x

Lionel Messi dan Masa-Masa Brilian di Newell's Old Boys, Masih Bocah Sudah Bikin Geger

Kamis, 7 Juli 2022 17:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Newell's Old Boys memegang peran penting di balik suksesnya Lionel Messi saat ini. Foto: CHRIS BRUNSKILL/GETTY IMAGES.

INDOSPORT.COM - Newell's Old Boys memegang peran penting di balik suksesnya Lionel Messi saat ini.

Ya, sebelum dikenal sebagai legenda hebat dan tidak tergantikan di Barcelona, pemain berjuluk La Pulga itu pernah menimba ilmu di tanah kelahirannya, Argentina.

Baca Juga

Adalah Newell's Old Boys, sebuah klub sepak bola yang berbasis di Rosario, Santa Fe, tempat Lionel Messi dilahirkan.

Terletak sekitar 300 kilometer dari Buenos Aires, Rosario adalah kota terbesar di Santa Fe, dihiasi oleh pemandangan Sungai Parana yang berkelok-kelok.

Rivalitas Newell’s Old Boys dan Rosario Central membelah masyarakat Rosario menjadi dua kubu. Dua klub ini bahkan mendapat julukan tersendiri yakni Lepers dan Scoundrels.

Baca Juga

Akan tetapi, persaingan antarsuporter dan rivalitas dua klub ini tidak memengaruhi kekompakan masyarakat Rosario.

Sepak bola sudah jadi napas mereka dan kehidupan anak-anak dan orang-orang muda di sana, yang pada akhirnya menelurkan bakat hebat seperti Lionel Messi.

Lionel Messi tercatat sebagai pemain Newell's Old Boys sejak tahun 1994. Saat itu, tentu saja usianya masih sangat muda.

Baca Juga

Akan tetapi, pemain kelahiran 1987 tersebut sudah bikin geger sejak anak-anak berkat kemampuan sepak bolanya yang di atas rata-rata.

Berdasarkan temuan jurnalis Asociacion Rosarino de Futbol, Miguel Martinez, Lionel Messi telah mencatatkan 234 gol dari 176 penampilannya untuk Newell’s Old Boys.


1. Catatan Gemilang Lionel Messi Saat Masih Bocah

Lionel Messi yang saat ini sudah berseragam Paris Saint-Germain (PSG). Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Catatan gol tersebut pun membentang sejak tahun 1994 sampai dengan 1999, alias sesaat sebelum Lionel Messi hengkang ke Barcelona pada 2000.

Singkat kata, seperti pernah diwartakan Football Espana, sebanyak 234 gol berhasil dilesatkan si kecil Lionel Messi saat rentang usia 7 sampai 12 tahun!

Baca Juga

Pada tahun 1994 alias musim pertamanya di Newell’s Old Boys, ia berhasil menyarangkan 40 gol dari 29 pertandingan.

Jumlah tersebut pun terbilang cukup konsisten pada tahun-tahun setelahnya. Hanya saja yang paling mentereng adalah 1999 ketika usianya 12 tahun.

Sebelum pindah ke Barcelona, La Pulga bahkan mencatatkan 55 gol dari 29 pertandingan, membuat publik terpana pada saat itu.

Baca Juga

Sayangnya Newell’s Old Boys pada akhirnya harus melepas salah satu aset paling berharganya itu demi meraih mimpi yang lebih besar lagi.

Dan Barcelona adalah jawaban yang tepat. Sejarah terang-terangan mencatat La Pulga sebagai salah satu legenda Blaugrana yang sampai kapan pun tidak akan bisa tergantikan.

Namun ketika banyak yang menyangka ia akan gantung sepatu di sana, huru-hara justru terjadi hingga membuatnya angkat kaki dari Camp Nou.

Baca Juga

Kini, Lionel Messi adalah bagian skuat penuh bintang di Paris Saint-Germain (PSG). Sinarnya pun tidak pudar meski sempat terseok-seok ketika awal pindah ke Prancis.

Meski begitu, ia tetap Lionel Messi yang hebat, jebolan Newell’s Old Boys yang paling berharga serta kebanggaan Rosario dan Argentina.

 

2. Newell’s Old Boys Klub Penting bagi Lionel Messi

Lionel Messi yang saat ini sudah berseragam Paris Saint-Germain (PSG). Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Memiliki alumni luar biasa seperti Lionel Messi tentu membuat Newell’s Old Boys bangga bukan main. Mereka bahkan sempat mengunggah cuplikan video sang pemain ketika masih dalam naungannya dulu.

Akun Twitter mereka, @Newells_en pernah mengunggah cuplikan wawancara pertama Lionel Messi ketika masih anak-anak.

Baca Juga

Sontak saja, unggahan tersebut pun menarik perhatian publik karena banyak orang yang pasti merasa penasaran dengan ‘penampakan’ sang megabintang ketika masih bocah.

Berdasarkan rekaman yang diunggah, terlihat seorang reporter bertanya kepada Lionel Messi apakah dia siap berbicara di depan kamera setelah terpilih sebagai Man of the Match setelah pertandingan.

Lionel Messi yang pemalu awalnya tampak tidak bersedia untuk diwawancara, tapi pada akhirnya ia berkenan dan memberanikan diri untuk tampil di depan kamera.

Baca Juga

Selain nama, La Pulga pun ditanya apakah ia sadar telah terpilih sebagai Man of the Match. Dengan polosnya ia pun menjawab tidak.

Pada waktu itu, ia juga diminta meyebutkan kepada siapa saja gol yang ia ciptakan di laga tersebut akan didedikasikan.

Tentu saja, keluarga dan orang-orang terdekat adalah prioritas.

Baca Juga

“Saya akan mendedikasikannya untuk ayah saya, untuk paman saya, untuk semua keluarga saya dan untuk semua orang yang mengenal saya,” ujarnya.

Meski tidak membesarkan Lionel Messi hingga jadi megabintang sepak bola seperti sekarang, Newell’s Old Boys tetaplah klub penting yang berperan besar dalam melahirkan pentolan Timnas Argentina tersebut.

BarcelonaLionel MessiNewell's Old BoysBola InternasionalOne Football

Berita Terkini