x

Profil Dinh The Nam, Pelatih Vietnam yang Siap Adu Taktik Lawan Shin Tae-yong di Piala AFF U-19

Sabtu, 2 Juli 2022 17:10 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Indonesia dan pemain yg diwaspadai. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Berikut profil pelatih Vietnam, Dinh The Nam, yang tidak gentar untuk beradu taktik melawan juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022.

Sebagaimana diketahui, di Piala AFF U-19 2022 Shin Tae-yong tidak akan kembali melawan Park Hang-seo. Federasi sepak bola Vietnam telah memilih Dinh The Nam sebagai pelatih kepala untuk mendampingi Nguyen Van Truong dkk.

Baca Juga

Meski akan beradu taktik dengan Shin Tae-yong, Dinh The Nam mengaku tidak gentar sedikitpun. Ia justru termotivasi untuk menunjukan kecerdasannya meramu strategi di hadapan pendukung Timnas Indonesia U-19.

"Saya sangat antusias menghadapi pelatih-pelatih bagus, termasuk Shin Tae-yong yang menangani timnas Indonesia U-19," ujar Dinh The Nam dilansir dari TheThao247.

"Bila anda belum memulai pertandingan, anda tidak bisa memikirkan sebuah kejuaraan," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Nama Dinh The Nam memang cukup asing terdengar di telinga para pendukung Timnas Indonesia U-19. Meski begitu, rupanya ia bukanlah pelatih kaleng-kaleng.

Dinh The Nam lahir pada 30 April 1965 silam di Hai Phong, Vietnam. Sebelum berkarier sebagai pelatih, ia meruapakan mantan pemain sepak bola profesional era 1980-an hingga awal 1990-an.

Baca Juga

Pria berusia 57 tahun ini tercatat pernah memperkuat Timnas Vietnam di ajang SEA Games edisi 1991 silam yang berlangsung di Filipina dan 1993 di Singapura.

Di level klub, Dinh The Nam sempat memperkuat sejumlah tim Vietnam yaitu Army Air Defense Team, Army Club (The Cong), hingga Hai Phong Police Team.


1. Prestasi Dinh The Nam Sebagai Pelatih

Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Indonesia dan pemain yg diwaspadai. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Setelah memutuskan gantang sepatu, Dinh The Nam kemudian memilih untuk ikut kursus kepelatihan. Di awal karier, ia bekerja sebagai pelatih di Hai Phong pada 2000 hingga 2011.

Berkat Dinh The Nam, Hai Phong sempat memperoleh gelar juara  Piala Nasional pada 2005. Kemudian mengantar klub tersebut promosi ke kasta tertinggi Liga Vietnam musim 2006-2007.

Baca Juga

Setelah meninggalkan klub kota kelahirannya tersebut, ia kemudian sempat bergabung ke Hanoi T&T ( yang kini bernama Hanoi FC).

Baca Juga

Dinh The Nam juga pernah tercatat bekerja sebagai pelatih di The Promotion Fund for Vietnamese Football Talent (PVF) yang menjadi akademi sepak bola ternama di Vietnam.

Baca Juga

Berkat kejeliannya, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) kemudian memberinya tugas untuk menahkodai skuat U-15.

Dinh The Nam mendapat keberuntungan ketika menangani tim nasional kelompok umur. Dirinya membawa Timnas Vietnam U-15 melaju hingga final Piala AFF U-16 2015.

Dia juga mengantarkan anak asuhnya melaju ke perempat final Piala Asia U-16 2016 lalu.


2. Pelatih Vietnam Punya Unek-unek Terpendam

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

Jelang Menghadapi Timnas Indonesia U-19 dalam laga Piala AFF U-19 2022, pelatih timnas Vietnam, Dinh The Nam, mengungkap beberapa keluhan jelang laga.

Dilansir dari media Vietnam, Soha.vn, pelatih Vietnam menyebut Indonesia diberi keberuntungan dengan beberapa keistimewaan, selain menjadi tuan rumah dan memiliki pemain hebat.

“Pertandingan pembuka kami sungguh dihantui ketidakberuntungan dengan Indonesia sebagai tuan rumah dengan dukungan para penonton di lapangan,” ujar The Nam.

“Tetapi, beberapa waktu yang lalu, kami selalu memberikan semangat pada pemain agar mereka mampu bersiap dengan baik dan profesional sebelum pertandingan melawan Indonesia," tuturnya menambahkan.

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini