x

Timnas Indonesia Waspada, 3 Alasan Vietnam Jadi Lawan Mengerikan di Piala AFF U-19

Selasa, 28 Juni 2022 14:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan menuju Piala AFF U-19 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia bakal menghadapi Vietnam di penyisihan grup Piala AFF U-19 2022 pada bulan Juli mendatang.

Sebagai tuan rumah Grup A, skuat Garuda Muda tentu membidik hasil maksimal ketika menghadapi para rivalnya.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Berdasarkan jadwal Piala AFF U-19 2022, mereka akan bersua tim tangguh Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/22).

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tim sepak bola Vietnam memiliki reputasi yang apik di kancah Asia Tenggara.

Baca Juga

Bukan hanya skuat senior, para pemain kelompok umur mereka tentunya juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

Pasalnya, Timnas Vietnam U-19 saat ini ditangani oleh Dinh The Nam, yang notabene bukan pelatih sembarangan.

Sejarah mencatat, ia adalah sosok di balik kesuksesan Vietnam menjuarai Piala AFF U-23 2022 awal tahun ini ketika Park Hang-seo ditugaskan untuk fokus ke tim senior.

Baca Juga

Di Piala AFF U-23 2022, mereka memenangkan pertandingan final melawan Thailand dengan skor tipis 1-0, lewat gol tunggal Tran Bao Toan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

Setelah gelaran tersebut, badan sepak bola Vietnam memutuskan tidak lagi melanjutkan kerja sama dengan Dinh The Nam di level U-23.


1. Selain Faktor Pelatih, Faktor Pemain Juga Mendukung

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan menuju Piala AFF U-19 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Namun sepak terjang Dinh The Nam tidak berhenti sampai di situ. Ia juga pernah membawa skuat Vietnam muda lolos ke perempat final Piala Asia U-16 2016.

Sayangnya pada saat itu mereka takluk di tangan Iran lima gol tanpa balas di Pandit Jawaharlal Nehru Stadium, Margao.

Baca Juga

Kini, Dinh The Nam bersiap menghadai tantangan baru di Piala AFF U-19 2022, di mana ia akan bersua pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Jelang laga perdana Grup A, Dinh The Nam pun mempersiapkan skuatnya sebaik mungkin, termasuk menyusun skema yang tepat untuk menghadapi para lawannya.

Dilansir dari media Vietnam, TheThao274, Dinh The Nam berencana memakai formasi 4-3-3 di Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Meski memiliki jadwal super padat dan hanya punya waktu terbatas untuk persiapan, ia berjanji akan melakukan yang terbaik.

Dengan pengalaman yang ia miliki sejauh ini, nampaknya membawa Timnas Vietnam U-19 melaju jauh di kompetisi ini bukan misi yang sulit terwujud.

Pemain

Selanjutnya, faktor kedua yang bisa membuat Timnas Vietnam U-19 jadi lawan horor bagi Indonesia adalah kekuatan tim yang berisikan pemain seperti Khuat Van Khang dan Nguyen Van Truong.

Baca Juga

Keduanya sudah memiliki pengalaman yang lumayan mumpuni di level U-23 dan sempat membela Vietnam di Piala Asia U-23 2022 lalu.

Mereka pun menuai ulasan positif usai tampil di turnamen kelompok usia tersebut dan menginjakkan kaki di perempat final.


2. Persiapan

Ilustrasi: potret kemesraan suporter Timnas Indonesia dan Vietnam di depan Stadion Rizal Memorial pada 2019. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT.

Meski mengaku tidak memiliki banyak waktu untuk bersiap-siap, Dinh The Nam agaknya masih bisa tersenyum lantaran para pemainnya meraih hasil positif di laga uji coba jelang Piala AFF U-19 2022.

Bagaimana tidak? Mereka berhasil menekuk klub top Vietnam sekaligus raksasa penguasa liga, Hai Phong FC.

Baca Juga

Tipis saja, Timnas Vietnam U-19 menang dengan skor 1-0 berkat sundulan Dang Tuan Phong di babak kedua.

Pertandingan ini merupakan persiapan terakhir Vietnam sebelum bertolak ke Indonesia untuk Piala AFF U-19 2022.

Hasil melawan Hai Phong FC, meski tidak terlalu wah, tetap jadi rapor positif skuat The Golden Star Warriors jelang turnamen.

Baca Juga

Pasalnya, di dua laga uji coba sebelumnya, mereka belum meraih hasil maksimal dengan satu kali kalah dan satu kali imbang.

Hanya saja, jika harus dideskripsikan, mereka menunjukkan grafik yang menanjak dari uji coba awal hingga akhir.

Pertama, Timnas Vietnam U-19 menghadapi Phu Dong FC dan menelan kekalahan 1-2, yang kemudian sedikit diperbaiki di uji coba kedua.

Baca Juga

Adalah  Phu Tho FC, yang berhasil ditahan imbang dengan skor 2-2 sebelum beralih ke agenda uji coba selanjutnya melawan tim papan atas Hai Phong FC.

Tidak ayal, memenangkan pertandingan kontra Hai Phong FC yang memuncaki klasemen V.League 1 adalah modal, pelajaran, dan pengalaman berharga jelang Piala AFF U-19 2022.

VietnamTimnas IndonesiaTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaOne FootballPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini