x

Tak Hanya Fisik, Shin Tae-yong Ajarkan Pemain Timnas Indonesia U-19 Main Bola Pakai Otak

Rabu, 6 Juli 2022 14:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong terus mengasah kemampuan pemain selama Piala AFF U-19 2022.

Eks juru taktik Timnas Korea Selatan itu terus mengingatkan Ronaldo Kwateh dkk, untuk bermain cerdik atau banyak menggunakan kecerdasan otak. 

Shin Tae-yong mencontohkan laga lawan Vietnam di pembuka Grup A Piala AFF U-19 2022 yang berakhir imbang tanpa gol. Hal itu disebabkan pemain kurang berkomunikasi dan tidak cepat ambil keputusan. 

Baca Juga

Pelatih 52 tahun itu menegaskan, sepak bola modern tak hanya andalkan fisik, tapi kemampuan berpikir yang cepat dari pemain. 

"Fokus saat latihan, bicara dan nikmati saja. Pas laga kemarin (lawan Vietnam) kalian juga pasti merasakan, kenapa finishingnya gak bisa," kata Shin Tae-yong dikutip dari YouTube PSSI. 

Baca Juga

"Main bola ada timmingnya, kapan passing, ada waktu kapan dribel. Pemain harus berpikir cepat, itu insting kalian yang bekerja," imbuhnya. 

Baca Juga

Pesan Shin Tae-yong pun sedikit mengubah gaya bermain Timnas U-19 di laga kedua kontra Brunei. Buktinya, skuad Garuda Nusantara bisa memang 7-0 dan kerja sama pemain terlihat lebih baik dibanding lawan Vietnam. 


1. Thailand Tim Kuat

Pertandingan kedua grup B Piala AFF U-19 antara Thailand vs Myanmar di Stadion Patriot, Senin (04/07/22).

Kini, konsistensi pemain Timnas U-19 kembali diuji saat lawan Thailand nanti malam di laga ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot, Bekasi.

Laga ini diprediksi sengit karena baik Timnas Indonesia U-19 maupun Thailand berada di peringkat pertama dan kedua klasemen sementara.

Baca Juga

Untuk lawan Thailand, Shin Tae-yong mengatakan akan persiapkan pemain secara detail. Dia telah menonton pertandingan Thailand ketika menang atas Filipina. 

Baca Juga

"Thailand dan Vietnam tim kuat di grup ini. Lawan Vietnam, kami bermain baik, dan nanti lawan Thailand kami akan mempersiapkan tim dengan baik," tutur Shin Tae-yong. 

Baca Juga

"Lawan Thailand, tim kuat di ASEAN memang mereka. Jadi tadi saya nonton mereka, dan mereka adalah tim paling kokoh di AFF U-19 kali ini," sambungnya. 


2. Peluang Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Fase Selanjutnya Piala AFF U-19

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 kini berada di peringkat dua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022. Skuad Garuda Nusantara kumpulkan empat poin atau tertinggal dua angka dari Thailand di urutan pertama. 

Poin Timnas Indonesia U-19 juga sama dengan milim Vietnam. Artinya, laga hari ini menentukan peluang Indonesia untuk lolos ke fase selanjutnya. 
 

Timnas u-19Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini