x

Mengenal Visakha FC, Klub Kamboja yang Hancurkan Bali United di Piala AFC 2022

Selasa, 28 Juni 2022 06:41 WIB
Editor: Juni Adi
Para pemain Visakha FC mengawal ketat pergerakan pemain Bali United. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Visakha FC membuat kejutan di Piala AFC 2022 dengan mengalahkan Bali United di Piala AFC 2022. Seperti apa profilnya.

Bali United harus menelan pil pahit kala berhadapan dengan wakil Liga Kamboja, Visakha FC, di babak penyisihan Grup G Piala AFC 2022 zona ASEAN, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (27/06/22) kemarin.

Baca Juga

Jawara Liga 1 Indonesia dua kali beruntun, Bali United, tanpa diduga kalah dengan skor mencolok 2-5. 

Padahal tuan rumah sempat unggul lebih dahulu melalui gol Irfan Jaya menit ke-9. Ia memanfaatkan bola sodoran Eber Bessa, setelah bek lawan melakukan kesalahan.

Sayang setelah gol itu, permainan Bali United tampak kacau. Mereka malah kebobolan dua gol hingga turun minum.

Baca Juga

Visakha FC menyamakan kedudukan melalui gol Paulo Victor di menit ke-17 dan berbalik unggul melalui gol Ouk Sovann menit ke-45.

Skor 2-1 bertahan hingga jeda. Memasuki babak kedua, Bali United yang tertinggal bukannya bermain lebih baik malah lebih buruk.

Pertahanan mereka mudah sekali dibobol hingga menyebabkan datang gelontoran tiga gol baru.

Baca Juga

Visakha FC mencetak gol ketiga di menit ke-55 melalui gol Lee Jae-gun, dan memperbesar keunggulan melalui gol Paulo Victor menit ke-63, dan terakhir ada gol Ouk Sovann menit ke-88. 

Bali United sempat memperkecil keadaan menjadi 2-4 melalui gol Jean Befolo Mbarga menit ke-85. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 5-2 tak berubah. 

Dengan kemenangan ini, Visakha FC merangsek naik ke puncak klasemen sementara Grup G Piala AFC 2022 zona ASEAN, dengan enam poin.

Sedangkan Bali United berada di peringkat kedua dengan tiga poin. Hanya butuh satu kemenangan lagi bagi Vishaka FC untuk bisa melaju ke babak selanjutnya.

Bagi publik sepak bola Indonesia, mungkin pencapaian Visakha FC ini tergolong mengejutkan, karena mereka mampu membantai jawara Liga 1 Indonesia.

Sebuah kompetisi liga yang saat ini menjadi salah satu terbaik di regional Asia Tenggara.

Apalagi untuk ukuran klub yang baru berumur enam tahun namun di sisi lain, tentu ini adalah progres yang membanggakan bagi sepakbola Kamboja.


1. Profil Singkat Visakha FC

Para pemain Visakha FC mengawal ketat pergerakan pemain Bali United. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Visakha FC merupakan klub yang baru terbentuk belum lama ini, yakni pada 10 Februari 2017 oleh Sar Sokha, seorang sekretaris kementerian pendidikan, pemuda dan olahraga Kamboja.

Di tahun pertamanya, Visakha FC langsung tampil mengikuti kompetisi kasta kedua Liga Kamboja, dan juara.

Sehingga mereka hanya butuh satu tahun saja untuk promosi ke kasta tertinggi yang saat ini dikemas dengan nama Liga Primer Kamboja.

Perjalanan yang singkat, membuat Visakha FC menjadi perbincangan publik sepak bola Kamboja. 

Usianya yang baru seumur jagung tapi mampu membukukan prestasi yang luar biasa di level domestik. Mereka juga finis di posisi ketiga di musim pertamanya bermain di kasta tertinggi.

Saat ini prestasi terbaiknya adalah menempati urutan ke-2 pada kompetisi liga musim 2019 lalu.

Kendati belum mampu menjuarai liga lokal, mereka ternyat sudah mampu berbicara di evel Asia Tenggara, usai menjadi wakil Kamboja di Piala AFC 2022 karena menjuarai piala domestik Hun Sen Cup edisi 2021.

Sementara jika dilihat dari sisi Bali United, sejatinya mereka juga belum alam terbentuk yakni pada 2015 usai mengakuisisi lisensi klub Persisam Samarinda.

Sama dengan Visakha FC, meski belum lama berdiri sejumlah prestasi langsung diraih Bali United, salah satu yang fenomenal adalah ketika menjuarai Liga 1 Indonesia dua musim beruntun.

Sayangnya pada pertandingan kali ini Visakha FC mampu menunjukan perkembangan yang memuaskan dari pembenahan sistem kompetisi mereka.


2. Alasan Bali United Kalah

Para pemain Visakha FC mengawal ketat pergerakan pemain Bali United. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Bali United mengakui kekalahan atas Visakha FC 2-5 pada lanjutan Piala AFC 2022 grup G di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (27/6/22) sore. Penurunan kondisi fisik membuat organisasi permainan tak berjalan.

Kekalahan atas Visakha FC benar-benar tak terduga. Apalagi dari segi peringkat kompetisi maupun Timnas Indonesia jauh lebih unggul dari Kamboja.

Namun, fakta di lapangan sungguh mengejutkan. Kamboja memiliki pemain asing dengan kontribusi luar biasa. Mereka membuat lini tengah Bali United kocar-kacir.

Penyerang asal Brasil, Paulo Soares mencetak dua gol menit ke-17 dan 63. Kontribusi sama turut dibuat Ouk Sovann dengan torehan dua gol menit ke-45 dan 88.

Satu gol lain dicetak gelandang asal Korea Selatan, Lee Jae-gun. Bali United mencetak dua gol lewat Irfan Jaya menit ke-9 dan Privat Mbarga menit ke-85.

Baca selengkapnya: Dibantai 5-2 Oleh Wakil Kamboja di Piala AFC 2022, Pelatih Bali United Akui Timnya Kelelahan

 

Bali UnitedPiala AFC 2022Visakha FC

Berita Terkini