ivar Jenner disebutkan mengalir dari kakeknya yang lahir di Kediri, Jawa Timur. 


1. Gabung Latihan Timnas Indonesia U-19, Begini Kesan Bek Keturunan Surabaya-Belanda

Pemain keturunan, Kai Boham saat mengikuti latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (21/06/22).

Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Kai Boham, terlihat ikut latihan bersama Timnas Indonesia U-19, Selasa (21/06/22) di Stadion Madya, Senayan. Dia mengaku sangat antusias dan senang bisa datang ke Tanah Air. 

Kai mengatakan latihan berjalan lancar. Semua pemain mendukung, begitu pula tim pelatih. Pasalnya, dia sudah pernah bergabung saat Timnas U-19 jalani latihan di Prancis usai Toulon Cup 2022. 

Baca Juga

"Latihan hari ini berjalan lancar, semua tampak baik, banyak pemain bagus di sini, dan kami layaknya keluarga di sini. Saya senang berada di sini," kata Kai. 

Meski demikian, Kai mengaku tetap harus beradaptasi dengan cuaca di Jakarta. Dia juga berusaha membangun komunikasi dan kemistri dengan pemain lain, karena ada beberapa nama baru. 

"Ya, harus diakui cuaca di sini berbeda. Di Belanda cuacanya lebih dingin dibandingkan di sini," jelasnya.

Baca Juga

"Dan saya harus coba menyesuaikan gaya main saya dengan pemain lain di sini. Tetapi ya saya bisa berlatih dengan baik di sini," sambung Kai. 

Pemain 20 tahun itu menjelaskan tertarik bela Timnas Indonesia karena merupakan negara leluhurnya. Ayah Kai, kakek dan neneknya berasal dari Indonesia, tepatnya Jawa Timur. 

Baca Juga

"Indonesia adalah negara asal ayah saya, dan ini jadi kebanggaan tersendiri bagi keluarga saya juga, ketika saya main untuk Indonesia," tuturnya. 

"Ya, ayah saya berasal dari Indonesia, kakek saya lahir di Surabaya, dan nenek saya berasal dari Bali. Mereka berdua lahir di Surabaya dan Bali," lanjut bek Almere FC U-21 itu. 


2. Evaluasi Shin Tae-yong Pasca Toulon Tournament

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22).

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengincar juara Piala AFF U-19 2022 yang akan digelar pada 2 hingga 15 Juli mendatang.

Hal itu lantaran Timnas Indonesia U-19 akan tampil sebagai tuan rumah. Shin Tae-yong mengatakan persiapan Timnas U-19 sudah cukup baik untuk hadapi Piala AFF.

Tim baru saja ikut turnamen internasional yakni Toulon Tournament 2022 di Prancis dan menjalani uji coba dengan klub lokal di negara tersebut.

Juru taktik 52 tahun itu akan mendaftarkan 23 pemain pilihan untuk bersaing dengan lima negara lain di penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

"Kami dalam persiapan sangat baik, jadi target kita memang juara karena main home juga. Nanti ada 23 pemain akan dibawa ke AFF," kata Shin Tae-yong.

Pada ajang Piala AFF U-19, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi oleh Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja dan Singapura. 

Baca Selengkapnya: Timnas Indonesia Incar Juara Piala AFF U-19 2022, Ini Evaluasi Shin Tae-yong Pasca Toulon Tournament

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini