x

Punya Kans Bela Timnas Indonesia dan Belanda, Wonderkid Bayern Munchen Pilih Perkuat 'Liliput' Eropa

Sabtu, 2 Juli 2022 04:56 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
David Jonathan bisa bela timnas Indonesia atau Belanda namun bintang muda Bayern Munchen tersebut lebih memilih Luksemburg untuk saat ini.

INDOSPORT.COM - Rupa-rupanya di klub sebesar Bayern Munchen pun ada talenta keturunan Indonesia yang sebelum ini tidak terbaca oleh radar timnas Indonesia.

Namanya adalah David Jonathans, penyerang muda berdarah Belanda yang uniknya memilih untuk memegang paspor Luksemburg dan membela timnasnya.

Baca Juga

Jonathans pertama kali 'ditemukan' oleh salah satu akun Instagram yang memang hobi mengumpulkan database pemain blasteran Indonesia yakni @footballtalentnesia.

Akun tersebut punya banyak jaringan di Eropa dan bahkan jadi salah satu yang pertama mengetahui soal banyak pemain keturunan lain terutama di Belanda.

Baca Juga

Sebut saja Kai Boham, Max Christoffel, dan Jim Croque yang saat ini tengah melakukan seleksi bersama timnas Indonesia U-19 demi dinilai kelayakannya untuk naturalisasi.

Menurut bocoran dari @footballtalentnesia, Jonathan memiliki darah 'merah-putih' dari ayahnya yang murni orang Indonesia.

Baca Juga

Belum diketahui secara pasti dimana David Jonathan dilahirkan namun yang jelas ia tumbuh besar di Luksemburg dan mengeyam pendidikan sepak bola bersama sebuah klub bernama Swift Hesperange.

Ia baru bergabung bersama akademi Bayern Munchen pada Juli 2020 silam dan kini sang remaja 18 tahun masuk dalam skuat U-19 Die Roten.


1. Sejak Lama Pilih Luksemburg

Punya Kans Bela Timnas Indonesia dan Belanda, Wonderkid Bayern Munchen Pilih Perkuat 'Liliput' Eropa

Meski Luksemburg hanya negara kecil yang wilayahnya diapit tiga raksasa sepak bola yakni Belgia, Prancis, dan Jerman, namun Jonathan tetap mau membela timnasnya.

Bahkan namanya sudah masuk dalam sistem D'Roud Léiwen sejak level U-15 dan kini ia bersama Luksemburg U-19 dimana status pemain reguler dimilikinya.

Baca Juga

Walaupun luas tanah dan jumlah sumber daya manusianya sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan Indonesia, namun wajar jika David Jonathan lebih memilih membela Luksemburg.

Luksemburg saat ini adalah negara dengan peringkat FIFA yang tergolong bagus yakni 93 per Juni 2022. Mereka bahkan sempat ada di tangga ke-82 pada medio September 2018.

Baca Juga

Memang benar jika Luksemburg sama sekali tidak pernah bisa lolos ke putaran final kompetisi top macam EURO atau Piala Dunia namun setidaknya mereka punya kualitas pemain yang lebih baik ketimbang timnas Indonesia.

Hanya bisa berkutatnya mereka di Liga C atau D di ajang UEFA Nations League juga tidak membuat Luksemburg lemah namun hanya lawan-lawannya saja yang terlalu kuat.

Baca Juga

Sampai saat ini belum ada kejelasan apakah Jonathan mau membela negara ayahnya di kancah internasional suatu hari nanti namun sepertinya kans itu cukup kecil.

Terutama jika nantinya nama David Jonathan sukses menembus tim utama Bayern Munchen dan menjadi pemain utama. Bisa-bisa timnas Indonesia dan Luksemburg justru kalah saing dengan Belanda untuk memanggilnya.


2. Ketua Komisi X DPR RI Ikut Komentari Pembatalan Naturalisasi Amat

Jordi Amat

Kepindahan Jordi Amat ke klub kaya rasa asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim, membuat Ketua Komisi X DPR minta agar naturalisasinya dibatalkan.

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, dikabarkan akan segera bergabung dengan tim Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta’zim.

Pemain keturunan Spanyol itu dikabarkan tak lama lagi bakal membela tim Garuda. Namun, Jordi Amat justru santer dirumorkan akan bergabung dengan klub asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim.

Rumor merapatnya Jordi Amat ke Johor Darul Ta’zim pun telah dikonfirmasi oleh sang pemilik, Tunku Ismail Ibni Sultan Ibrahim, Tunku Mahkota Johor dalam jumpa sesi bersama penggemarnya.

Proses transfer Jordi Aman ini pun juga menjadi topik yang banyak disoroti di media sosial oleh para penggemar Timnas Indonesia.

Baca selengkapnya: Ketua Komisi X DPR Minta Naturalisasi Jordi Amat Dibatalkan Usai Gabung JDT

BelandaBayern MunchenLuksemburgNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini