x

Piala AFF U-19: Penonton Padati Stadion Patriot, Timnas Indonesia U-19 Disambut Nyala Flare

Sabtu, 2 Juli 2022 20:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Suporter Timnas Indonesia membentangkan bendera merah putih di Stadion Patriot dalam laga kontra Vietnam di Piala AFF U-19.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 sudah tiba di Stadion Patriot, Bekasi untuk pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2022 lawan Vietnam, Sabtu (02/07/22). Kedatangan skuad Garuda Nusantara disambut Ultras Garuda dengan nyala flare. 

Ribuan suporter sudah memadati area sekitar stadion dan sebagian sudah masuk ke dalam. Mereka antusias untuk menyaksikan aksi anak asuh Shin Tae-yong di Piala AFF U-19

Baca Juga

Ini adalah pertandingan pertama Timnas yang dimainkan di area Jabodetabek, sehingga para suporter sangat antusias. Ini juga kesempatan perdana kembali ke stadion setelah dua tahun absen karena pandemi.

"Enggak sabar nih lihat Timnas main. Walaupun U-19 tapi ini kan disiapkan untuk Piala Dunia U-20 jadi kita wajib dukung langsung," ujar Ricky salah satu suporter yang sambut bus Timnas Indonesia U-19. 

Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang lakukan pemanasan dan suasana stadion mulai meriah dengan nyanyian dan tabuhan drum dari suporter. Sementara di luar stadion sebelumnya suporter sempat menyalakan flare. 

Baca Juga

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong langsung menurunkan pemain terbaiknya seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Subhan Fajri dan lainnya. 

Pada ajang Piala AFF U-19, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja dan Singapura. 

"Tim sudah siap dan saya antusias. Di laga pertama semoga bisa tiga poin. Memang kekurangan pasti ada, tapi kami perbaiki dan semoga laga pertama kami main dengan baik dan target kami pasti juara," ujar pemain Timnas U-19, Razzaa Fachrezi.

Baca Juga

Sebelum turun di Piala AFF U-19 2022, Timnas U-19 telah jalani dua kali uji coba. Ronaldo Kwateh dkk, bermain imbang 0-0 kontra tim muda Persija Jakarta dan kalah 0-1 dari Bhayangkara FC. 

Ajang Piala AFF U-19 2022 sekaligus pemanasan bagi Timnas U-19 sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. 


1. Siap Atasi Tekanan Suporter

Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Indonesia dan pemain yg diwaspadai. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Sementara itu, pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam menyadari timnya akan dapat teror sepanjang 90 menit dari suporter saat lawan Timnas Indonesia U-19. 

Dinh The Nam tau akan fanatisme sepak bola di Indonesia. Hal itu diakuinya akan berikan tekanan tersendiri untuk para pemain. 

Baca Juga

"Kami mungkin akan kesulitan karena pasti suporter Indonesia akan datang penuhi stadion untuk dukung Indonesia," ujar Dinh The Nam. 

"Tapi, kami siap untuk tantangan ini dan kami percaya diri. Kami akan lakukan yang terbaik, tak ada yang tak mungkin," lanjutnya. 

Untuk tampil di Piala AFF U-19 2022, Vietnam membawa 27 pemain. Mereka tiba sejak tiga hari lalu dan telah lakukan adaptasi dengan baik. 

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, di Piala AFF U-19 2022 Shin Tae-yong tidak akan kembali melawan Park Hang-seo. Federasi sepak bola Vietnam telah memilih Dinh The Nam sebagai pelatih kepala untuk mendampingi Nguyen Van Truong dkk.

Meski akan beradu taktik dengan Shin Tae-yong, Dinh The Nam mengaku tidak gentar sedikitpun. Ia justru termotivasi untuk menunjukan kecerdasannya meramu strategi di hadapan pendukung Timnas Indonesia U-19.

"Saya sangat antusias menghadapi pelatih-pelatih bagus, termasuk Shin Tae-yong yang menangani timnas Indonesia U-19," ujar Dinh The Nam dilansir dari TheThao247.

Baca Juga

"Bila anda belum memulai pertandingan, anda tidak bisa memikirkan sebuah kejuaraan," tuturnya menambahkan.

Nama Dinh The Nam memang cukup asing terdengar di telinga para pendukung Timnas Indonesia U-19. Meski begitu, rupanya ia bukanlah pelatih kaleng-kaleng.
 


2. Terungkap Target Besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, memiliki target besar selain menjadi juara Piala AFF U-19 untuk Timnas Indonesia U-19, Sabtu (02/07/22).

Shin Tae-yong memang membidik gelar juara untuk Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Namun bagi Shin Tae-yong sejatinya ada target besar lainnya yang ia harapkan dari Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19. Terlebih perhelatan Piala AFF U-19 2022 merupakan turnamen perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-19.

Sehingga dia sejatinya ingin mengetahui kemampuan para pemainnya jelang Piala Dunia U-20 2023 mendatang. "Karena ini turnamen U-19 pertama untuk saya, saya ingin melihat level Timnas U-19 seperti apa," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan sejatinya target besar dia bersama Timnas Indonesia U-19 bukanlah di turnamen ASEAN, melainkan level Piala Dunia nantinya.

Baca Selengkapnya: Terungkap Target Besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-19

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler