x

Lempar Batu Sembunyi Tangan, Klarifikasi Ultras Garuda Soal Insiden Flare Dianggap Ganjil

Senin, 4 Juli 2022 21:06 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Indra Citra Sena
Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COMUltras Garuda telah memberikan klarifikasi terkait insiden flare yang baru saja terjadi, namun masyarakat justru tidak menanggapinya dengan positif.

Laga pembuka Piala AFF 2022 yang menampilkan timnas Indonesia kontra Vietnam pada Sabtu (2/7/22) lalu ini berakhir dengan sedikit drama.

Beberapa suporter tampak menyalakan flare dan petasan di pengujung pertandingan.

Baca Juga

Hal itu bahkan menyita perhatian Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia U-19. Ia mengecam aksi yang kurang terpuji itu.

Tindakan tersebut memang dilakukan sejumlah oknum suporter saat timnas Indonesia U-19 menghadapi Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF 2022.

Laga yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga itu berakhir imbang tanpa gol, namun aksi kecil yang dilakukan para suporter sudah mencoreng nama baik timnas Indonesia.

Baca Juga

Mereka mulai menyalakan banyak flare atau cerawat usai laga timnas U-19 vs Vietnam.

Banyaknya flare dan petasan itu membuat fokus para pemain timnas Indonesia U-19 berkurang dan bahkan terganggu menjelang bubaran.

Terkait hal tersebut, Ultras Garuda pun akhirnya memberi klarifikasi melalui akun media sosial mereka.

Baca Juga

Dilansir dari akun Twitter @infosuporter, berikut beberapa poin yang menjadi klarifikasi Ultras Garuda.


1. Isi Klarifikasi Ultras

Suporter Ultras pada pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

1) Insiden pembakaran flare terjadi oleh oknum yang masuk di tribun kami.

2) Sebelum pertandingan dimulai, jauh sebelumnya kami sudah memberikan pemberitahuan dan himbauan kepada anggota baik melalui pesan group WhatsApp maupun secara langsung sebelum match dimulai.

3) Saat terjadi pembakaran flare, kami langsung menindak oknum tersebut.

4) Korlap kami membantu pihak keamanan untuk mengamankan lokasi di pintu masuk dan men-swipping flare.

5) Bukti bahwa kami sangat kooperatif membangun komunikasi yang intens dengan pihak keamanan.

Baca Juga

Masalahnya, klarifikasi yang diberikan oleh Ultras Garuda tersebut justru tidak mendapat tanggapan yang baik dari para netizen.

Mayoritas pengguna media sosial yang berkomentar di akun-akun tunggangan, seperti di twitter, menyayangkan tindakan para supporter.

Saat ini unggahan klarifikasi terkait sudah dihapus oleh pihak Ultras Garuda. Namun beberapa akun sempat menyimpan dan kembali menyirkulasikannya.

Baca Juga

Salah seorang penulis Indonesia, Zen Rahmat Sugito, juga sempat mengomentari insiden flare ini. Ia menulis di akun Twitter-nya, @zenrs.

“Pernyataan resmi kelompok supporter kok ikut-ikutan oknum. Udah cocok jadi pengurus federasi/klub ini,” cuitnya.

Sebelumnya, Ultras Garuda memang mengunggah sebuah status di Instagram yang agak kontradiktif dengan pernyataan mereka saat klarifikasi.

Baca Juga

Mereka menulis “NO PYRO NO PARTY” dan “KALIAN TIDAK AKAN MENGERTI, JIKA BUKAN BAGIAN DARI KAMI. NO ONE LIKE US, WE DON’T CARE.”


2. Beda Respons Iwan Bule dan Shin Tae-yong

Suporter Ultras pada pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Pertandingan pembuka Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022 diwarnai dengan antusiasme suporter yang berlebihan.

Namun, situasi ini mendapat tanggapan berbeda dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan pelatih Timnas Garuda Nusantara, Shin Tae-yong.

Sebelumnya, duel seru tersaji di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam U-19 vs Timnas Indonesia U-19, pada Sabtu (02/07/22) malam WIB.

Indonesia beberapa kali punya peluang membobol gawang Vietnam. Termasuk lewat sepakan spekulatif Marcelino Ferdinan di menit ke-56 yang masih diselamatkan oleh kiper The Golden Star.

Sayangnya, serangan-serangan skuad Indonesia belum berbuah gol. Sementara Vietnam racikan Dinh The Nam lebih banyak mengulur waktu ketimbang melancarkan serangan.

Baca selengkapnya: Beda Respons Iwan Bule dan Shin Tae-yong Soal Antusiasme Suporter Timnas Indonesia

SuporterTimnas IndonesiaPiala AFFUltrasBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Piala AFF U-22 2019Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini