x

Dipuji Media Vetnam, Shin Tae-yong Yakin Bawa Timnas U-19 ke Semifinal Piala AFF

Kamis, 7 Juli 2022 14:55 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Shin Tae-yong menegaskan timnas Indonesia U-19 harus lolos ke semifinal usai menahan imbang Thailand dalam lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Hasil imbang membuat peluang timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 menipis. Perolehan poin mereka tertinggal dari Vietnam, Thailand, dan Myanmar.

Baca Juga

Kesulitan serupa toh juga dihadapi Thailand, setelah gagal meraih poin sempurna atas Indonesia. Pasukan Salvador Garcia harus rela turun takhta ke posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022.

Thailand yang sebelumnya bertengger di pucuk klasemen mau tak mau harus dilengserkan Vietnam yang sama-sama mengoleksi tujuh poin setelah membantai Brunei Darussalam dengan skor 4-0.

Baca Juga

Meskipun hanya meraih hasil imbang tanpa gol, media Vietnam, Zing News, memuji penampilan apik yang ditunjukkan  timnas Indonesia U-19 maupun Thailand.

“Kecepatan pertandingan antara Thailand dan Indonesia langsung melejit setelah peluit panjang dibunyikan. Thailand terpaksa bertahan setelah nyaris kebobolan karena kesalahan kiper,” tulis Zing News.

“Ronaldo Kwateh dari timnas Indonesia U-19 memiliki peluang bagus, namun gocekannya tidak cukup mendatangkan gol pembuka,” sambungnya.

Baca Juga

Meskipun meraih hasil imbang, pelatih Indonesia U-19 menegaskan bahwa skuad asuhannya harus setidaknya mencapai semifinal AFF U-19.


1. Shin Tae-yong Tegaskan Indonesia Harus Lolos ke Semifinal

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Saat ini, timnas Indonesia U-19 berada di peringkat 4 di Grup A dengan raihan lima poin setelah meraih hasil imbang melawan Thailand dan Vietnam serta membantai Brunei Darussalam.

“Kami harus melewati babak penyisihan grup agar sampai ke semifinal. Indonesia U-19 memiliki masalah dalam finishing. Masalah ini hanya dapat diselesaikan dengan adanya sistem yang baik dalam melatih pemain muda," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

Walaupun berada di peringkat keempat, kans timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke fase semifinal masih terbuka asalkan Ronaldo Kwateh cs mampu memenangi dua laga terakhir melawan Myanmar dan Filipina.

Kesempatan tersebut berada di tangan tim tuan rumah mengingat timnas U-19 tampil di hadapan para penggemar mereka yang bakal menaikkan semangat tim dalam mengalahkan lawannya.

Namun, hal tersebut disinyalir tak akan cukup lantaran untuk memenangi kedua laga tersebut Indonesia U-19 harus mampu memanfaatkan peluang yang mereka miliki.

Baca Juga

Selain kemampuan penyelesaian anak asuhnya, pelatih asal Korea Selatan tersebut turut mencemaskan situasi cedera gelandang Marselino Ferdinan.

Pada laga tersebut, Marselino hanya bermain di babak pertama sebelum meninggalkan lapangan karena mengalami masalah pada otot paha.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan ini tak yakin bahwa Marselino Ferdinan bisa bermain di dua pertandingan sisa Grup A. Dia mengakui bahwa cedera anak asuhnya cukup serius.

Baca Juga

“Memang Indonesia U-19 tidak bisa menyerang terus menerus sepanjang pertandingan. Marselino meninggalkan lapangan di pengujung babak pertama," cetusnya.

"Kemampuan tim dalam mengorganisir serangan tak lagi terjaga dengan baik. Penurunan kebugaran di babak kedua juga menjadi masalah yang harus kami atasi," pungkas Shin Tae-yong


2. Netizen Ributkan Cederanya Marselino Ferdinan

Aksi Marselino Ferdinan di laga Timnas Indonesia U-19 vs Brunei pada lanjutan Piala AFF U-19 2022, Senin (04/07/22).

Buntut cedera saat bentrok dengan Thailand, Marselino Ferdinan terancam melewatkan sisa laga Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Netizen pun ikut berkomentar dan menuding penggawa Persebaya Surabaya tersebut sengaja dicederai oleh lawan. Marselino memang harus jadi tumbal hasil imbang yang didapat Timnas Indonesia U-19 kontra Thailand, Rabu (6/7/22).

Marselino harus ditandu keluar lapangan di akhir babak pertama lantaran mengalami cedera. Ia tampak memegangi pahanya.

Ia yang tak bisa melanjutkan pertandingan kemudian ditarik keluar oleh pelatih Shin Tae-yong sebelum interval babak pertama. Posisinya digantikan Muhammad Ferrari yang juga baru sembuh cedera.

Baca selengkapnya: Marselino Terancam Absen di Sisa Piala AFF U-19 2022, Netizen: Sengaja Diincar

Indonesia U-19Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini