x

Persib Protes Jadwal Liga 1 Terlalu Larut Malam, Ketum PSSI Bereaksi

Kamis, 7 Juli 2022 21:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, angkat bicara soal jadwal Liga 1 2022-2023. Beberapa klub mengeluh pertandingan digelar terlalu malam. 

Iwan Bule, sapaan akrabnya, menampung aspirasi klub dan sedang berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. 

Baca Juga

Sebagai informasi, dalam draft jadwal pertandingan Liga 1 2022-2023, tepatnya 20 pekan, beberapa klub waktu kick-offnya mulai pukul 20.00 hingga 20.45 WIB.

Persib Bandung bahkan secara terbuka melancarkan protes karena banyak bermain malam hari (17 laga). Ada pula Persija Jakarta dengan total 15 kali dan Persebaya Surabaya (11).

Hal tersebut telah diketahui PSSI dan ketua umum akan meminta PT LIB memberikan penjelasan. Apabila masih belum ada kecocokan, kemungkinan ada revisi jadwal, setelah klub diberi waktu sepekan. 

Baca Juga

"Jadi beberapa klub mengeluhkan itu. Kita tunggu, yang jelas saya sudah minta kepada PT LIB untuk betul-betul mapping sesuai apa yang ada untuk setiap tim," kata Mochamad Iriawan, Kamis (7/7/22). 

"Memang pada dasarnya kalau bermain malam terus keberatan, nanti PT LIB akan menjelaskan ke publik soal keluhan tersebut," imbuhnya. 

Baca Juga

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengatakan bahwa jadwal kick-off pertandingan Liga 1 sangat tidak logis dan tidak adil. Pasalnya, musim lalu timnya juga lebih sering bermain malam hari.

"Ada isu lain perlu dibahas. Jika melihat kami di liga dalam sistem bubble, kami itu paling sering bermain malam di Bali," cetus Robert Rene Alberts. 


1. Rusak Kesehatan

Tim pelatih Persib, berdiskusi setelah skuat Maung Bandung gagal melangkah ke babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

Ada kerugian yang dialami tim saat harus bermain larut malam. Waktu istirahat pemain dan juga recovery pemain dipastikan terganggu dan berpengaruh ke kesehatan hingga performa di lapangan. 

Baca Juga

Selain klub, sejatinya jadwal pertandingan malam hari juga dikeluhkan oleh para pemain via Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Mereka menyebut laga malam mengganggu kesehatan pemain.

Baca Juga

Sekarang tinggal menunggu respons dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku opertor kompetisi, apakah akan merombak jadwal musim depan?


2. Persib Layangkan Protes ke PT LIB

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono.

Manajemen Persib Bandung resmi bersurat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait jadwal kick-off pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, manajemen keberatan lantaran dalam draft jadwal pertandingan Liga 1 menempatkan 17 laga dengan waktu kick-off di atas pukul 20.00 WIB.

"Kami sudah mengirimkan surat keberatan tadi pagi kepada pihak PT LIB terkait jadwal Persib di Liga 1 2022-2023," kata Teddy Tjahjono, Rabu (6/7/22).

Baca Juga

Teddy menuturkan, dari seluruh peserta kompetisi Liga 1 2022-2023, Persib Bandung menjadi yang paling sering bertanding pada malam hari.

Dari sisi kesehatan, bermain terlalu malam cukup berisiko. Sehingga, manajemen Persib melayang surat keberatan terkait draft jadwal Liga 1 2022-2023 kepada PT LIB selaku operator kompetisi. 

Baca Selengkapnya

Persib BandungPSSILiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaMochamad IriawanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini