x

3 Fakta Nattakit Butsing, Mesin Gol Thailand Momok Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022

Rabu, 6 Juli 2022 09:58 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mengenal Nattakit Butsing, pemain Thailand yang bisa jadi momok Timnas Indonesia U-19 di matchday 2 Piala AFF U-19 2022. Foto: instagram/tawanntk_.

INDOSPORT.COM - Mengenal Nattakit Butsing, pemain Thailand yang bisa jadi momok Timnas Indonesia U-19 di matchday 2 Piala AFF U-19 2022.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi lawan sulit di laga Grup A Piala AFF U-19 2022, Rabu (06/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Jelang matchday ketiga ini, skuat Garuda Nusantara berbekal hasil apik dengan kemenangan mereka di partai melawan Brunei Darussalam tempo hari.

Tidak tanggung-tanggung, tujuh gol dilesatkan tanpa ampun oleh Ronaldo Kwateh dkk, tanpa satu kali pun memberi kesempatan lawan untuk membalas.

Kemenangan ini pada akhirnya membuat Timnas Indonesia U-19 meraih poin penuh pertamanya di Grup A Piala AFF U-19 2022, menyusul hasil imbang melawan Vietnam beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Meski pesta gol melawan Brunei, Indonesia tentu tidak dapat berleha-leha lantaran calon lawan yang harus dihadapi kini adalah Thailand.

Thailand menguasai Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan dua kemenangan sempurna melawan Filipina dan Myanmar.

Meski begitu, Shin Tae-yong mengaku optimistis pemain-pemainnya bisa menghadapi Thailand U-19 dengan baik.

Baca Juga

"Tim paling kuat di grup kita adalah Thailand dan Vietnam, lawan Vietnam kita main baik dan nanti lawan Thailand kita akan mempersiapkan tim dengan baik," ucap Shin Tae-yong.

Tentu saja, Timnas Indonesia U-19 wajib waspada dengan skuat Thailand yang berkekuatan jempolan, termasuk kehadiran sosok Nattakit Butsing.


1. Mengenal Nattakit Butsing

Pemain Timnas Thailand U-19, Nattakit Butsing. Foto: instagram/tawanntk_.

Penyerang Andalan

Kontribusi Nattakit Butsing untuk Timnas Thailand di Piala AFF U-19 2022 kali ini terbilang cukup masif dengan menyumbang dua gol di laga kontra Myanmar.

Hingga tulisan ini dibuat, ia adalah top skor sementara Thailand di Piala AFF U-19 2022, mencatatkan jumlah gol yang sama dengan pemain Vietnam, Nguyen Quoc Viet.

Baca Juga

Perolehan tersebut, hanya kalah dari bintang Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, yang langsung melesat di daftar top skor dengan empat golnya melawan Brunei Darussalam tempo hari.

Menjadi penyerang paling produktif untuk Thailand sejauh ini di Piala AFF U-19 2022, Nattakit Butsing tentu momok yang wajib diwaspadai Indonesia terutama para pemain di lini belakang.

Meski hanya dua gol dan masih kalah dari Hokky Caraka, bukan tidak mungkin pemain klub Thailand, Uthai Thani, tersebut bakal menciptakan kejutan hebat nanti malam.

Baca Juga

Aset Timnas Thailand

Nattakit Butsing merupakan salah satu pemain yang sudah melewati berbagai level usia di Timnas Thailand.

Piala AFF U-19 2022 adalah panggung debutnya sebagai starter level U-19, di bawah asuhan pelatih asal Spanyol, Salvador Valero Garcia.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Nattakit Butsing debut starter di usia 19 tahun 2 bulan 1 hari saat melawan Myanmar 4 Juli lalu.

Baca Juga

Langsung tampil menjanjikan di dua laga perdana, pemain kelahiran Ban Rai tersebut tentu aset yang sangat berharga bagi Timnas Thailand.

Selain berposisi sebagai penyerang, Nattakit Butsing juga bisa beroperasi sebagai winger kiri maupun kanan. Ia bahkan ditempatkan di sisi kanan lapangan tengah saat melawan Filipina pada matchday pertama.


2. Punya Pengalaman Eropa

Pemain Timnas Thailand U-19, Nattakit Butsing. Foto: instagram/tawanntk_.

Usia muda tentu momen yang tepat bagi Nattakit Butsing untuk mengeksplorasi dirinya sebagai calon penyerang masa depan Timnas Thailand. Salah satunya dengan menimba ilmu di beragam tempat, termasuk klub-klub Eropa.

Berdasarkan CV-nya, Nattakit Butsing tercatat pernah bermain bersama salah satu raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen.

Baca Juga

Lebih tepatnya, bersama FC Bayern World Squad pada 2021 lalu yang bermain di Meksiko dalam sebuah laga persahabatan. Bersama tim ini, ia berhasil mencatatkan tiga gol dalam tiga laga.

Namun tidak hanya klub asal Jerman yang pernah mengisi hari-hari Nattakit Butsing, karena pemain kelahiran 2 Mei 2003 ini juga familier dengan tanah Negeri Matador, Spanyol.

Baca Juga

Adalah Getafe, klub Spanyol yang pernah mencicipi talentanya, setelah memberi kesempatan sang pemain untuk trial bersama mereka.

Jebolan BG Pathum United tersebut sempat singgah sebentar di Getafe usai menandatangani kontrak bersama Uthai Thani pada 2021.

Setelahnya, Nattakit Butsing kembali merasakan atmosfer sepak bola Spanyol saat dikirim sebagai pinjaman ke Union Adarve.

Baca Juga

Union Adarve sendiri merupakan klub yang berpartisipasi di Segunda Division RFEF alias kompetisi kasta keempat Liga Spanyol.

Di sana, Nattakit Butsing turut bermain dengan rekan sekompatriotnya dari Thailand, Channarong Promsrikaew, yang dipinjamkan dari Chonburi FC.

Timnas u-19Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaOne FootballPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini