x

Piala AFF U-19 2022: Pemain Timnas Vietnam Sering Jatuh, Sang Pelatih Berikan Pembelaan

Minggu, 3 Juli 2022 00:15 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Vietnam, Dinh The Nam memberikan pembelaan terkait insiden jatuh bangun yang dialami anak asuhnya saat bentrok dengan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 Sabtu (02/07/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Vietnam, Dinh The Nam memberikan pembelaan terkait insiden jatuh bangun yang dialami anak asuhnya saat bentrok dengan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 Sabtu (02/07/22).

Dinh The Nam pun membeberkan alasan mengapa para penggawa The Golden Star bertumbangan di laga yang dihelat di Stadion Patriot Bekasi tersebut.

Baca Juga

Sebelumnya, duel seru tersaji di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam U-19 vs Timnas Indonesia U-19, pada Sabtu (02/07/22) malam WIB.

Akan tetapi, kedua tim harus puas dengan hasil imbang tanpa gol alias 0-0. Padahal Timnas Indonesia U-19 tampil lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Kedua tim harus puas dengan hasil imbang tanpa gol alias 0-0. Padahal Timnas Indonesia U-19 tampil lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Baca Juga

Termasuk lewat sepakan spekulatif Marcelino Ferdinan di menit ke-56 yang masih diselamatkan oleh mistar gawang The Golden Star.

Kemudian, Timnas Indonesia U-19 juga kembali mendapat peluang emas pada menit  ke-80. Adalah Rabbani yang melepaskan tendangan namun masih bisa diamankan kiper lawan.

Memasuki menit-menit krusial, pemain Garuda Muda terus memborbardir pertahanan Vietnam, sayang belum ada gol yang tercipta hingga menit ke-90+6.

Baca Juga

Hasil imbang yang dituai Timnas Indonesia U-19 meninggalkan sejumlah catatan menarik. Salah satunya saat para penggawa Timnas Vietnam jatuh satu persatu.

Netizen yang kesal dengan aksi tersebut bahkan menuding Timnas Vietnam sengaja mengulur waktu. Menanggapi hal tersebut  Pelatih Timnas Vietnam, Dinh The Nam memberikan pembelaan.


1. Pembelaan Pelatih Timnas Vietnam

Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Indonesia dan pemain yg diwaspadai. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Menurut Dinh The Nam, sebab anak asuhnya berjatuhan satu persatu di laga perdana Piala AFF U-19 2022 disebabkan oleh kram.

Lebih lanjut, ia menyebut jika Timnas Vietnam dihuni oleh skuat muda dan belum terbiasa oleh tekanan publik tuan rumah.

Baca Juga

Faktor tersebut, kata Dinh The Nam membuat para penggawa The Golden Star bertumbangan bergiliran dan harus menjalani perawatan medis.

"Ini benar (karena kram)," aku Dinh The Nam melansir dari 24h.com.vn.

"Timnas Vietnam U-19 hari ini sangat kram. Sebagian karena tekanan psikologis di game pertama turnamen,"

Baca Juga

"Para pemain masih muda, jadi mentalitas mereka sangat mempengaruhi kekuatan fisik mereka,"

Dinh The Nam menambahkan jika dirinya sudah mempersiapkan timnya agar mampu mengatasi tekanan seisi Stadion Patriot Bekasi.

Kendati begitu, anak asuhnya urung terbiasa dengan atmosfer tersebut. Dinh The Nam pun memaklumi jika di laga perdana timnya tampil gugup.

Baca Juga

"Sebelum memasuki pertandingan, saya tahu tekanan dari fans Indonesia sangat besar. Ini adalah tradisi Indonesia selama ini, mereka sangat bersemangat dan tahu bagaimana memberikan tekanan pada pemain," ujarnya.

"Saya sudah mempersiapkan para pemain jauh-jauh hari tapi kenyataannya pengalaman mereka masih baru. Saya tahu kondisinya. Itu bisa dimengerti,"


2. Bikin Gemas Netizen

Pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh, tengah menyundul bola dibayang-bayangi pemain Vietnam di Piala AFF U-19.

Usai laga yang berkedudukan 0-0 itu, netizen Indonesia langsung menyerbu akun instagram resmi Timnas Vietnam. Kebanyakan dari mereka menyoroti aksi mengulur-ulur waktu yang dilakukan oleh anak asuh Dinh The Nam.

Dalam pertandingan tersebut, The Golden Star memang membuat publik Tanah Air kesal menyusul seringnya mereka membuat drama terjatuh untuk mengulur waktu.

Wasit sampai memberikan tambahan waktu cukup panjang yakni 7 menit akibat seringnya pertandingan berhenti karena pelanggaran atau hanya sekadar cedera ringan.

Menanggapi hal tersebut, netizen yang gemas oleh aksi  Quoc Viet dan kolega meluapkan kekecewaanya di akun instagram resmi Timnas Vietnam.

Kebanyakan dari mereka menganggap Timnas Vietnam sengaja melakukan diving demi menghindari kekalahan dari Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini