x

3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Bantai Habis Brunei di Piala AFF U-19 2022

Senin, 4 Juli 2022 11:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia bakal melanjutkan perjuangan mereka di matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2022. Foto: Naufal/PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia bakal melanjutkan perjuangan mereka di matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2022.

Seperti diketahui, anak-anak asuh Shin Tae-yong baru saja menelan hasil kurang memuaskan ketika berhadapan dengan Timnas Vietnam U-19, Sabtu (2/7/22) lalu.

Baca Juga

Bermain sama kuat, kedua tim ternyata sama-sama buntu dalam menjebol gawang masing-masing. Alhasil, skor kacamata pun tidak dapat dihindari.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-19 mengawali langkah mereka dengan tergopoh-gopoh ketika Myanmar dan Thailand berhasil menabung 3 poin.

Selepas laga, Shin Tae-yong tentu tidak lupa menggarisbawahi apa-apa saja yang harus ia, timnya, dan para pemainnya perbaiki jelang partai melawan Brunei U-19.

Baca Juga

Lantaran sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu cukup yakin anak-anak asuhnya bisa menang di laga melawan Vietnam U-19.

"Sebelum bertanding, saya berpikir untuk menang," ucap Shin Tae-yong.

Meski menyesalkan hasil pada matchday pertama, Shin Tae-yong selaku pelatih tetap mengapresiasi perjuangan Marselino Ferdinan dkk.

Baca Juga

"Akan tetapi, performa pemain saya rasa baik karena mereka sudah bekerja keras," ujarnya lagi.

Kini, ia dan Timnas Indonesia U-19 tengah mempersiapkan diri jelang pertandingan melawan Brunei, Senin (4/7/22) malam.


1. Timnas Indonesia U-19 Siap Bantai Brunei?

Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Kemenangan tentu bakal dibidik Timnas Indonesia U-19 karena pada matchday pertama hanya bisa mendulang hasil imbang.

Di sisi lain, misi serupa juga diusung kubu lawan setelah dibantai Myanmar tempo hari. Ya, tujuh gol dilesatkan tanpa ampun ke gawang Brunei yang tidak mendapat satu pun kans untuk membalas.

Baca Juga

Kedua tim yang diprediksi bermain sama-sama getol pun akan membuat pertandingan nanti malam berlangsung seru.

Timnas Indonesia U-19 sendiri punya kesempatan besar untuk mengikuti jejak Myanmar membantai Brunei dengan margin skor yang sama besar. Mengapa? Berikut tiga alasannya.

Kualitas

Bicara soal kualitas, Timnas Indonesia U-19 jelas lebih unggul apabila dibandingkan dengan Timnas Brunei U-19.

Baca Juga

Begitu pula, nilai skuat mereka yang berisikan pemain-pemain seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, dan Alfriyanto Nico dkk.

Sementara itu, Brunei praktis hanya memiliki Hakeme Yazid Said yang jadi andalan di skuat asuhan Faisalani Ghani.

Tentunya, hal ini merupakan salah satu faktor utama Timnas Indonesia U-19 bisa memenangkan laga kontra Brunei, bahkan menghabisi mereka dengan gempuran gol ke gawang Mohammad Riyan Aiman Jali.

Baca Juga

Meski begitu, skuat Garuda Nusantara tentu tidak boleh lengah karena secara kualitas berada di atas angin.

Pasalnya, kelengahan dan hilang fokus bisa membuahkan petaka di laga ini, terlebih ketika mereka sedang membidik poin penuh demi mendongkrak posisi di klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022.

 

2. Alasan Lain

Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sudah Evaluasi

Alasan lainnya Timnas Indonesia U-19 bisa membantai Brunei di laga nanti malam adalah kesiapan tim yang sudah melakukan evaluasi.

Tidak dapat dipungkiri, hasil imbang 0-0 melawan Vietnam U-19 tempo hari membuat Shin Tae-yong ketiban PR besar untuk dikerjakan jelang matchday kedua grup, yakni soal finishing.

Baca Juga

Walaupun Brunei dibabat habis-habisan oleh Myanmar, permainan Indonesia juga harus dibenahi karena finishing adalah poin penting di balik keberhasilan sebuah tim mencetak banyak gol.

“Memang Brunei kalah besar hari ini, sedangkan kami seri, jadi memang harus memikirkan segala sesuatunya,” ucap Shin Tae-yong.

Menurut evaluasi Coach Shin, untuk bisa mencetak gol itu diperlukan timing umpan yang baik serta kecepatan bola yang pas.

Baca Juga

Hasil evaluasi dan perbaikan oleh staf tim pelatih Indonesia U-19 pun bakal terlihat hasilnya di laga kontra Brunei nanti malam.

Tuan Rumah

Salah satu faktor paling klise namun nyata, bahwa bermain di kandang sendiri dengan sorakan serta dukungan masif dari pentonton adalah hal yang sangat menguntungkan bagi tim tuan rumah.

Dalam hal ini, Timnas Indonesia U-19 lagi-lagi akan mendapat suntikan semangat dari pemain ke-12 mereka di Stadion Patriot Candrabhaga.

Baca Juga

Sebelumnya, para pemain Vietnam U-19 sudah merasakan betapa ganasnya dukungan penonton dan suporter Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, tekanan penonton tersebut sampai menggoncang mental mereka hingga berjatuhan di lapangan. 

Brunei DarussalamTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler