x

Head to Head Timnas Indonesia U-19 Lawan Thailand di Piala AFF U-19: Tragis Tapi Harus Optimis

Rabu, 6 Juli 2022 14:20 WIB
Editor: Juni Adi
Razzaa Fachrezi, pemain Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 secara head to head melawan Thailand tak begitu bagus, karena mereka kebanyakan selalu tunduk di Piala AFF U-19.

Duel seru tersaji di laga lanjutan babak penyisihan grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (06/07/22) malam WIB.

Kemenangan akan menjadi target kedua tim pada laga kali ini, terutama Timnas Indonesia U-19. Sebab tambahan tiga poin akan membuat asa mereka lolos ke babak selanjutnya terbuka lebar.

Baca Juga

Saat ini Timnas Indonesia U-19 berada di peringkat ke-2 dengan koleksi 4 poin hasil dari satu kali imbang dan satu kali menang.

Hasil imbang didapat oleh Timnas Indonesia U-19 saat berhadapan dengan Vietnam di laga perdana. Pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Sementara kemenangan di dapat Timnas Indonesia U-19 atas Brunei Darussalam dengan skor akhir 7-0.

Baca Juga

Posisi Skuad Garuda Muda masih belum aman, mengingat mereka bisa saja digeser oleh Vietnam yang sama mempunyai koleksi 4 poin.

Hanya saja Vietnam kalah selisih gol atas Timnas Indonesia U-19 sehingga berada di peringkat ketiga.

Sebagai pemegang gelar juara Piala AFF U-19 terbanyak, Thailand jelas jadi lawan yang tak bisa dianggap enteng oleh Timnas Indonesia.

Baca Juga

Apalagi sepanjang babak penyisihan grup kali ini, Thailand belum pernah kalah dan mampu menyapu dua pertandingan dengan kemenangan.

Hasil dua kemenangan beruntun, membuat Thailand kini kokoh di puncak klasemen sementar Grup A Piala AFF U-19 dengan 6 angka.

Berkaca dari kondisi tersebut, jelas laga kontra Thailand hari Rabu nanti wajib dimenangkan Timnas Indonesia untuk memperbesar asa lolos ke semifinal dan jadi juara di akhir turnamen.

Melihat tren positif yang diraih Timnas Indonesia usai pesta gol ke gawang Brunei, peluang untuk kembali menang saat bertemu Thailand terbilang cukup besar.

Apalagi Timnas Indonesia pernah mengalahkan Thailand dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 tahun 2018 lalu.

Sehingga rasa optimis wajib dimiliki skuat Garuda Nusantara untuk kembali raih hasil serupa


1. Head to Head Timnas Indonesia U-19 vs Thailand

Razzaa Fachrezi, pemain Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 sendiri punya statistik yang kurang bagus saat berhadapan dengan Thailand di Piala AFF U-19. 

Dari tujuh pertemuan terakhir keduanya, Timnas Indonesia U-19 hanya menang satu kali melawan Thailand.

Baca Juga

Satu-satunya kemenangan Indonesia atas Thailand didapat pada Piala AFF u-19 2013. Tim Merah-Putih menjadi juara saat itu.

Sementara kekalahan terbesar Indonesia dari Thailand terjadi pada Piala AFF 2014. Indonesia kalah 2-6 dari Thailand. Saat itu, Indonesia dilatih oleh Rully Nere.

Secara keseluruhan, Indonesia sudah membukukan sebanyak 10 gol dalam tujuh pertandingan. Sebaliknya, Indonesia dibobol Thailand sebanyak 17 kali.

Baca Juga

Thailand semakin menunjukan keperkasaannya di edisi kali ini, dimana mereka sudah meraih kemenangan di dua laga awal melawan Filipina (1-0) dan Myanmar (3-0).

"Thailand memang tim paling kuat di ASEAN. Mereka adalah tim yang kukuh. Lawan Thailand, kami main baik. Lawan Thailand, kami akan mempersiapkan tim dengan baik," kata Shin Tae-yong.

Di pihak lain, Thailand yang mempunyai catatan bagus saat berhadapan dengan Timnas Indonesia U-19, tidak mau jemawa.

Baca Juga

"Pertandingan melawan Indonesia merupakan laga yang cukup sulit. Akan tetapi, kami telah mengumpulkan banyak informasi," ucap pelatih Thailand, Salvador Valero Garcia.

Berikut Head to Head Timnas Indonesia U-19 vs Thailand:

1. Piala AFF U-19 2002: Indonesia vs Thailand 1-3 

2. Piala AFF U-19 2005: Indonesia vs Thailand 1-2 

3. Piala AFF U-19 2013: Indonesia vs Thailand 3-1 

4. Piala AFF U-19 2014: Indonesia vs Thailand 2-6 

5. Piala AFF U-19 2016: Indonesia vs Thailand 2-3 

6. Piala AFF U-19 2017: Indonesia vs Thailand 0-0 

7. Piala AFF U-19 2018: Indonesia vs Thailand 1-2


2. Persiapan Timnas Thailand

Razzaa Fachrezi, pemain Timnas Indonesia U-19.

Lebih lanjut, Timnas Thailand mengaku sudah melakukan berbagai persiapan untuk misi mengalahkan Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala AFF U-19 2022.

"Untuk analisis permainan, kami sudah memantau permainan Indonesia di Piala Toulon (Prancis). Tetapi mereka memiliki perubahan pelatih kepala dan system permainan," ucap Salvador Garcia.

Baca Juga

"Jadi saya harus membuat prediksi dan menyelesaikan pekerjaan rumah saya. Dan segala perubahan, harus kami analisis dari pertandingan Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam, serta pertandingan mereka menghadapi Vietnam," sambung Salvador Garcia.

Meski demikian, dalam sebuah wawancara yang dilansir dari Thairath, Salvador Garcia, menganggap bahwa semua kontestan Grup A Piala AFF U-19, layak diwaspadai.

"Tentu saja, setiap negara di line-up kami, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Brunei, dan Filipina adalah tim yang kuat," ujarnya.

Baca Juga

Jadi meskipun Timnas Indonesia terancam tak bisa menurunkan Muhammad Ferrari nanti, namun skuat Salvador Garcia tentu tetap mewaspai kekuatan Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan.

Apalagi Timnas Indonesia sendiri bermain di kandang sendiri, yang tentu menjadi suntikan semangat baru bagi pasukan Shin Tae-yong.

"Sejak saya memegang Timnas Indonesia, sudah bertemu tiga kali dengan Thailand. Dua kali seri, satu kali kalah. Tapi menurut saya, tim cukup ada progesnya," ujar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

ThailandBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2022

Berita Terkini